meetup

Membangun Trafik untuk Blog Kamu Bisa Dilakukan dengan Cara-Cara Ini!

I’m a writer at Content Collision

Pada tanggal 3 November 2018 kemarin, C2live kembali mengadakan meetup sekaligus meramaikan pameran teknologi Indocomtech ke-26 di JCC – Senayan, lho! Dengan tema “Membangun Trafik untuk Blog Kamu”, C2live kembali mengundang rekan-rekan blogger untuk berdiskusi bersama agar bisa mengelola blog dengan lebih baik.

Materi kali ini dibawakan oleh Devin Verio Pranata, seorang SEO Specialist dari salah satu perusahaan retail besar yang beroperasi di Indonesia. Bersama Devin, kawan-kawan blogger yang hadir pada C2live Meetup kemarin berdiskusi tentang bagaimana caranya meningkatkan trafik blog mereka dengan melakukan optimasi search engine.

Jadi, insight seperti apa yang bisa didapatkan dari meetup kali ini?

Basic checklist yang perlu kamu miliki

meetup

Sebelum membahas lebih dalam mengenai implementasi SEO yang perlu kamu lakukan untuk membangun trafik blog, ada baiknya kamu memastikan dulu beberapa hal berikut ini:

  • Pastikan situs blogmu terindeks pada SERP;
  • Lakukanlah keyword research untuk membuat konten yang relevan dengan kebutuhan pembaca;
  • Pastikan blogmu responsif dan mudah diakses menggunakan perangkat mobile.

Jika kamu sudah memahami checklist di atas, yuk kita telaah lagi satu per satu maksud dan tujuannya.

Optimasi situs blog pada search engine

meetup

Tidak bisa dipungkiri, Google sangat membantu untuk mendapatkan trafik bagi blogmu. Pasalnya, search engine sangat diandalkan oleh warganet untuk mencari informasi karena kepraktisan yang ditawarkan. Jadi, kalau kamu mau menjaring banyak trafik untuk blogmu, mendapatkan posisi terdepan pada SERP adalah hal yang perlu kamu upayakan.

Lalu, bagaimana cara membuat blogmu lebih berpotensi untuk menduduki peringkat teratas pada SERP? Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah memastikan semua halaman blogmu terindeks pada Google.

Untuk itu, bisa menggunakan Search Console, sebuah tool dari Google yang bisa kamu manfaatkan untuk men-submit sitemap dari blogmu. Adapun sitemap sendiri adalah istilah yang merujuk pada peta/direktori sebuah situs web.

Setelah kamu men-submit URL dari halaman-halaman blogmu, nantinya Google akan melakukan crawling (perayapan) terhadap URL tersebut untuk akhirnya diindeks pada halaman pencariannya.

Lama perayapan masing-masing URL tidaklah sama. Secara umum, satu URL bisa memakan waktu antara satu hari hingga enam bulan untuk di-crawl oleh Google. Lamanya perayapan suatu URL biasanya dipengaruhi oleh nilai DA dan relevansi konten yang terkandung di dalamnya. Semakin tinggi nilai DA dan relevansi suatu situs, maka akan semakin tinggi pula kemungkinan URL-mu untuk di-crawl lebih cepat oleh Google.

Langkah kedua yang bisa kamu lakukan adalah membiasakan diri untuk menulis dan mempublikasi artikel secara reguler. Dengan mem-posting artikel-artikel baru secara berkala, Google juga akan menilai blogmu sebagai situs yang kredibel dan terawat. Jika blogmu jarang di-update, maka skor peringkatmu pun lambat laun akan terus menurun.

Ketiga, kamu perlu menyesuaikan Meta Title dan Meta Description untuk setiap artikel yang akan kamu posting. Pastikan kamu menyelipkan kata kunci yang kamu gunakan dalam konten tulisan pada Meta Title dan Meta Description dari artikel tersebut. Hal ini akan membantu Google dalam menilai relevansi artikelmu dengan kata kunci yang dicari orang-orang.

Keempat, usahakan untuk selalu memulis artikel dengan informasi yang in-depth dan mendetail. Ini disebabkan karena Google sendiri lebih menyukai artikel yang pembahasannya menyeluruh, sehingga bisa membagikan lebih banyak insight bagi para pembacanya.

