cara membuat blog gratis

Panduan Lengkap Cara Membuat Blog Gratis

Gilang is a young Indonesian Content Writer. He has huge interest to social issues, digital marketing, and pop cultures.

Dengan semakin majunya dunia digital, semakin banyak cara seseorang untuk mengekspresikan diri mereka. Untuk mereka yang nyaman berekspresi lewat kata-kata, blog menjadi sarana yang banyak dipilih.

Banyak orang yang ingin memulai menulis di blog, namun bingung harus memulai dari mana. Karena memang ada banyak hal yang perlu disiapkan. Mulai dari menemukan motivasi yang tepat, menentukan topik yang akan dibahas, hingga memilih platform blogging yang paling cocok.

Kamu juga ingin mempunyai blog sendiri untuk berbagi atau berekspresi? Membuat blog mudah dan bebas biaya, kok! Mari simak panduan lengkap cara membuat blog gratis dari tim editorial C2live berikut. Tahapannya sangat mudah, jadi enggak ada lagi alasan untukmu ragu membuat blog sendiri.

Menemukan Motivasi Ngeblog

Setiap orang memiliki alasan masing-masing kenapa mereka mulai ngeblog. Kamu pun juga sebaiknya mengetahui apa motivasimu menulis blog, dan apa tujuan yang ingin kamu raih.

Kedua hal itu bisa menjadi landasan tentang bagaimana kamu akan mengelola blogmu kelak, serta bagaimana cara yang efektif untuk memasarkan blogmu ke pembaca yang tepat.

Di antara beragam alasan yang biasa memotivasi seseorang untuk mulai ngeblog, ini dia beberaoa di antaranya:

  • Menyalurkan dan mengasah minat menulis

Ada banyak orang yang memang memiliki minat pada dunia kepenulisan. Dulu, minat tersebut disalurkan lewat buku diary atau sahabat pena.

Kini, dengan kemajuan teknologi, kamu bisa mengasah minat menulismu lewat blog. Kamu bisa menuliskan apapun yang kamu mau selama enggak menyinggung orang lain

  • Berbagi informasi lewat konten berkualitas

Adanya internet juga kerap dimanfaatkan orang-orang untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman. Itulah sebabnya muncul travel blog, beauty and skincare blog, atau blog soal teknologi.

Blogger-blogger sejenis itu menemukan kesenangan dalam membagikan informasi pada orang lain. Semakin orang menganggap kontennya bermanfaat, semakin ia merasa puas dan bangga.

  • Ingin mengasilkan uang

Perkembangan industri digital kini memungkinkan seseorang untuk meraup rupiah lewat blog. Kegiatan ini biasa disebut dengan monetisasi.

Pilihan monetisasi yang bisa kamu pilih pun beragam. Mulai dari memanfaatkan iklan berbayar (AdSense), content placement dari brand, hingga menjual produk atau jasamu sendiri.

Menentukan Topik Utama Blog

Tahap berikutnya dari cara membuat blog gratis yang perlu kamu lakukan adalah menentukan topik utama blog, atau yang biasa disebut niche blog.

Data menunjukan ada 2,73 juta konten blog baru yang dirilis setiap hari. Namun, 70% dari angka tersebut gagal melewati angka 5000 pembaca tiap bulannya. Akar dari permasalah itu biasanya disebabkan oleh topik blog yang kurang jelas, atau blogger memilih topik hanya mengikuti tren sehingga tulisan yang dihasilkan dirasa dangkal oleh pembaca.

Tantangan ini tentu bukan tanpa solusi. Untuk itu, dalam memulai sebuah blog kamu sebaiknya:

  • Fokus pada topik yang menarik perhatianmu

Percaya atau enggak, pembaca bisa menyadari kalau kamu enggak tertarik pada topik yang kamu tulis. Tanpa sadar kamu akan jadi asal tulis, sehingga hasilnya nggak memikat pembacamu.

