C2live meetup

C2live Meet-up X PopBox: Tips Sukses Blogger Bekerja Sama dengan Brand

I’m a writer at Content Collision

Di akhir bulan Oktober ini, C2live kembali mengadakan meet-up bersama kawan-kawan blogger, lho! Kali ini, tema diskusi yang diangkat adalah “Tips Sukses Blogger Bekerja Sama dengan Brand”. Menarik, bukan?

C2live meetup

Sebagai tech platform yang hendak meningkatkan pemberdayaan dan mengembangkan ekosistem blogger di tanah air, C2live menyadari besarnya ketertarikan kawan-kawan blogger untuk bisa mengembangkan diri agar dapat bekerja sama dengan brand. Dari segi brand pun, berkolaborasi dengan blogger untuk meningkatkan citra perusahaan mereka juga dirasa mampu memberikan berbagai keuntungan di era digital ini.

Karena itu, C2live bersama dengan PopBox mengajak rekan-rekan blogger berkumpul bersama untuk bertukar pikiran dan memperdalam pemahaman tentang hal tersebut. Adapun meet-up kali ini diadakan di Block71 ー Kuningan, pada 27 Oktober 2018 kemarin.

Jadi, apa saja sih tips sukses blogger untuk bekerja sama dengan brand yang dibagikan Enricko Lukman selaku C2live Envangelist pada meet-up kemarin? Berikut penjelasannya:

Amati Kebutuhan brand

C2live meetup

Jika kamu ingin memiliki kesempatan yang lebih besar untuk digandeng oleh brand untuk bekerja sama, kamu harus mengetahui dulu apa yang menjadi kebutuhan brand sehingga mereka sampai berminat untuk melakukan kemitraan dengan pihak lain.

Berdasarkan pengalaman yang C2live dan Content Collision (agensi pengadaan dan pemasaran konten di bawah naungan manajemen yang sama dengan C2live) miliki ketika bekerja sama dengan berbagai brand, ditemukan adanya pola kebutuhan yang membuat brand memilih untuk bekerja sama dengan blogger.

Adapun pola tersebut dikelompokkan menjadi tiga kebutuhan dari divisi yang berbeda, yaitu:

Marketing

C2live meetup

Apapun perusahaannya, divisi marketing memiliki tujuan untuk membangun citra brand yang baik terhadap potential customer-nya. Mereka memiliki kebutuhan untuk membuat semakin banyak orang mau menggunakan produk yang perusahaan mereka tawarkan. Dengan kata lain, tujuan mereka untuk bekerja sama dengan blogger adalah supaya mereka mendapatkan user baru.

Oleh karena itu, ketika hendak menggandeng blogger untuk dijadikan mitra kampanye, divisi marketing akan melihat dulu profil dari blogger yang akan diajak bekerja sama. Ini ditujukan untuk memastikan apakah si blogger memiliki karakter yang mumpuni untuk menggiring pembacanya agar bisa menaruh ketertarikan lebih pada brand terkait.

Selain itu, pihak marketing juga biasanya akan melihat lagi kualitas konten yang dimiliki oleh si blogger. Sebab, blogger yang dipilih nantinya akan menjalankan fungsi untuk merepresentasikan sebagian citra brand di kalangan masyarakat umum. Jika kualitas konten yang dimiliki tidak memuaskan, hal tersebut bisa berpotensi merusak citra brand terkait.

Kesesuaian antara niche yang dimiliki blogger dengan brand juga akan dipertimbangkan. Denganniche yang sesuai, brand bisa menembak demografi pembaca yang tepat untuk disasar. Hal tersebut tentunya bisa membuat kampanye berjalan lebih efektif, sehingga akan lebih menguntungkan bagi pihak brand.

Nah, biasanya, untuk kerja sama yang ditawarkan dari perwakilan marketing sebuah brand, blogger akan diminta untuk menuliskan ulasan produk, mendatangi offline event, atau sekadar melakukan penempatan artikel pada blognya.

Yang penting, mereka ingin bisa mendapatkan awareness dan consideration lebih dari calon konsumen agar lebih familiar serta mau memakai produk mereka. Oleh karena itu, untuk jenis kerja sama ini, kamu biasanya akan diminta untuk memberikan backlink, mengulas produk yang sedang dipromosikan, dan membagikan data pembaca kepada tim marketing yang bersangkutan

SEO

C2live meetup

Berbeda dengan kebutuhan divisi marketing tadi, tim SEO memiliki fokus untuk meningkatkan page rank situs perusahaan tempat mereka bekerja. Dengan demikian, blogger yang diprioritaskan untuk diajak bekerja sama biasanya adalah mereka-mereka yang memiliki nilai Domain Authority tinggi dan niche yang sesuai dengan brand.

Kedua syarat tersebut diperlukan agar situs brand terkait bisa mendapatkan link juice yang berkualitas. Bagi tim SEO, mendapatkan link juice dengan jumlah dan kualitas yang baik sangatlah penting, sebab Google menjadikan faktor tersebut sebagai salah satu tolak ukur penilaian pada sistem pengindeksannya.

Karena itu, wajar saja jika tim SEO sebuah brand cenderung lebih sering meminta bloger mitranya untuk melakukan backlink placement atau article placement. Sebab, dua hal itu akan berkontribusi untuk menambah aliran link juice dari brand terkait.

