Meningkatkan Page Authority

Ingin Meningkatkan Skor Page Authority Lamanmu? Coba Dulu 3 Cara Berikut!

Adalah sesuatu yang wajar bagi para blogger jika mereka memiliki keinginan untuk meningkatkan Page Authority (PA) laman-laman konten yang dimiliki. Mungkin, kamupun juga memiliki impian yang sama. Sebab, akan menjadi suatu kebanggaan bagi kamu apabila laman artikelmu bisa muncul di deretan atas Search Engine Result Page (SERP), bukan? Karena dengan mendapat urutan teratas halaman pencarian, artinya laman kontenmu memiliki popularitas yang tinggi.

Bagi kamu yang memonetisasi blog, memantau nilai Page Authority dari tiap laman yang kamu miliki secara rutin juga bisa sangat membantu untuk menentukan apakah strategi pemasaran inbound yang kamu gunakan sudah efektif atau belum. Kamu bisa membandingkan laman yang memiliki skor otoritas rendah dengan yang skornya tinggi, lalu menganalisa variabel apa yang membuat keduanya menghasilkan penilaian otoritas berbeda.

Nah, mengetahui sebegitu pentingnya penilaian tersebut, bagaimana sebenarnya cara meningkatkan Page Authority bagi laman-lamanmu supaya mendapatkan skor yang lebih tinggi dari sebelumnya? Berikut tiga cara yang bisa kamu coba:

Mendapatkan tautan eksternal dari higher authority

Meningkatkan Page Authority

Salah satu cara paling efektif untuk meningkatkan Page Authority lamanmu adalah dengan mendapatkan identitas yang lebih kredibel di mata metrik penilaian yang kamu pakai. Ini dapat dilakukan dengan mendapatkan tautan eksternal (external link) dari laman/domain yang memiliki nilai otoritas lebih tinggi. Tindakan ini akan dilihat sebagai votes of confidence terhadap otoritas lamanmu, sehingga skor otoritasnya bisa lebih meningkat.

Apa yang dimaksud dengan mendapatkan tautan eksternal? Ini terjadi ketika suatu laman menyertakan tautan artikelmu dalam post-nya. Mudahnya seperti ini… Jika suatu situs menautkan link artikelmu pada blog post-nya, maka audiens dari blog tersebut akan terekspos dengan informasi terkait blogmu. Dengan mendapatkan informasi mengenai blogmu, kumpulan audiens tersebut bisa saja tertarik untuk mengetahui lebih lanjut mengenai blogmu. Ini akan membawa traffic baru bagi blogmu. Semakin tinggi nilai otoritas laman situs tersebut, maka akan semakin tinggi pula kemungkinan bagi lamanmu untuk mendapat traffic yang lebih besar.

Pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana cara mendapatkan tautan eksternal tersebut. Setidaknya ada 3 langkah sederhana yang bisa kamu lakukan, di antaranya adalah:

  • Buatlah konten yang berkualitas
    Menurutmu, apa alasan utama orang-orang mau membagikan tulisan orang lain melalui platform yang mereka miliki? Paling tidak, artikel yang dibagikan tersebut adalah sesuatu yang menghibur. Namun lebih dari itu, biasanya orang-orang membagikan suatu artikel karena tulisan yang terdapat di dalamnya bisa menginspirasi dan memberikan manfaat bagi para pembacanya. Dengan kata lain, tulisan tersebut memiliki kualitas yang membuatnya kayak untuk dibagikan.Jadi, tulislah konten-konten yang berkualitas agar situs-situs lain mau berbondong-bondong membagikan tautan artikelmu.
  • Promosikan tulisanmu melalui media sosial
    Di era perkembangan digital yang kompetitif ini, kamu tidak akan mendapatkan apa-apa jika tidak banyak upaya juga yang kamu kerahkan. Dengan kata lain, menulis artikel yang powerfull tidaklah cukup. Kamu perlu juga untuk secara aktif menyebarkannya melalui media sosial. Dengan begitu, situsmu akan mendapat lebih banyak eksposur, sehingga memungkinkan orang-orang untuk menyambanginya dan menautkan laman post-mu pada situsnya.
  • Berikan external link terhadap post dari situs lain juga
    Kata orang, perbuatan baik akan membuahkan pahala. Memang, kita tidak bisa berharap secara naif kalau setiap perbuatan baik kita akan mendapatkan balas budi. Namun, jika kamu mau bermurah hati untuk rajin-rajin memberikan eksternal link bagi postingan-postingan situs lain, situs-situs tersebut akan menyadari tindakanmu dan tidak akan segan-segan untuk melakukan hal yang sama untuk situs milikmu juga.
  • Melakukan guest-posting
    Tidak bisa dipungkiri bahwa ini merupakan salah satu cara yang paling jitu untuk mendapatkan external link. Sebab, dengan melakukan guest-posting, kamu bisa menyertakan tautan laman situsmu pada situs milik orang lain. Selain itu, guest-posting juga sangat bermanfaat untuk meningkatkan brand awareness akan situsmu dengan memanfaatkan pool of audiens dari situs lain.