Karena itu, sangat disarankan untuk memfokuskan tulisan pada bobot kontennya, dan bukan jumlah tulisan yang di-posting setiap harinya. Paling tidak, cobalah untuk menuliskan konten dengan panjang 700-1200 kata untuk setiap artikel pada blogmu.

Namun, jika kamu menulis konten dengan jumlah kata yang panjang, jangan lupa memperhatikan struktur tulisan agar tidak membentuk wall of text. Sebisa mungkin, gunakan heading untuk memecah pembabakan tulisan dan selipkan gambar-gambar pendukung agar tulisanmu terkesan rapi dan tidak membosankan.

Dengan struktur tulisan yang rapi dan mudah dibaca, kamupun jadi bisa memiliki potensi yang lebih besar untuk difitur oleh Google dalam bentuk snippet pada SERP. Jika sudah begitu, blogmu pun jadi terlihat lebih atraktif di mata pembaca dan bisa mengundang lebih banyak trafik.

Baca juga: C2live Meet-up X PopBox: Tips Sukses Blogger Bekerja Sama dengan Brand

Lakukan keyword research

meetup

Keyword memiliki fungsi sebagai jembatan antara informasi yang dicari oleh pembaca dengan konten yang kamu sediakan. Karena itu keyword research sangat perlu kamu lakukan untuk mengetahui topik apa yang sedang diminati oleh para pembaca di internet secara umum.

Melakukan riset kata kunci sendiri bisa dilakukan dengan berbagai cara, namun sangat disarankan untuk menggunakan tools untuk melakukan hal ini. Sebab, melakukan keyword research menggunakan tools akan jauh lebih efisien dibanding dengan mencari tahu secara manual dengan banyak-banyak browsing menggunakan search engince.

Adapun beberapa tools yang dapat kamu gunakan untuk melakukan keyword research di antaranya adalah Ubersuggest, Moz, howtoseo, dan sebagainya. Keyword yang bisa ditemukan dapat berupa fat head ataupun long tail.

Kompetisi untuk mendapatkan rank terbaik untuk fat head keyword lebih ketat dibandingkan long tail keyword. Jadi, bagi kamu yang umur blognya masih muda, sangat disarankan agar mengincar rank tertinggi untuk long tail keyword terlebih dahulu.

Ikuti perkembangan teknologi yang ada

meetup

Kegiatan blogging tidak bisa dilepaskan dari perkembangan teknologi yang kian canggih seiring berjalannya waktu. Karena itu, jika kamu ingin menjaga performa blogmu, kamu perlu mengikuti update-update teknologi terbaru. Salah satu hal yang bisa kamu lakukan adalah mengikuti perkembangan SEO terkini, seperti mencari tahu perubahan algoritma yang dilakukan oleh Google atau mencari plugin-plugin yang lebih efisien untuk operasi blogmu.

Selain itu, kamu juga bisa mengoptimasi kinerja blogmu dengan mengatur agar blogmu menjadi mobile friendly. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan memanfaatkan AMP untuk blogmu.

Ini merupakan investasi yang berharga bagi blogmu. Sebab, pembaca di zaman modern kini memiliki tingkat kesibukan dan mobilitas yang sangat tinggi. Karena itu, mereka jadi lebih sering mengandalkan mobile device dibanding laptop ataupun komputer. Dengan membuat blogmu jadi mobile friendly, kamupun jadi berkesempatan untuk menjaring lebih banyak trafik dari para pembaca yang biasa menggunakan smartphone.


Membangun trafik blog memang membutuhkan upaya ekstra dibanding dengan sekadar menyediakan tulisan-tulisan baru pada blogmu. Namun, dengan trafik yang tinggi, blogmu akan lebih dipercaya kredibilitasnya oleh berbagai pihak. Hal itupun juga bisa kamu jadikan modal untuk melangkah ke jenjang yang lebih profesional sebagai blogger.

Karena itu, teruslah semangat untuk memperluas pengetahuanmu tentang blogging dan terapkan trik-trik yang dapat mendukung perkembangan blogmu, ya. Semangat!

Sumber gambar: Dok. C2live.

Related Posts

 
Site Menu