penulis-indonesia

4 Penulis Indonesia yang Memulai Karier Sebagai Blogger

Sebagai seorang blogger, tentu menulis adalah salah satu hobi yang kamu tekuni. Jadi, wajar-wajar saja jika kamu pun memiliki cita-cita suatu hari nanti kamu bisa menerbitkan sebuah buku sendiri. Siapa, sih, yang nggak pingin melihat buku karya mereka terpampang di rak best seller berbagai toko buku di tanah air? Bahkan, kalau memang kamu bisa meramu sebuah cerita yang padu dan disukai pembaca, bukan hal mustahil tulisanmu akan dihidupkan di layar lebar!

Kalau kamu adalah tipe blogger yang punya cita-cita seperti itu, jangan khawatir, bisa jadi kamu berada di jalur yang tepat. Sudah ada beberapa penulis Indonesia yang mengawali karier kepenulisannya sebagai blogger. Dengan tetap konsisten menghadirkan tulisan yang menarik, lama-lama mereka pun berhasil menemukan jalan untuk menerbitkan tulisan mereka dalam bentuk buku. Siapa saja, ya, kira-kira blogger yang sukses menjadi penulis di Indonesia? Simak kisahnya di bawah!

1.Raditya Dika

Bisa dibilang, Raditya Dika adalah pembuka pintu bagi para blogger untuk bisa menerbitkan buku mereka sendiri. Bahkan, ada sangat banyak anak muda yang terinspirasi untuk ngeblog karena ingin mengikuti jejak sukses Radit. Dalam fase awal blognya, ia banyak bercerita tentang pengalaman sehari-harinya sebagai seorang pelajar Indonesia yang kuliah di Adelaide, Australia. Dia menuturkannya dengan gaya komedi yang sangat lucu, genre yang saat itu belum banyak ditemui di ranah kepenulisan Indonesia. Komedi yang kocak dan segar inilah yang membuat blognya dibanjiri pembaca dari berbagi kalangan, terutama sesama pelajar.

Blognya terus menjaring banyak pembaca hingga akhirnya blog tenar tersebut resmi dibukukan di tahun 2005. Semenjak itu, sepak terjang Radit semakin tak terbendung. Hingga kini ia sukses melahirkan 8 buku yang bikin namanya sudah nggak asing lagi di rak buku best seller. Selain itu, dia juga aktif terlibat di pembuatan belasan judul film dan salah satu pionir standup comedy di Indonesia. Dengan segala pencapaiannya, nggak heran Radit identik sebagai simbol anak muda kreatif yang produktif.

2. Endang Indriani

Endang Indriani awalnya penasaran ingin bisa membuat adonan kue yang lezat sesuai dengan keinginannya. Ia sempat mencoba ikut ke sebuah kelas memasak, namun ternyata hasilnya masih belum membuat ia puas. Bukannya menyerah, ia terus bereksperimen dengan berbagai resep yang ia kreasikan sendiri. Pengalaman mencoba berbagai resep itulah yang akhirnya ia bagi lewat blognya.

Pelan-pelan, orang pun mulai tertarik untuk ikut mencoba resep masakan Endang hingga akhirnya orang pun mulai mengenal namanya sebagai salah satu peramu resep terbaik di Indonesia. Tak hanya puas berbagi lewat blog, Endang kini telah merilis 5 buku resep makanan yang berisi puluhan tips memasak yang bisa kamu coba di rumah. Sedap!

Baca juga: 5 Youtuber Internasional dengan Konten Super Inspiratif

3. Rahmi Aziza

penulis-indonesia-2

Awalnya Rahmi Aziza adalah seorang pekerja freelance, untuk bisa mendapat penghasilan tambahan ia sering mengirimkan komik buatannya ke berbagai surat kabar. Selain itu, karena memang hobi menggambar, Rahmi pun iseng mengunggah beberapa komik buatannya ke sebuah blog. Siapa sangka, ternyata keisengan itu membuahkan hasil yang positif. Ada penerbit yang melirik dan menawarkan agar komiknya bisa diterbitkan!

Komiknya sendiri banyak bercerita soal perempuan dan berbagai tips menghemat keuangan. Pilihan tema yang simple dan ringan inilah yang bikin pembaca merasa dekat dengan komik Rahmi dan akhirnya menyukainya. Banyak pembaca bahwa cerita yang ada di komik Rahmi juga sering terjadi di kehidupan mereka sehari-hari. Dari sanalah Rahmi mulai menghimpun pembaca setia. Makanya guys, jangan pernah ragu untuk berkarya biar bisa kayak Rahmi!

4. Trinity

penulis-indonesia-4

Trinity bisa dibilang pionir dari genre travel blogging di Indonesia. Ia mulai blogging sejak tahun 2005 dalam rangka mendokumentasikan pengalaman dia travelling ke berbagai tempat. Kini, Trinity sendiri telah mengunjungi 80 negara. Dalam tulisannya, Trinity juga kerap menyoroti sisi human interest yang membuat tulisannya jadi lebih hidup dan punya unsur emosional. Dia nggak banyak bercerita soal fasilitas penginapan atau harga makanan yang enak, tapi lebih banyak berbagi soal pengalaman dan berbagai kisah unik yang terjadi selama perjalanannya.

Lewat kegemarannya menulis, Trinity bukan hanya aktif menulis blog tapi juga sukses melahirkan 13 judul buku dalam 10 tahun terakhir. Tentunya bukan hal yang gampang untuk bisa tetap produktif menulis sambil terus travelling keliling dunia. Puncaknya, buku pertamanya yang berjudul “The Naked Traveler” telah sukses difilmkan dan diperankan oleh Maudy Ayunda pada tahun 2017 lalu.


Empat blogger di atas adalah contoh kecil dari beberapa orang yang memulai kariernya dari sebuah blog sederhana. Mereka secara ulet terus terus mengelola blognya demi bisa memberikan yang terbaik untuk pembacanya. Lama-lama, pembaca setia mereka pun menjadi sangat banyak, bahkan para penerbit besar dalam negeri pun ikut tertarik dengan tulisan mereka.

Jika kamu memiliki motivasi yang sama, ingin merilis bukumu sendiri, maka mulailah untuk lebih serius dalam mengelola blogmu. Jadikan blogmu sebagai laboratorium untuk menemukan bentuk tulisan yang paling disukai pembacamu. Dengan terus mengasah kepekaan dan kemampuan menulis, semakin hari kamu pun akan semakin terlatih melahirkan tulisan yang dicari oleh pembaca. Hingga akhirnya, penerbit pun menyadari kemampuanmu, dan bisa jadi kamu akan menerima sebuah ajakan untuk merilis buku yang kamu tulis sendiri. Berminat?

Jangan lupa untuk cek dan ikuti Lomba Blog Hujan Duit untuk mendapatkan kesempatan memenangkan duit asli!

Sumber:Buku Otobiografi, Dunia Games, Just Try & Taste, YouTube, Backpack Story.

Related Posts

Site Menu