Amaravati

Cara Membuat Tampilan Blog yang Estetis

Saya salah satu blogger yang tergabung dalam komunitas C2live.com

Si Blogger Pemula

Tiga tahun lalu, ketika “hijrah” dari penulis konvensional (baca: cerpenis koran) ke ranah digital, saya bahkan tidak tahu Klout Score itu apa. Saya tidak tahu bahwa blog bisa dimonetisasi. Tidak tahu ada fasilitas bernama Google Analytics. Saya hanyalah kanvas kosong, blogger pemula yang hanya punya satu senjata untuk survive: haus akan ilmu.

Berkat bimbingan dari para punggawa di komunitas Fun Blogging dan para blogger senior yang tabah membagikan tip dan trik blogging, hari ini saya bisa dengan bangga mengaku sebagai blogger.

Sama seperti blogger lain, saya pun berproses dari yang tadinya cuma keren menjadi keren banget, eh, dari yang tadinya tidak tahu apa-apa menjadi sedikit lebih tahu. Progres yang paling mudah dilihat adalah pemahaman saya tentang estetika atau tampilan blog. Meskipun punya basic skill sebagai desainer grafis, bukan berarti mudah bagi saya untuk bebenah tampilan blog sendiri. Tapi proses yang tidak mudah itu menampakkan hasil yang sepadan. Pembaca mulai berdatangan, sesekali menang lomba, dan beberapa brand mulai menawarkan kerja sama.

Saya lupa sudah berapa puluh kali berganti template blog, metamorfosisnya bisa Anda saksikan melalui gambar di bawah ini. Gambar nomor empat akan membuat Anda tercengang.

Amaravati

Pilar Utama Blogging

Menurut Internetlivestats.com,  hingga Juni 2018 ada 1.888.198.554 situs web di seluruh dunia dan 1.037.702 blog postditulis per hari ini (23 Juni 2018). Satu juta blog post per hari, bukan lagi puluhan atau ratusan ribu, dan angka itu terus bertambah SETIAP DETIK.

Dengan jutaan artikel yang ada di dunia per harinya,  bagaimana blog kita bisa stand out in a crowd? Bagaimana blog kita terus bertahan di tengah “amuk badai” perkembangan dunia digital? IMO, kita tidak punya pilihan selain terus berevolusi dan berinovasi. Terus mengembangkan kualitas konten, kualitas blog, dan -tentu saja- kita sendiri sebagai pemiliknya. Itulah yang saya lakukan selama tiga tahun ini.

Related Posts

 
Site Menu