Sebaliknya, kalau kamu memang menuliskan hal yang kamu suka, kamu akan bersemangat mengulas dan membagikan informasi secara lengkap. Hasil tulisanmu pun akan lebih passionate dan pembaca pun betah.

  • Menulis soal topik yang kamu kuasai

Tips yang kedua adalah mencoba mencari tahu lebih dalam tentan topik yang akan kamu tulis. Kalau kamu menuliskan sesuatu yang dangkal dan enggak bermanfaat, pembaca akan kabur ke blog lainnya.

Ingat, kamu bukan satu-satunya blog yang bisa diakses oleh pembaca. Kamu bersaing dengan banyak blog lainnya, yang juga memilik topik bahasan serupa. Untuk itu kamu harus berusaha artikelmu lebih baik daripada blog-blog lainnya.

Memilih Platform Blog yang Bebas Biaya

Memilih platform blog dengan tepat adalah salah satu cara membuat blog gratis yang harus kamu kulik dengan teliti. Dengan semakin banyaknya pilihan platform yang bisa digunakan, menentukan platform yang tepat untuk blogmu bisa jadi cukup membingungkan. Masing-masing menawarkan keunggulan dan keunikan yang berbeda.

Untuk membantumu, tim C2live merangkum beberapa platform blogging pilihan yang bisa kamu gunakan secara gratis:

Wordpres adalah salah satu platform yang banyak disarankan. Hal ini disebabkan karena WordPress menawarkan beberapa keunggulan yang sangat membantumu, apalagi jika kamu berencana untuk ngeblog lebih serius di masa depan.

WordPress memungkinkan kamu untuk memilih apakah akan menggunakan layanan yang gratis atau yang berbayar. Tentu saja dengan layanan berbayar, akan semakin banyak fitur yang kamu dapatkan. Namun dalam beberapa bulan awal, disarankan terlebih dahulu menggunakan layanan yang bebas biaya. Setelah kamu lancar ngeblog dan mulai tertantang melakukan kustomisasi lebih jauh, barulah beralih ke layanan berbayar.

Selain lebih profesional karena kamu bisa memiliki domain sendiri, layanan berbayar juga memungkinkanmu untuk menambahkan berbagai plug in seperti Yoast SEO atau Broken Link Checker sehingga kamu bisa lebih teliti dalam mengelola blog.

Cara membuat blog gratis menggunakan WordPress:

1. Buka WordPress untuk memulai. Setelahnya, kamu akan menemukan tombol “Mulai” di halaman muka. Klik tombol tersebut untuk memulai pembuatan blog gratis dari WordPress.

2. Di tahap pertama, WordPress akan memintamu untuk mengisi beberapa kuisioner. Kuisioner ini akan dipergunakan WordPress untuk memetakan kebutuhanmu di masa depan, sehingga mereka bisa memberikan layanan yang lebih baik lagi. Kuisioner yang diberikan pun mudah dimengerti, jadi seharusnya enggak akan menyulitkanmu.

3. Setelahnya, kamu akan diminta untuk memasukan alamat blogmu yang akan kamu gunakan. Pastikan kamu sudah memikirkan baik-baik nama blog ini karena ini akan menjadi bagian penting dalam branding-mu kelak. Memang alamat blog bisa diganti lagi dikemudian hari, namun tentu itu akan berdampak negatif pada branding blogmu.

4. Setelah kamu memasukan alamat blogmu, WordPress akan menawarkan beberapa alternatif pilihan untuk paket berbayar mereka. Kamu bisa mengabaikan penawaran ini jika kamu memang ingin menggunakan layanan yang bebas biaya.

5. Berikutnya, WordPress akan memintamu mengisikan e-mail dan password. Kedua hal itu akan digunakan saat kamu ingin masuk ke dalam blogmu, sehingga pastikan kamu hafal keduanya. Setelah menuliskan e-mail, segera cek inbox e-mail-mu untuk melakukan verifikasi, agar blogmu bisa segera digunakan.