Namun, sebagai blogger, kamu harus selalu waspada jika mendapat tawaran untuk melakukan penempatan artikel, ya. Pasalnya, tidak semua brand rajin menyediakan artikel yang berbeda-beda untuk tiap blogger yang diajak bekerja sama.

Jika hal itu terjadi, maka akan ada lebih dari satu situs yang menayangkan tulisan yang isinya sama persis. Artikel seperti itu bisa dianggap sebagai duplicate content oleh Google, sehingga bisa membawa dampak buruk bagi blogmu, yaitu berupa penurunan skor untuk peringkat blogmu pada SERP.

Baca juga: Bingung Menentukan Mulai Blogging atau Tidak? Temukan Jawabannya di Sini!

Sales

C2live meetup

Nah, kalau untuk tim sales, satu-satunya fokus yang mereka miliki adalah untuk mendapatkan angka penjualan sebanyak-banyaknya. Jadi, biasanya mereka tidak akan menuntut persyaratan yang terlalu pelik untuk dipenuhi oleh blogger.

Yang penting, mereka ingin mendapatkan jumlah pembaca yang banyak agar potensi anga penjualan juga semakin tinggi. Untuk itu, mereka juga akan tetap mengutamakan blogger dengan niche yang sama, sebab demografi pembacanya memiliki potensi ketertarikan yang lebih kuat terhadap produk dari brand terkait.

Biasanya, jika blogger mendapat tawaran kerja sama dari brand, mereka akan diminta untuk memberikan backlink dan melakukan afiliasi. Adapun bentuk kerja sama yang ditawarkan biasanya berupa penempatan banner ads ataupun sales referral. Semakin banyak jumlah penjualan yang didapat, maka akan semakin tinggi pula kesempatan blogger untuk mendapat kompensasi yang lebih besar.

Jadi, blogger seperti apa yang ideal di mata brand?

C2live meetup

Agar kamu bisa dipandang sebagai blogger yang ideal untuk diajak bekerja sama dengan brand, ada baiknya kamu memastikan beberapa hal berikut:

  • Memiliki passion yang sesuai dengan niche dari brand yang mengajak kerja sama. Hal ini sangat dibutuhkan agar blogger bisa menyajikan tulisan yang lebih persuasif untuk menggiring opini dari target pasar yang ditentukan.
  • Memiliki blog dengan DA/PA yang baik. Situs brand biasanya akan terhubung dengan blog blogger mitra melalui backlink. Dengan DA/PA yang baik, situs brand bisa menjaga atau bahkan meningkatkan skor peringkat yang dimiliki pada mesin pencarian.
  • Komunikatif. Kelancaran komunikasi sangat dibutuhkan oleh brand agar dapat berkoordinasi secara efektif dengan bloger mitra untuk menyampaikan kebutuhannya.
  • Mampu menelaah brief dengan baik. Brand membutuhkan blogger yang cermat memahami apa yang menjadi kebutuhan kampanyenya. Selain itu, brand juga akan sangat mengapresiasi jika blogger bisa menyatakan dengan tegas jika kampanye yang ditawarkan tidak sesuai dengan karakter blog yang dimiliki.
  • Memiliki jumlah pembaca yang meyakinkan. Blog yang memiliki jumlah pembaca dan komentar yang tinggi akan lebih disukai oleh brand, karena dianggap memiliki cakupan pengaruh yang lebih luas.
  • Bersedia berbagi data. Melalui kerja sama dengan blogger, brand berharap agar blogger mitra bisa membagikan data-data yang bernilai bagi mereka. Biasanya data tersebut berupa demografi pembaca yang tertarik serta informasi mengenai opini pembaca terhadap brand terkait.

Dengan tips dan penjelasan yang sudah dijelaskan di atas, apakah kamu kini sudah merasa lebih siang untuk mengasah diri agar bisa sukses bekerja sama dengan brand? Memang, seiring dengan terus bertambahnya jumlah blogger di tanah air, persaingan untuk mendapatkan tawaran kerja sama dari brand juga semakin ketat.

Namun, jika kamu bisa menawarkan akan yang menjadi kebutuhan suatu brand, tentu brand tersebut juga akan memiliki ketertarikan lebih untuk mengajakmu bekerja sama. Karena itu, asahlah dulu kemampuan blogging-mu agar bisa menjadi blogger yang diincar oleh brand.

Oh, ya. Masih berhubungan dengan meet-up kali ini, C2live tidak hanya sekadar menyampaikan materi tentang tips sukses bagi blogger untuk bekerja sama dengan brand, lho! Rekan-rekan blogger yang kemarin sudah hadir juga dijembatani untuk mendapat kesempatan mengikuti blogger campaign yang diselenggarakan oleh PopBox. Jadi, tips yang sudah diberikan bisa langsung dipraktikkan secara nyata, deh! Seru banget, kan?

Kalau kamu tertarik untuk mengikuti blogger campaign lainnya yang diselenggarakan ataupun didukung oleh C2live, pantau terus blog dan sosial media kami untuk mendapatkan informasi terbaru, ya. Happy blogging!

Sumber gambar: Dok. C2live

Related Posts

 
Site Menu