review produk

Semakin Penting, Bagaimana Sih Caranya Menulis Review Produk yang Baik?

Tahukah kamu, apa saja yang menarik kepercayaan dan minat customer pada sebuah brand?

Selain iklan yang kreatif ataupun promo yang menarik, ada lagi satu hal yang sangat menentukan saat orang akan membeli suatu barang atau jasa dari sebuah brand. Hal itu adalah review produk. Tapi, apa sih review produk itu?

Review produk adalah ulasan atau testimoni pengguna mengenai kualitas suatu produk atau jasa. Review produk terbukti masih dianggap relevan oleh pembeli, berdasarkan riset Search Engine Land pada tahun 2013, 79% pembeli masih mempercayai review produk online!

Nah, karena sangat penting, ada baiknya kalau kamu tahu cara membuat review produk yang baik dan benar. Yuk, simak tips-tips berikut supaya kamu nggak bingung saat harus menulisnya!

1. Lakukan Riset Sebelum Menulis Review Produk

review produkBagaimana caranya kamu bisa menulis review produk yang baik kalau kamu nggak tahu barang apa yang ingin kamu ulas?

Luangkan waktumu untuk meriset barang, bandingkan produk pilihanmu dari satu situs ke situs yang lainnya. Bukan hanya deskripsi produk dari penjual ya, tapi juga review dari pembeli. Tapi, akan lebih baik lagi kalau kamu membeli barang tersebut dan mencobanya sendiri secara langsung. Menulis review produk dijamin akan menjadi lebih mudah.

Kenapa bisa begitu? Selain karena kamu mengalami sendiri pemakaian produknya, kamu bisa tahu kelebihan dan kekurangan produk yang akan ditulis pada review produkmu. Alhasil, kamu akan menghasilkan satu ulasan yang kredibel dan genuine.

Hal tersebut bisa berpengaruh baik; Bukan cuma pada calon pembeli produk, tapi juga bagi kamu sebagai penulis! Jangan sampai kamu mempromosikan produk yang sebenarnya memiliki kualitas buruk hanya karena kurang riset mengenai produk itu, ya!

2. Ulas Produk Sesuai Demografi Pembaca

Setiap blog atau situs tentu punya demografi pembaca yang berbeda-beda. Ada yang mayoritas pembacanya kalangan pelajar, ada yang kaum pekerja, ada blog untuk ibu rumah tangga, ada juga yang menyasar demografi lain seperti penggiat teknologi atau penyuka seni.

Mengenali siapa yang akan membaca review produkmu itu penting, jadi pastikan kamu mengulas produk yang relevan bagi mereka. Jika demografi pembacamu adalah pelajar, maka tuliskan kelebihan produk tersebut bagi seorang pelajar. Gunakanlah sudut pandang pembacamu, dan cari tahu kebutuhan mana saja yang bisa dipenuhi oleh produk yang sedang kamu ulas.

Pembaca menyukai review produk dari blog karena mereka menganggap blogger mampu mewakili sudut pandang dan kebutuhan mereka. Jadi jangan sampai kecewakan pembacamu dengan cara menulis review produk secara sembarangan dan enggak mewakili kebutuhan mereka.

3. Siapkan Kerangka Review Produk Sebelum Menulis!

review produkSeperti tulisan pada umumnya, kerangka tulisan juga penting saat menulis review produk, lho! Jangan lupa menulis intro atau pengenalan terhadap produk di awal ulasan. Dan sekali lagi, jangan lupakan demografi target audience produkmu. Untuk siapa review ini dibuat? Berapa kisaran umur dan demografis mereka?

Setelah itu, jangan lupa menuliskan fitur produk secara mendetail, spesifikasi barang sangat penting pada review produk. Pembacamu harus mengetahui dengan jelas barang apa yang ingin (atau akan) mereka beli.

Bukan hanya opinimu saja, kamu juga bisa menambahkan ulasan dari sudut pandang orang lain soal produk yang sedang kamu ulas. Ini membuat ulasanmu terlihat lebih terpercaya.