6. Setelah melakukan verifikasi, artinya kamu sudah memiliki blog gratis dari WordPress. Kamu akan berada di halaman dashboard di mana kamu bisa mengakses segala informasi tentang blogmu.

Mulai dari jumlah pengunjung, daftar artikel yang sudah kamu tulis, hingga kustomisasi yang bisa kamu lakukan untuk mempercantik tampilan blogmu.  Jika kamu sudah enggak sabar untuk segeral merilis artikel pertamamu, klik tombol “Tulis” yang ada di kanan atas untuk masuk halaman penulisan artikel.

7. Di halaman penulisan ini, kamu bisa menuliskan artikel yang ingin kamu tayangkan di blogmu. Enggak hanya berupa teks, kamu juga bisa menambahkan elemen lain seperti gambar atau video dengan cara menekan tombol “Tambah” yang ada kolom penulisan.

Selain itu, WordPress juga menyediakan beberapa tools di bagian kanan yang akan memudahkanmu untuk mengelola blogmu. Fitur seperti “Kategori & Tag”, “Gambar Fitur”, dan juga “Opsi Lainnya” akan sangat membantu blogmu, terutama dalam hal SEO dan pengkategorian artikel.

Blogger adalah platform blog yang kini dikelola oleh Google. Blogger ini adalah salah satu platform tertua dan cukup laris digunakan di Indonesia. Jadi untuk kedepannya jika kamu ingin mengulik lebih jauh soal blogging, ada banyak tutorial online ataupun komunitas yang bisa membantumu.

Penggunaannya pun sangat ringkat dan enggak ngejelimet. Itu sebabnya Blogger menjadi andalan untuk semua kalangan umur, mulai dari anak-anak hingga ibu rumah tangga Indonesia banyak yang menggunakan platform ini.

Berhubung berada di bawah naungan Google, Blogger adalah platform blogging yang mudah untuk dihubungkan dengan Google AdSense atau Google Analytics. Jika kamu terfokus dengan monetisasi blog lewat iklan digital, Blogger adalah layanan yang patut kamu coba.

Cara membuat blog gratis menggunakan Blogger:

1. Buka situs blogger. Di halaman muka, kamu akan menemukan tombol “create your blog”. Klik tombol tersebut untuk membuat blog gratis barumu.

2. Selanjutnya, kamu akan diminta untuk memasukan alamat email serta password yang akan kamu gunakan di blog tersebut. Email dan password ini nantinya akan kamu gunakan setiap kali kamu ingin masuk ke blog tersebut, jadi pastikan kamu mengingatnya dengan baik.

Berikutnya akan muncul pilhan untuk menggunakan data profil Google-mu, atau ingin membuat profil blogger baru. Disarankan untuk membuat profil blogger baru, agar kamu lebih leluasa untuk membangun personal brand blogmu.

3. Berikutnya akan muncul pop-up yang memintamu untuk mengisi judul dan alamat blog yang akan kamu buat. Selain itu, kamu juga bisa memilih beberapa tema yang akan berpengaruh pada tampilan blogmu. Ketiga hal ini nantinya bisa kamu ubah ulang, jadi enggak perlu cemas. Kamu bisa melakukan kustomisasi sewaktu-waktu agar blogmu bisa lebih baik dan menarik.

4. Setelah memberikan nama, alamat, dan memilih tema, itu artinya blogmu sudah siap digunakan! Kamu akan berada di halaman dashboard. Jika kamu sudah merasa siap untuk menerbitkan artikel pertamamu, klik tombol “new post”.

5. Setelah itu, kamu akan dibawa masuk ke halaman di mana kamu bisa menuliskan artikelmu. Di bagian atas, akan ada kolom tempat judul artikel, sementara di bawahnya ada kolom untuk menuliskan isi artikel.

Di bagian kanan, akan ada beberapa tools yang bisa kamu manfaatkan seperti “schedule” untuk menjadwalkan kapan artikelmu akan rilis, atau “tags” untuk pengkategorian.

