Murah Hati

Bermurah Hatilah, maka Kamu akan Menjadi Blogger yang Sukses

I’m a writer at Content Collision

“Kalau kamu terlalu baik, kamu malah akan jadi terbelakang”. Pernah dengar pendapat seperti itu sebelumnya? Di lingkungan masyarakat yang penuh persaingan masa kini, wajar jika seseorang perlu waspada ketika ingin melakukan kebaikan pada orang lain. Sebab, kebaikannya bisa jadi malah dimanfaatkan.

Walau demikian, bukan berarti kamu jadi melarang diri untuk tetap berbuat baik pada sesama. Tebarkanlah kebaikan, namun tetap dengan cara yang cerdas. Pastikan kebaikan yang kamu perbuat setidaknya aman untuk dilakukan. Syukur-syukur kalau kebaikan itu bisa membawa keuntungan lebih bagimu. Soal ini, tidak sedikit, lho, orang-orang dermawan yang pada akhirnya bisa jadi sukses karena kebiasannya yang suka berbagi.

Begitu pula dengan blogger. Ternyata, menjadi blogger yang murah hati bisa membantu kamu meraih kesuksesan dengan lebih mudah. Mengapa? Sebab, dengan bermurah hati, selagi mengembangkan orang lain, kamu juga sekaligus mengembangkan diri. Di sisi lain, kamu pun akan berinteraksi dengan berbagai macam orang, sehingga bisa jaringan koneksi yang kamu miliki pun akan terus berkembang.

Jadi, bagaimana caranya agar kamu bisa menjadi blogger yang murah hati? Berikut beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk menebar kebaikan kepada blogger-blogger lain:

1. Promosikan Blogger Lain melalui Media Sosialmu

Murah Hati

Mau membagikan tulisan blogger lain melalui Facebook, melakukan posting tentang artikel mereka melalui Instagram, hinggaretweet quotes mereka lewat Twitter, semua bisa kamu lakukan. Promosikanlah karya-karya rekan-rekan bloggermu melalui akun-akun media sosialmu. Kalau perlu, tag/mention akun mereka juga, supaya mereka sadar bahwa kamu telah membantu memasarkan konten mereka.

Percayalah, hal ini bukan sekadar tindakan cuma-cuma. Dengan mempromosikan tulisan blogger-blogger lain melalui media sosialmu, kamu jadi bisa membangun relasi yang solid dengan mereka. Koneksi antarbloggermu pun akan tercipta dengan lebih singkat.

Nantinya, tanpa kamu sadari, tahu-tahu mereka juga akan balik membantu mempromosikan konten-kontenmu, lho! Lumayan, kan, untuk meningkatkan visibilitas blogmu?

2. Fitur Mereka Juga

Murah Hati

Membagikan konten blogger lain melalui media sosialmu belum cukup. Lakukanlah tindak murah hati lain yang lebih menyenangkan hati mereka, seperti memfitur blogger-blogger tersebut melalui blogmu.

Memfitur blogger lain dalam konten blogmu itu seakan memberikan kehormatan tertentu baginya. Di sisi lain, hal ini juga mengindikasikan bahwa kamu memberi kepercayaan lebih baginya, sehingga layak untuk ‘dikemas’ secara khusus dalam blogmu.

Tidak perlu diragukan lagi, kawan bloggermu itu pasti akan sangat senang jika kamu bersedia memfitur dirinya. Selain itu, dengan memfitur blogger-blogger lain melalui blogmu, kamu juga secara tidak langsung mengenalkan pembaca-pembacamu (yang kemungkinan blogger juga) pada narasumber-narasumber kompeten yang mungkin bisa bermanfaat bagi mereka? Kebaikanmu jadi berlipat ganda, deh!

3. Tawarkan Program Afiliasi

Murah Hati

Selain memberikan keuntungan finansial bagi dirimu sendiri, berafiliasi dengan blogger lain juga bisa membantu mereka dalam mengembangkan produk dan layanan untuk mereka tawarkan pada audiens mereka. Hal ini akan memberikan dampak yang cukup signifikan terutama bagi para blogger pemula yang masih belum memiliki penawaran apapun bagi pembacanya.

4. Berikan Bantuan pada Blogger yang sedang Kesulitan

Murah Hati

Pernah mendapatkan pertanyaan dari blogger pemula tentang bagaimana caranya membangun blog yang sukses? Atau melihat keluhan blogger lain yang sedang mengalami kesulitan blogging dalam kolom komentar? Ini merupakan kesempatan lain bagimu untuk menjadi blogger yang murah hati! Tak perlu ragu-ragu, bantu saja mereka sebisamu.

Berilah 2-3 paragraf nasehat dengan niat dan bahasa yang tulus. Bahkan, 1-2 kalimat juga mungkin sudah bisa membakar semangatnya untuk maju. Bantu dia berkembang sebagai rekan blogger sejawat. Dengan begitu, ketika mereka sukses, kamu pun bisa ikut bangga.

Lalu, apa lagi yang akan kamu dapatkan? Membimbing blogger lain untuk menjadi maju sebenarnya juga melatih dirimu untuk menjadi coach bagi blogger-blogger lain. Bayangkan, jika ada seorang blogger yang merasa terbantu dengan saran yang kamu berikan dan menceritakan pengalaman tersebut pada teman-temannya, kamu akan dikenal sebagai blogger yang bisa menginspirasi dan bisa diandalkan. Ini tentu akan meningkatkan pamormu sebagai blogger. Cukup menguntungkan, bukan?


Nah, kalau kamu sudah memiliki niat untuk menjadi blogger yang murah hati, kamu bisa coba langsung praktikkan empat tips di atas. Daripada pelit-pelit ilmu dan pusing berkutat dengan problem sendiri, lebih baik kamu membangun relasi yang baik dengan blogger-blogger lain. Sadar atau tidak, berinteraksi dengan blogger lain itu sebenarnya bisa membawamu pada berbagai pengembangan diri dengan dampak yang cukup signifikan. Belum lagi timbal balik yang akan mereka berikan padamu sebagai balas budi, ini juga berpotensi untuk meningkatkan kesempatanmu menjadi blogger yang sukses.

Selain itu, dengan menebar kebaikan dan bersosialisasi dengan blogger-blogger lain juga akan memberikanmu eksposur lebih. Setidaknya, kamu tidak akan menjadi blogger yang seperti katak dalam tempurung. Kalau kamu bisa jadi blogger yang disegani blogger-blogger lain, tentu peluangmu untuk menaiki tangga kesuksesan sebagai blogger juga akan semakin tinggi, bukan?

Sumber: lynnbrison, LiveAdmins, nesttag|Info, Lifewire, enallatikidrasi.

Related Posts

 
Site Menu