Hadirkan konten berkualitas dengan relevansi yang kuat

Meningkatkan Page Authority

Konten merupakan senjata utamamu untuk mendapatkan skor otoritas yang tinggi. Jika kamu mampu membuat konten yang berkualitas dan fresh, tentu lamanmu akan mendapatkan skor yang lebih tinggi dibandingkan dengan laman konten dengan kualitas normal. Tidak hanya itu, konten yang kamu tulis juga perlu mengulas topik yang relevan dengan citra blog yang ingin kamu bangun. Tentu saja, semua itu perlu kamu lakukan secara rutin.

Semakin tinggi kualitas konten yang kamu hasilkan, maka akan semakin tinggi pula kemungkinan artikel tersebut untuk dibagikan dan dikomentari oleh para pembaca. Ini artinya, semakin besar pula kemungkinan situs lain untuk memberikan external link bagi laman artikelmu.

Supaya kamu bisa lebih yakin bahwa konten yang kamu keluarkan berkualitas, cobalah untuk mempertimbangkan beberapa hal berikut:

  • Pastikan konten yang kamu sajikan menarik, berguna, dan bermanfaat
    Banyak blogger menggunakan blog sebagai media untuk curhat dan menuliskan konten dengan latar belakang iseng-iseng belaka. Tidak ada salahnya, namun kamu tidak bisa mengharapkan skor Page Authority yang tinggi hanya dengan melakukan hal tersebut.Jika konten yang kamu tulis tidak memberikan kesan yang powerfull bagi para pembacamu, maka jangan heran jika tidak banyak pengunjung yang datang menyambangi blogmu sehingga skor Page Authority-mu rendah. Jika kamu benar-benar ingin meningkatkan skor Page Authority lamanmu, hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah membuat konten yang memiliki manfaat relevan sesuai dengan target audiensmu. Dengan begitu, mereka akan tertarik membaca, bahkan membagikan alamat tautan konten yang kamu sajikan.
  • Tulislah konten yang mudah dicerna
    Ketika kamu menulis konten yang menarik dan berguna bagi pembaca, jangan lupa pula untuk selalu mengemasnya dengan menggunakan penyampaian yang mudah dicerna. Walaupun kamu sudah memiliki pool of audience tersendiri dengan ulasan-ulasan blogmu yang niche , ingatlah bahwa tulisan yang mudah dicerna akan selalu diminati pembaca dan lebih bisa merangkul lebih banyak audiens.Coba bayangkan, kalau kamu terus-terusan menulis ulasan topik yang ngejelimet dan menggunakan banyak jargon spesifik, pembaca yang sudah biasa dengan topik tersebut pun bisa saja jadi enggan karena sudah terlalu penat dengan kesibukan harian lainnya. Kalau sudah begitu, boro-boro pembaca yang masih awam akan betah, ia mungkin akan merasa bingung dan malah memutuskan untuk pergi dari lamanmu karena merasa tidak mendapatkan insight dari tulisanmu yang rumit.

    Lalu, apa yang perlu kamu lakukan supaya kontenmu lebih mudah dicerna oleh pembaca? Mudah saja. Selain menggunakan bahasa yang sederhana untuk menyampaikan pesanmu, kamu bisa membagi tulisan menjadi paragraf-paragraf kecil dan memberi pembabakan menggunakan header. Sebab, paragraf yang terlalu panjang dan padat akan membuat pembacamu cepat lelah. Selain itu, kamu juga bisa menyematkan elemen visual untuk menghidupkan tulisanmu agar tidak terkesan monoton. Dengan begitu, tulisanmu tidak akan berupa wall of text saja.