Jika sudah, kamu bisa menekan tombol “Publish” untuk menerbitkan artikel, atau “Save” apabila kamu ingin menyimpan artikelmu terlebih dahulu sebagai darft.

Untuk kamu yang ingin punya blog dengan tampilan yang stylish tanpa ribet, Weebly adalah alternatif yang wajib kamu pelajari. Proses penataan estetika di Weebly sangatlah mudah dan ringkas. Fitur drag and drop-nya sangat membantu blogger pemula yang ingin menghias blognya secantik mungkin.

Selain itu, Weebly juga menfasilitasi kamu yang ingin mengelola sebuah bisnis online sendiri. Platform mereka dikembangkan dengan cermat sehingga sangat membantu blogger yang sekaligus ingin menjual produk atau jasa mereka lewat online shop.

Cara membuat blog gratis menggunakan Weebly:

1. Buka situs Weebly dan klik tombol ”Sign Up”. Tombol tersebut terletak di pojok kanan atas halaman muka.

2. Setelahnya, akan muncul pop-up registrasi yang perlu kamu isi untuk membuat blog gratis dari Weebly. Kamu bisa registrasi dengan menggunakan Facebook, Google, atau alamat e-mail lainnya. Silakan pilih cara registrasi yang paling mudah menurutmu.

3. Setelah kamu mendaftarkan diri, klik tombol “Create Your Site” untuk memulai membuat blogmu. Karena Weebly memang mendukung fitur online shop, kamu akan ditawarkan untuk membuka online shop-mu sendiri. Klik “Not Now” jika kamu hanya ingin fokus pada blogging saja.

4. Setelahnya, kamu akan masuk ke bagian di mana kamu bisa menentukan tema awal tampilan blogmu. Weebly menyediakan beragam pilihan yang bisa kamu gunakan secara gratis. Weebly juga membantu dengan memberi label kategori, sehingga memudahkanmu memilih tema yang cocok.

5. Setelah kamu memilih tema yang kamu suka, kamu akan masuk ke bagian preview. Di sini kamu bisa meninjau apakah tema yang kamu pilih sudah benar-benar sesuai dengan keinginanmu atau belum.

Jika ternyata belum, kamu bisa memilih tema lainnya. Jika sudah cukup cocok, kamu bisa klik tombol ”Start Editing” untuk kustomisasi lebih lanjut, agar blogmu lebih unik dan memiliki identitas.

6. Di tahap ini, kamu bisa melakukan berbagai kustomisasi agar tampilan blogmu bisa semakin unik. Kamu bisa menggunakan berbagai tools yang sudah tersedia di bagian kiri. Ada berbagai pilihan yang tersedia sehingga mungkin akan butuh waktu sampai kamu memahami dan bisa membangun blog yang sesuai keinginanmu.

Namun enggak perlu cemas, kustomisasi ini menggunakan cara drag and drop sehingga sangat mudah digunakan. Jika sudah selesai dan merasa pas dengan kustomisasi blogmu, klik tombol ”Publish” di bagian kanan atas.

7. Setelah kamu selesai dengan tampilan blogmu, kini saatnya memberi blogmu nama dan alamat. Akan muncul pop-up yang memintamu memasukkan alamat blog yang kamu inginkan.

Nantinya Weebly akan memberi pilihan untuk menggunakan domain berbayar, namun kamu bisa mengabaikannya dan menggunakan subdomain yang mereka sediakan secara gratis.

8. Nantinya akan muncul pop-up lain yang menunjukan bahwa blogmu sudah terdaftar dan siap digunakan.

9. Langkah berikutnya adalah menulis artikel pertamamu. Untuk merilis artikel, kamu harus masuk ke halaman dashboard blogmu. Nantinya di bagian kanan bawah akan ada tombol ”New Post”. Klik tombol tersebut untuk menulis artikel baru

10. Nantinya kamu akan masuk ke halaman penulisan. Sama seperti konsep kustomisasi tampilan blogmu, dalam menulis artikel kamu juga menggunakan berbagai tools yang tersedia di sisi kiri. Sehingga artikelmu enggak hanya berupa teks, tapi juga bisa ditambahkan dengan gambar atau video yang relevan.

