C2live, brand, blog, strategi, tips, manajemen blog

Ingin Membangun Brand yang Oke atas Blogmu? Ikuti 5 Langkah Ini!

Menjadi seorang blogger, tentu kamu ingin agar keberadaan blogmu diketahui banyak orang. Untuk itu, kamu perlu membangun citra atas blogmu supaya dikenal oleh berbagai pihak. Citra yang kamu bangun inilah yang nantinya akan menjadi brand-mu.

Membangun brand atas sebuah blog bisa dibilang sudah menjadi kebutuhan lumrah bagi para blogger di era digital ini. Dengan semakin sengitnya persaingan, banyak blogger yang berlomba-lomba membangun brand sebaik mungkin atas blognya supaya bisa dilirik oleh commercial brand untuk diajak bekerja sama, atau hanya sekadar untuk membangun reputasi di antara kaum netizen untuk kepentingan lain di kemudian hari.

Bagi kamu para blogger pemula yang ingin mulai membangun brand blogmu namun masih bingung soal apa yang perlu dilakukan untuk mewujudkannya, berikut adalah X cara yang bisa kamu coba untuk terapkan:

1. Update Blogmu dengan Konten-konten Unik secara Berkala

Blog-Branding

Sebagai seorang blogger, sudah sewayahnya bagimu terus menulis dari waktu ke waktu. Karena itu, kamu pun diekspektasi untuk melakukan update konten secara rutin. Ini penting untuk dilakukan, sebab adanya konten baru akan membantu kamu untuk tetap menarik perhatian pembaca. Inilah sebabnya blog yang jarang update biasanya kurang diminati pembaca, karena tidak ada informasi menarik baru untuk disimak. Jika kamu menelantarkan blogmu, bagaimana orang lain akan menaruh perhatian lebih padanya?

Tapi, sekadar update konten saja tidaklah cukup. Selain menyuguhkan konten yang berkualitas dan relevan dengan kebutuhan pembaca, kamu juga perlu membangun ciri khas yang akan menjadi keunikan sendiri bagi blogmu. Keunikan ini merupakan bagian dari identitas blogmu yang akan menghasilkan kesan tertentu bagi para pembacanya. Dengan demikian, blogmu pun akan lebih mudah diingat dan diitentifikasi oleh pembaca. Cara yang paling mudah adalah dengan konsisten dengan gaya bahasa pilihanmu dan menentukan niche blog yang akan kamu bangun supaya konten-konten yang kamu sajikan memiliki pembahasan yang lebih fokus.

2. Berikan Reading Experience yang Baik bagi Para Pembacamu

Blog-Branding

Salah satu hal yang mampu membuat para pembaca bersedia untuk kembali mengunjungi blogmu dan bahkan merekomendasikannya pada orang-orang terdekat mereka adalah kenyamanan saat membaca konten di blogmu. Tentu, bobot dan kualitas informasi yang kamu sajikan adalah faktor penting yang tidak bisa kamu abaikan. Namun, jika pembacamu merasakan ketidaknyamanan ketika mereka mengunjungi blogmu, maka di kesempatan berikutnya, bisa saja mereka enggan untuk kembali.

Pembaca bisa merasa tidak nyaman karena berbagai hal, mulai dari typo yang bertebaran, wall of text yang menjenuhkan, lay-out blog yang berantakan, iklan-iklan yang mengganggu pemandangan, hingga beratnya size halaman untuk diunggah. Karena itu, cobalah untuk memperhatikan hal-hal tersebut dan lakukan pembenahan yang memang diperlukan untuk meningkatkan kualitas reading experience bagi pembacamu.

3. Estetika adalah Hal Mutlak yang Diperlukan oleh Sebuah Brand

Blog-Branding

Ketika kamu melihat logo ataupun situs brand yang plain dengan elemen visual yang minim, pikiran seperti apa yang akan muncul di benakmu? Tidak appealing. Mungkin inilah pendapat umum yang muncul ketika orang-orang secara umum dihadapkan pada hal demikian.

