Agar Kontenmu Lebih Berwarna, Kenali Cara Membuat Penulisan yang Artistik!

Sebagai blogger, kamu membutuhkan gaya menulis yang cocok untukmu. Kamu perlu belajar bagaimana meningkatkan kreativitas untuk penulisanmu. Dengan memiliki gaya menulis yang khas akan membuatmu mendapatkan traffic yang ramai serta pengunjung loyal yang akan tetap membaca kontenmu.

Gaya menulis yang kreatif biasanya dihubungkan dengan penulisan puisi, novel ataupun cerpen, namun menulis blog sekalipun sebenarnya membutuhkan kreativitas, lho. Membuat penulisan konten membutuhkan kreativitas yang cukup besar saat ini, apalagi dibutuhkan kemampuan persuasif untuk dapat menarik para pengunjung. Agar dapat melakukan hal itu, kamu harus mampu menerapkan gaya menulis artistik yang mampu menciptakan konten berseni bagi pembaca. Bagaimana caranya? Berikut, cara membuat penulisan artistik untuk kontenmu.

1. Perluas Membaca

Tidak bisa dipungkiri lagi, penulis yang baik harus mampu memiliki pengalaman membaca yang luas. Mengembangkan kebiasaan membaca segala hal tidak hanya akan meningkatkan pengetahuan mengenai menulis namun juga, kamu dapat meningkatkan konsentrasimu dalam mengerjakan sesuatu. Jika kamu tidak pernah membaca, gaya menulismu akan menjadi lebih kaku dan tidak akan dapat dikembangkan.

Untuk dapat meningkatkan gaya menulis artistik kamu tidak harus membaca konten yang serius dan formal, kamu dapat membaca komik, artikel dan majalah juga, lho. Dengan beberapa elemen teks, narasi ,serta ilustrasi dapat membuat kamu berpikir lebih kreatif dan juga menciptakan gaya menulis yang cocok untukmu.

2.Selektif terhadap detail menulis

Menulis secara detail memang sangat penting untuk blogmu karena memberikan informasi sebanyak-banyaknya untuk pembacamu. Namun, sebenarnya dengan banyaknya detail yang kamu terapkan dalam menulismu akan membuat kontenmu menjadi hambar dan kaku. Kamu akan membuat pembacamu terlalu bosan karena isi konten yang terlalu ngejelimet.

Membuat konten dengan gaya menulis artistik dapat membuat kontenmu lebih menarik. Selektif terhadap detail menulismu akan mempengaruhi gaya menulismu. Oleh karena itu, kamu hanya perlu menerapkanlah beberapa detail saja, dengan begitu tulisanmu akan terlihat lebih hidup.

Baca juga: Manfaat Domain Rating untuk Mendukung Perkembangan Blogmu

3. Manfaatkan Analogi

Salah satu cara untuk dapat menambahkan tekstur, karakter dan persuasif yang kuat untuk penulisanmu ialah menggunakan analogi-analogi yang menarik. Perumpamaan dan kata kiasan akan membuat kontenmu menjadi lebih artistik karena pembaca dapat menafsirkan kata – kata secara lebih luas.

Saat menggunakan analogi, kamu harus memperhatikan cerita dan poin yang menarik yang dapat menambah nilai seni pada kontenmu. Dengan memperhatikan hal itu, kamu dapat menjaga kestabilan kontenmu agar tidak keluar jalur dan gaya penulisan artistikmu tidak terganggu. Selain itu, kamu dapat mengutip quotes yang menarik untuk dapat memperkuat pesan dan kesan isi kontenmu.

4. Pemeriksaan struktur kalimat

Setelah menulis, hal yang harus kamu lakukan adalah editing, kamu harus memperhatikan keseluruhan penulisanmu agar isi kontenmu tidak berantakan. Singkirkanlah kata-kata yang tidak perlu serta pemeriksaan typo supaya pembaca tidak akan pusing ketika membaca kontenmu. Membongkar kembali struktur kalimat dapat membantu menciptakan gaya penulisan artistik, cobalah memangkas kalimat tanpa menghilangkan makna kalimat tersebut.

Tidak peduli seberapa besar kemampuan menulis writer dan editor, pemeriksaan harus tetap dilakukan untuk menghindari kesalahan yang tidak diinginkan. Ketika kamu sudah berpengalaman, kamu akan mampu mengetahui banyaknya kesalahan dalam satu pemeriksaan. Dengan demikian, revisi yang kamu terima akan menjadi pembelajaran untuk penulisan-penulisanmu selanjutnya.

5. Menulis setiap hari

Apabila kamu ingin menjadi penulis yang handal, maka menulislah setiap hari. Pada masa awal memulai sebuah blog, tentunya sangat sulit untuk dapat konsisten menulis setiap hari karena terkadang kamu merasakan stuck dalam menulis. Namun, sebenarnya kamu harus tetap menulis setiap hari untuk bereksperimen, kamu tidak perlu melakukan publish untuk semua penulisanmu. Buatlah sebuah draft atau section konten yang akan kamu publish suatu hari nanti.

Ketika kamu menulis setiap hari, otakmu akan terbiasa untuk berpikir lebih cepat dan akan memberikanmu ide-ide dan cerita yang menarik. Dengan begitu, kamu akan menjadi lebih kreatif dan gaya menulismu menjadi lebih artistik. Habiskanlah waktumu dengan membentuk dan menyempurnakan pekerjaanmu, maka pengembangan dirimu akan menjadi jauh lebih baik.


Gaya menulismu akan mempengaruhi isi kontenmu. Banyaknya blogger terkenal dengan gaya penulisan yang unik, merupakan bukti bahwa gaya penulisan sangat penting untuk perkembangan blogger. Oleh karena itu, ciptakanlah gaya penulisan yang artistik dan kreatif sehingga mampu membawamu menjadi blogger yang ternama suatu hari nanti.

Sumber gambar: The Independent Publishing Magazine, getunbound, MovidagraficaThe Center For Vision DevelopmentCommand GroupWestman Editorial.

Related Posts

Site Menu