Gunakan kreativitasmu agar artikel yang kamu tulis enggak hanya informatif, namun juga menarik dan enggak monoton. Jika sudah, klik tombol ”Post” di pojok kanan atas untuk merilis artikelmu ke publik.

Mirip seperti Weebly, jika kamu berencana membuat situs untuk bisnismu, online shop, atau e-commerce, WIx adalah platform yang tepat.

Dalam penggunaannya, kamu bisa memilih ingin menggunakan plan gratis atau berbayar. _Plan gratis akan memberikanmu sebuah subdomain, sementara plan yang berbayar akan memberikanmu sebuah domain sendiri. Sementara untuk hosting sama-sama bisa kamu gunakan, baik dalam layanan gratis atau berbayar.

Cara membuat blog gratis menggunakan Wix:

1. Kunjungi situs Wix, lalu klik tombol “Get Started” untuk mulai membuat blog dengan plaform ini.

2. Kamu akan masuk ke halaman registerasi. Masukan e-mail serta password yang akan kamu gunakan untuk akses masuk blog ini nantinya. Pastikan e-mail yang kamu gunakan masih aktif dan berfungsi.

3. Di tahap berikutnya, Wix akan menawarkanmu dua alternatif pilihan dalam membangun blog. Yang pertama adalah dengan Wix ADI, yang kedua menggunakan Wix Web Editor.

Jika kamu ingin mudah dan ringkas, kamu bisa menggunakan Wix ADI. Nantinya kamu hanya perlu menjawab beberapa pertanyaan, kemudian Wix secara otomatis akan membuat blog yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Wix Web Editor lebih direkomendasikan karena kamu bisa membangun blog dari nol. Sehingga tampilan dan tata letak blogmu bisa kamu kreasikan sesuai keinginan dan kebutuhanmu.

4. Setelah memilih Wix Web Editor, kamu akan diberikan berbagai pilihan tema yang bisa kamu gunakan untuk blogmu. Kamu bisa memanfaatkan berbagai kategori yang tersedia di sisi kiri, dengan begitu kamu jadi bisa lebih mudah menemukan tema mana yang tepat untuk jenis blogmu.

Tema-tema yang disediakan pun sangat cantik dan elegan, jadi mungkin akan butuh waktu untuk kamu menjatuhkan pilihan. Jika sudah, arahkan cursor ke tema pilihanmu dan klik tombol “Edit”.

5. Kini kamu berada di halaman Web Editor yang disediakan oleh Wix. Di sini kamu bisa melakukan kustomisasi total tentang segala hal yang akan ada diblogmu. Mulai dari gambar, jenis teks, hingga sistem navigasi.

Banyaknya fitur yang tersedia mungkin akan sedikit membingungkanmu dari awal, namun kelengkapan itu akan sangat membantu apabila kamu sudah mulai memahaminya. Fitur drag and drop juga membuat proses ini menjadi ringkas.

Kamu bisa membuat tampilan blog yang cantik tanpa perlu belajar bahasa pemrograman seperti HTML. Jika sudah selesai berkreasi dan puas dengan tampilan blogmu, klik tombol “Publish” di bagian kanan atas.

6. Kini, blogmu sudah siap tayang. Langkah berikutnya adalah mempelajari bagaimana cara menambahkan artikel baru ke blog tersebut. Caranya cukup mudah, dari halaman dashboard, klik pilihan “Blog” di bagian kiri.

7. Kamu akan masuk ke tempat di mana kamu bisa mengatur semua artikelmu. Kamu bisa mengunggah artikel baru, mengedit artikel lama, mengganti nama penulis, atau mengecek tulisan yang pernah kamu simpan sebagai draft. Untuk masuk ke halaman penulisan dan menulis artikel pertamamu, klik tombol “Create New Post” di bagian kanan atas.