  • Update konten secara reguler
    Google selalu melakukan update dengan mencari konten-konten terbaru dan relevan untuk ditampilkan pada SERP demi memenuhi query penggunanya. Artinya, meng-update konten-konten situsmu secara reguler merupakan rutinitas yang tidak boleh kamu lupakan.Tiap laman-laman konten dari situsmu memang memiliki nilai otoritasnya masing-masing. Namun jika situsmu yang merupakan root domain rajin update, ini tentunya akan membantu meningkatkan skor Page Authority laman-laman kontenmu.

Baca juga: Mengenal Lebih Jauh Page Authority: Mekanisme Penilaiannya dan Cara Mengukurnya

Gunakan gambar dalam tulisan-tulisan kontenmu

Meningkatkan Page Authority

Seperti yang sudah dipaparkan sebelumnya, menyematkan gambar pada teks bisa membantu membuat tulisanmu mudah dicerna. Namun di sisi lain, menggunakan gambar pada tulisan kontenmu juga bisa membantu meningkatkan Page Authority lamanmu karena:

  • Membuat kontenmu lebih shareable
    Para pembaca di luar sana memiliki kecenderungan untuk lebih banyak membagikan konten visual dibandingkan konten teks. Bahkan, mungkin kamu juga merupakan salah satu di antaranya. Kembali lagi, ini juga disebabkan karena konten visual menyebabkan informasi post-mu lebih mudah dicerna secara keseluruhan.Di sisi lain, penggunaan featured image juga akan membuat kontenmu lebih eye catching ketika dibagikan melalui social media. Pasalnya, featured image yang kamu gunakan akan muncul sebagai thumbnail dari post yang dibagikan tersebut. Apalagi jika kamu menggunakan gambar yang clickbaity, pasti akan lebih banyak lagi pembaca yang tertarik untuk mengunjungi laman post-mu.
  • Membantu meningkatkan SEO
    Menggunakan gambar pada tulisan konten bisa meningkatkan performa SEO-mu. Ini bisa dilakukan dengan cara menuliskan keyword yang kamu gunakan pada kolom Alt Text yang ada pada properti gambar yang kamu gunakan. Dengan memasukkan keyword ke dalam Alt Text tadi, gambar yang kamu gunakan akan bisa diidentifikasi oleh Google, sehingga mesin pencariannya akan bisa meng-asses konten gambarmu ke kategori pencarian yang paling relevan.Karena itu, pastikan kamu menggunakan kata kunci yang kuat baik untuk text maupun gambar yang kamu gunakan. Hal ini ditujukan supaya gambar-gambar yang kamu gunakan pun juga akan lebih mudah ditemukan melalui mesin pencarian Google. Dengan begitu, lamanmu bisa mendapat lebih banyak eksposur, yang nantinya juga akan menyumbang pada peningkatan skor Page Authority.

Apapun tujuan blogging-mu, jika kamu tetap ingin blogmu ramai dikunjungi, kamu perlu memastikan bahwa lamanmu bisa menarik lebih banyak traffic dari waktu ke waktu. Untuk mengetahui apakah laman-lamanmu bisa muncul di urutan teratas SERP, kamu perlu mengetahui dulu skor Page Authority dari masing-masing lamanmu.

Dengan mengetahui informasi-informasi tersebut, kamu jadi tahu di mana posisi konten-kontenmu jika dibandingkan dengan konten-konten pesaing lainnya. Dengan begitu, kamu jadi bisa menentukan konten-konten mana saja yang perlu di-improve guna meningkatkan Page Authority dari laman-laman terkait.

Kalau kamu mengetahui cara lain untuk meningkatkan skor Page Authority selain yang sudah dipaparkan di atas, jangan segan-segan untuk membagikannya di kolom komentar, ya. Siapa tahu, sharing dari kamu bisa jadi pembelajaran berharga bagi kawan-kawan blogger lainnya!

Sumber gambar: onpageoptimized, thietkewebchuanseo, rangs.

Related Posts

Site Menu