artikel bisnis

7 Tips untuk Membuat Artikel Bisnis Berkualitas

Artikel bisnis merupakan jenis artikel yang cukup populer dan banyak diminati oleh pembaca karena banyaknya manfaat yang bisa didapatkan. Jika kamu bisa membuat artikel bisnis yang baik, elemen ini bisa jadi content unggulan dari usaha atau website yang kamu kelola.

Perlu kamu ketahui, sebenarnya, menulis artikel bisnis tidak terlalu sulit jika kamu tahu hal yang perlu kamu lakukan untuk membuatnya berkualitas. Nah, supaya kamu bisa menghasilkan konten berita yang layak baca, yuk simak cara menulis artikel bisnis yang baik berikut ini!

Tentukan Tema Tulisan dengan Saksama

artikel bisnis 1

Sumber : 742680
Sebelum menulis sebuah artikel, cobalah untuk menentukan tema dari artikel yang akan kamu buat bagi para pembaca. Hal ini perlu dilakukan agar konten dari artikel yang kamu tulis tetap fokus pada satu pembahasan dan tidak melenceng membahas berbagai hal yang tidak berkaitan dari tema utama.

Dalam menentukan tema , kamu bisa menulis berdasarkan tema atau niche khusus yang berkaitan dengan bisnis tertentu. Untuk hal ini, akan lebih baik jika kamu bisa mengangkat tema tentang bisnis yang lagi jadi bahan perbincangan masyarakat luas, sehingga bisa menarik minat banyak pembaca. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan pembaca yang akan lebih engage terhadap topik yang kamu bahas.

Contoh tema yang bisa kamu bahas sekarang ini di antaranya adalah tentang startup, bisnis e-commerce, digital marketing dan juga keuangan. Dari sana, kamu bisa mengembangkannya menjadi berbagai jenis artikel, seperti artikel tips, listicle, atau analisa sesuai dengan topik yang telah ditentukan.

Lakukan Riset sebelum Mulai Menulis

artikel bisnis 2

Sumber : LoubuHuska
Artikel bisnis yang baik adalah artikel yang memiliki mampu menunjukkan keakuratan informasi yang diberikan. Semakin akurat sebuah informasi maka kualitas artikel tersebut akan semakin baik bagi pembaca.

Untuk melakukan riset, kamu bisa mengambil sebagian informasi dari buku, artikel, atau pendapat ahli mengenai topik yang kamu bahas. Kamu bisa membandingkan berbagai informasi dari sumber-sumber tersebut dan menentukan mana yang paling akurat dan sesuai dengan jenis pembaca yang kamu sasar.

Perbanyak Data dalam Tulisanmu

artikel bisnis 3

Sumber : Stocksnap
Data dalam artikel bisa menjadi sebuah kekuatan yang menjual dari artikel yang kamu buat. Dengan menggunakan data, pembaca biasanya akan lebih percaya dengan artikel yang kamu buat.

Jangan terlalu berfokus kepada satu sumber saja, sebaiknya kamu mencari data dari berbagai sumber untuk memastikan keakuratan data yang akan kamu gunakan. Data yang kamu sajikan bisa berupa data primer, yaitu data yang kamu peroleh langsung dari si pemilik informasi otentik, atau data sekunder, yaitu data yang kamu peroleh dari pihak perantara.

Gunakan Bahasa yang Umum

artikel bisnis 4

Sumber : diannehope14
Ranah bisnis merupakan wilayah yang memiliki berbagai macam istilah khusus yang sering digunakan. Kamu bisa menggunakan bahasa tersebut bila artikel yang kamu terbitkan dibaca dalam sebuah komunitas yang mengerti mengenai bisnis.

Tetapi bila artikel tersebut diperuntukan untuk orang awam, gunakanlah istilah-istilah umum yang lebih dimengerti oleh orang kebanyakan. Bila memang sulit, kamu bisa menjelaskan istilah tersebut dalam artikel yang kamu buat.

Pastikan bahasa yang kamu gunakan, sesuai dengan kemampuan dengan target pembaca yang sudah kamu tentukan.

Bahas Sedikit Sejarah

artikel bisnis 5

Sumber : MichaelGaida
Membahas sejarah dalam sebuah artikel bisnis bisa menjadi salah satu keunikan dari tulisan yang kamu bahas. Cobalah untuk menggali informasi lebih mendalam mengenai sebuah topik. Cari referensi di masa lalu yang berkaitan dengan topik yang akan kamu bahas. Dengan melakukan ini, pembaca bisa mendapatkan gambaran dan informasi yang lebih baik mengenai hal yang kamu bahas.

Gunakan Elemen Visual

artikel bisnis 6

Sumber : rawpixel.com
Bila kamu mendapatkan data mengenai sebuah topik, kamu bisa menyajikannya pada pembaca menggunakan gambar, infografis, tabel, grafik, dan sebagainya. Dengan menggunakan gambar, pembaca bisa lebih mudah untuk memahami informasi yang hendak kamu sampaikan, dibanding hanya menyuguhkannya dalam bentuk tulisan secara keseluruhan.

Sebagai pembaca, kamu pun juga akan bosan dan merasa mumet, kan, kalau disuguhkan dengan artikel bisnis yang hanya berisi tulisan dengan informasi padat? Untuk itu, sebagai selingan yang tetap informatif, kamu bisa menyematkan elemen visual yang juga akan mendongkrak kualitas artikel kamu.

Kemukakan Konklusi dan Solusi

artikel bisnis 7

Sumber TeroVesalainen
Setelah kamu membuat sebuah artikel dengan latar belakang, berbagai macam data, gambar, dan analisa, di bagian akhir artikel, buatlah sebuah kesimpulan yang bisa diambil dari artikel yang sudah kamu buat.

Kesimpulan ini bisa berupa sebuah gambaran atau langkah yang bisa dilakukan oleh pembaca untuk mengatasi permasalahan bisnis yang kamu bahas. Jika tulisanmu memiliki tujuan komersil, kamu pun bisa menutup artikel dengan mempromosikan hal yang ingin kamu pasarkan sebagai solusi dari permasalahan yang dipaparkan. Dengan begitu, keseluruhan artikelmu jadi nggak terkesan mengambang.


Itulah tujuh cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat sebuah artikel bisnis yang berkualitas bagi pembaca. Teruslah menulis secara konsisten agar target pembaca yang kamu tentukan bisa tercapai. Jangan lupa kunjungi blog C2Live.com untuk mendapatkan berbagai contoh artikel dari para penulis terbaik!

Related Posts

 
Site Menu