8. Kini kamu sudah berada di halaman penulisan. Kamu bisa menuliskan artikelmu sekaligus memberikan judul agar artikelmu lebih menarik di mata pembaca. Wix juga memfasilitasimu untuk menambahkan gambar atau video, sehingga pembaca enggak akan bosan karena terus-menerus disuguhkan artikel berupa teks.

Setelah selesai menuliskan artikel dan memberi judul yang catchy, klik tombol “Publish” untuk merilis artikel tersebut.

Menata Estetika Blog

Kualitas konten memang akan menjadi senjata utama blogmu, namun desain dan estetika blog bisa menjadi nilai unik yang membuat pembaca lebih mudah mengingatmu.

Sebagai awal, kamu bisa memilih berbagai tema gratis yang sudah disiapkan oleh platform yang kamu pilih. Biasanya platform-platform tersebut memang sudah menyediakan tema yang bisa digunakan oleh blogger pemula.

Seiring berjalannya waktu, kamu bisa mulai belajar bahasa pemrograman HTML sederhana agar kamu bisa melakukan kustomisasi terhadap tampilan blogmu. Mulai dari menambahkan gambar tertentu, memanfaatkan sidebar, atau memilih warna.

Pastikan kustomisasi yang kamu lakukan tetap nyaman untuk pembaca. Jangan memilih warna latar yang terlalu mencolok, warna font yang bewarna-warni, atau malah membuat blogmu membingungkan untuk dijelajah.

Dengan begitu, keunikan dan identitas blogmu akan semakin kuat, sehingga bisa lebih berkesan bagi pembaca.

Mulai Memproduksi Konten

  • Utamakan orisinalitas

Banyaknya konten berkualitas di sana sering kali membuat blogger pemula tergiur untuk menyalin dan menggunakannya di blog sendiri. Hal ini tentu haram untuk dilakukan.

Menyalin dan mencuri konten orang lain enggak akan membuat blogmu berkembang. Justru, jika ada pembaca yag menyadari kamu melakukan tindak plagiarisme, kredibilitasmu akan hancur.

Selain itu, Google juga bisa membaca apabila ada blog yang menyalin artikel dari blog lain. Dampaknya, blog tersebut akan mendapat nilai buruk dalam hal search engine result page.

  • Bantu dengan outline

Setelah memilih tema atau topik suatru tulisan, kamu perlu menentukan ide, informasi, atau gagasan apa saja yang ingin kamu sampaikan. Ide tersebut lalu kamu rangkai menjadi sebuah kerangka tulisan. Kerangka tulisan inilah yang biasa disebut outline.

Dengan adanya outline blogger pemula akan jauh lebih lancar dalam menulis. Akan ada semacam panduan sehingga kamu enggak kebingungan harus menulis ke arah mana. Selain itu, dengan adanya ide-ide yang sudah kamu tetapkan, tulisanmu jadi lebih fokus, rapi, dan enggak melebar kemana-mana.

  • Terapkan prinsip 5W+1H

Jika kamu ingin konten yang kamu sajikan diapresiasi oleh pembaca, maka kamu harus memastikan kontenmu memang informatif. Salah satu cara untuk memastikan kontenmu bergizi adalah dengan menerapkan 5W+1H dalam proses penulisannya.

What, when, why, who, where, dan how adalah pertanyaan-pertanyaan yang harus kamu jawab saat menuliskan sesuatu. Jika itu sudah kamu lakukan, niscaya pembaca pun akan puas dengan kedalaman informasi yang kamu berikan.


Membuat blog sendiri bukanlah hal yang sulit. Di atas adalah cara membuat blog gratis yang lengkap dari berbagai platform blogging yang bisa kamu gunakan. Masing-masing platform memiliki keunggulan masing-masing, sehingga kamu bisa memilih mana yang paling sesuai dengan karaktermu.

Sumber gambar: The Next Rex, Toolkit Websites, Tech Donut, Trust Vox, WordPress, Wix, Weebly, blogger.

Related Posts

 
Site Menu