Lalu, sertakan juga cara memakai barangnya, ya. Kalau perlu, buat langkah step by step yang mudah dimengerti oleh pembaca. Sambung kerangka review produk dengan merincikan kelebihan dan kekurangan produk. Kemudian, tutup ulasanmu dengan harga produk yang diulas dan sebuah kesimpulan singkat mengenai produk. Jangan membuat kesimpulan produk terlalu panjang, ya. Cukup masukkan poin-poin penting saja seperti kualitas barang secara keseluruhan, harga barang, dan untuk siapa produk tersebut direkomendasikan.

4. Tambahkan Konten Visual di Review Produk

review produkSiapa yang nggak suka dengan konten visual? Selain menarik, konten visual juga membuat informasi lebih mudah dipahami, lho! Jadi, jangan lupa untuk memambahkan beberapa konten visual dalam artikel ulasan produkmu.

Review yang kamu buat nggak harus berupa tulisan saja, kamu juga bisa membuatnya lebih interaktif dengan ulasan video, menambahkan gambar bergerak (.gif), atau menambahkan infografis. Kalau kamu memutuskan untuk memakai video, jangan lupa tuliskan ‘video’ pada headline-mu, ya!

Selain untuk mempermudah penyampaian informasi, penggunaan konten visual juga salah satu cara mereview produk yang enggak monoton. Jadi, layak banget untuk kamu coba!

Baca juga: Ingin Menulis Artikel Review dengan Lebih Baik? Simak Tipsnya dari Monica Anggen!

5. Proofread, proofread, proofread!

review produkNggak ada yang lebih penting dari memastikan tulisanmu bebas dari typo dan kesalahan ejaan sebelum mempublikasikannya. Kalau kamu menulis product review bahasa Inggris, kamu bisa menggunakan tools menulis gratis untuk mengecek kesalahan ejaan dan tata bahasa. Meminta teman yang bisa dipercaya untuk melakukan proofread dan editing tulisanmu juga jadi pilihan baik, lho.

Kalau tulisanmu saja berantakan, struktur kalimatnya membingungkan, dan banyak typo, kredibilitasmu di mata pembaca akan menurun. Dampaknya, pembaca enggak akan menganggap serius hasil ulasan produkmu. Sayang banget kan?

6. Jangan Ragu Sampaikan Kekurangan

review prouk

Salah satu cara menulis review produk yang dipercaya pembaca adalah menyampaikan informasi dengan lengkap, termasuk soal kekurangan suatu produk. Sering kali, blogger hanya mengulas kelebihan atau keunggulan suatu produk, namun mengabaikan kekurangannya. Hal ini tentu perlu kamu hindari.

Pastikan kamu menyampaikan segala hal yang perlu diketahui oleh pembaca. Jangan sampai kredibilitasmu tercoreng hanya karena pembaca merasa kamu menyembunyikan kekurangan suatu produk.

Meskipun begitu, pastikan juga kamu menyampaikan kekurangan produk tersebut dengan bahasa yang halus dan tetap sopan. Jangan sampai juga kamu justru berkesan menjelekkan suatu produk tertentu, karena hal itu juga dianggap negatif, baik oleh pembaca maupun oleh brand.

7. Promosikan Tulisanmu

review produkKamu kira semua selesai setelah memencet tombol publish? Salah!

Promosi tulisan juga penting agar orang-orang bisa tahu soal keberadaan review produkmu. Untuk itu, kamu harus membuat artikelmu shareable, mempromosikan artikel lewat media sosial seperti Facebook dan Twitter, serta melakukan guest blogging bisa jadi salah satu alternatif.

Baca Juga: Fakta-Fakta Google yang Menarik untuk Diketahui


Menguasai cara menulis review produk adalah krusial yang wajib dikuasai seorang blogger. Karena memang, review produk pada sebuah blog seringkali dijadikan referensi oleh calon pembeli sebelum mereka memutuskan untuk membeli suatu produk.

Nah, sekarang kamu tahu kan bagaimana cara menulis review produk yang baik? Jangan bingung lagi saat harus menulis ulasan, ya. Pastikan ulasan produk yang kamu tulis punya informasi yang lengkap, ulasan yang kredibel, serta mampu menyoroti hal-hal yang jadi kebutuhan pembacamu!

Dan jangan lupa, kalau kamu butuh tips menulis lainnya, yuk, baca berbagai artikel lainnya di blog C2live.

Sumber gambar: Startup Stock PhotosPixabay, PixabaySkatearea, geralt.

Related Posts

Site Menu