Melawan Konten Hoax

Student Blogging Competition: Yuk, Perangi Penyebaran Berita Bohong dengan Melawan Konten Hoax!

Hai, students! Suka sebel ngelihat berita-berita bohong bertebaran di mana-mana? Atau malah, kamu dibuat gundah karena termakan konten hoax? Nggak bisa dipungkiri, dengan segala kemajuan teknologi yang begitu pesat di era globalisasi ini, arus informasi bisa dengan mudah mengalir dari satu pihak ke pihak lain dengan begitu cepatnya. Bahkan, konten yang baru dipublikasikan saja bisa mendadak viral dalam hitungan jam. Apalagi melalui media sosial, tinggal klik share, maka tautan berita bisa menyebar ke barbagai penjuru dengan mudah dan cepat.

Sayangnya, nggak semua konten yang tersebar mengandung berita objektif sesuai fakta yang terjadi. Di luar sana, banyak pihak yang ingin memanipulasi pendapat masyarakat untuk memenuhi kepentingan pribadi/golongan dengan menggiring opini publik menggunakan konten yang berisi false information atau berita palsu. Kondisi ini akhirnya turut berkontribusi dalam membangun lingkungan internet yang nggak sehat dan memprihatinkan. Di lain sisi, kereaktifan masyarakat dalam menanggapi dan menyebar berita terkadang juga membahayakan. Baru baca sedikit, sudah berasumsi yang nggak-nggak sehingga ikut termakan propaganda dan akhirnya malah turut menyebarkan berita bohong alias hoax.

Makanya, kita harus pandai-pandai menilai kebenaran sebuah berita. Bukan cuma sekadar jeli dan lihai dalam memproses apa yang kamu baca. Bersikap kritis dengan menggali informasi dari berbagai sumber lain untuk mencari tahu kebenaran sebuah konten berita juga perlu kamu lakukan. Dengan memiliki wawasan dan pemahaman yang lebih baik akan suatu isu, stand point kamu untuk melawan berita palsu pun jadi lebih meningkat.

Didorong dengan kesadaran untuk membangun budaya internet sehat dan lingkungan internet yang bebas dari konten hoax, C2live ingin mengajak kamu muda-mudi sekalian dari lingkungan mahasiswa untuk berpartisipasi dalam Student Blogging Competition bertema “Bagaimana Saya akan Melawan Konten Hoax”.

Melalui kompetisi blog ini, mahasiswa yang berpartisipasi diharapkan bisa mengaspirasikan ide-ide dan solusi inovatif sebagai upaya untuk menghilangkan atau setidaknya mengurangi persebaran konten yang bersifat hoax. Jangan merasa kecil diri. Kalian dari mahasiswa justru merupakan salah satu konsumen konten yang paling savvy dan besar jumlahnya. Dengan posisi seperti itu, kalian sebenarnya punya kekuatan lebih untuk kembali membangkitkan kehadiran informasi-informasi penting, faktual, dan objektif di lingkungan internet.

Dalam kompetisi ini, peserta akan diminta untuk menulis sebuah artikel dalam bentuk posting-an blog yang mendeskripsikan bagaimana kalian menanggapi dan memerangi konten-koten hoax yang kerap beredar di dunia maya. Nah, karena tujuan kompetisinya untuk memerangi hoax, tulisan kalian juga jangan sampai mengandung unsur serupa, ya! Pastikan konten yang kalian ajukan nanti berbasis data, orisinil, dan kreatif, mulai dari penyampaian argumen hingga penawaran solusi terhadap isu yang ada.

Terus, kalau berpartisipasi, apa keuntungannya buat kamu? Tenang, selain menjadi pahlawan internet, kamu juga berpotensi mendapatkan berbagai benefit menarik. Mulai dari diliput media sosial, menjadi partner C2live, mendapat akses sindikasi konten dengan C2live, hingga kesempatan magang sebagai bekal dini karier kamu di hari depan nanti.

Untuk teknis lomba dan info lainnya, kamu bisa langsung cek di microsite ini. Adapun periode pengumpulan hasil karyamu adalah dalam rentang 2 Februari 2018 (pk. 12.00 PM) – 16 Maret 2018 (pk. 12.00 PM).


Gimana? Apakah semangatmu sebagai kaum muda penerus bangsa udah terbakar buat membersihkan lingkungan internet kita dari berita-berita palsu yang sering menciptakan social unrest? Nggak perlu bingung berlama-lama! Yang perlu kamu lakukan hanyalah menunjukkan kepedulianmu melalui sebuah tulisan sederhana yang bisa merubah lingkungan internet kita menjadi lebih positif!

Masih mau ikutan lomba lainnya? Silakan cek juga kompetisi blog Hujan Duit! Buat parodi dari fenomena Bu Dendy dan ceritakan parodimu lewat blog. Buruan ikutan!

Sumber: C2live.

Related Posts

Site Menu