Begitu pula dengan pembacamu. Jika ketika ia mengunjungi blogmu dan yang ia dapatkan adalah sederet kumpulan tulisan tanpa pemanis apapun, pasti blogmu dalam sekejap akan dianggap tidak menarik. Karenanya, cobalah untuk mengunakan template yang akan membuat lay-out blogmu terlihat lebih terstruktur dan berwarna. Selain itu, usahakanlah untuk menyisipkan berbagai elemen visual, seperti gambar, foto, infografis, ataupun video dalam konten-konten yang kamu sajikan.

Tatanan konten yang rapi dengan selingan pendukung visual akan membuat blogmu lebih enak dipandang mata. Di sisi lain, ini juga bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi blogmu. Apalagi jika blogmu memiliki desain khas yang indah, pasti ada saja pembaca yang kembali sekadar untuk memanjakan mata. Bahkan, dengan tampilan yang estetis, blogmu akan terkesan lebih kredibel, lho!

4. Bangun Komunitas Pembaca bagi Blogmu

Blog-Branding

Blog merupakan sebuah elemen web yang bersifat sosial. Dibutuhkan sekumpulan orang sebagai pembaca agar blog bisa terus bertahan dan berkembang. Bisa dikatakan, layaknya manusia, blog bergantung pada masyakarat yang dimilikinya. Karenanya, ciptakanlah masyarakat bagi blogmu dengan memanfaatkan koneksi sosial yang kamu miliki. Bahkan, kamu juga bisa mempromosikan blogmu melalui media sosial untuk memperluas pool of readers-mu.

Atau, jika kamu ingin melakukan sesuatu yang lebih untuk memperluas masyarakat blogmu, jadilah selebriti blogger dengan melakukan blog-walking dan meninggalkan komentar di kolom-kolom yang tersedia. Komentar ini bisa berupa ulasanmu terhadap blog yang kamu kunjungi, sharing common interest antara kamu dan pemilik blog yang kamu kunjungi, atau sekadar menaruh backlink ke blogmu. Hal ini akan sangat membantu untuk menyebarkan nama blogmu di perkumpulan blog-blog lain yang ada.

5. Jangan Lupa Tagline atau Moto untuk Dipublikasikan Juga

Blog-Branding

Kembali lagi, yang namanya brand biasanya juga nggak bisa lepas dari moto atau tagline yang mengikuti di belakangnya. Selain memberikan pencerahan kepada pembaca mengenai visi utama dari blogmu, keberadaan tagline atau moto juga bisa memperkuat citra blog yang kamu miliki. Kalimat singkat namun padat makna ini mampu mempertegas esensi dari blogmu sendiri, terutama terkait blogmu hadir sebagai apa bagi para pembaca.

Seringkali mencerminkan arah tujuan dan dijadikan pedoman, tagline atau moto juga juga perlu dipasarkan sebagai bagian dari pembangunan citra brand. Dengan mengetahui tagline atau moto yang dimiliki oleh blogmu, pembaca akan jadi lebih tahu soal apa yang akan mereka dapatkan. Dengan demikian, walaupun seseorang belum tahu apa-apa tentang blogmu namun menemukan tagline blogmu yang ternyata beresonansi dengan kepentingan ataupun ketertarikannya, orang itu pun akan jadi tertarik untuk mengetahui lebih lanjut mengenai blogmu.


Itulah beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk membangun brand blogmu sehingga blogmu bisa memiliki citra yang lebih baik, kredibel, dan dikenal oleh lebih banyak orang. Tentunya, masih ada berbagai cara lain yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan pamor blogmu. Namun demikian, apapun cara yang kamu tempuh, lakukanlah dengan konsisten dan berkesinambungan. Sebab, membangun brand adalah proses tiada henti yang perlu terus dikembangkan sesuai dengan tuntutan persaingan yang ada; nggak bisa hanya dilakukan sekali saja. Teruslah berjuang hingga blogmu membuahkan hasil-hasil yang kamu harapkan.

Selamat membangun brand-mu, guys! Semoga sukses!

Related Posts

Site Menu