Jadikan Catatan Perjalananmu Lebih Asyik Seperti 5 Blogger Ini

Saya salah satu blogger yang tergabung dalam komunitas C2live.com

Generasi milenial adalah generasi yang biasa dicirikan dengan hobi melakukan perjalanan. Apakah kamu salah satunya? Yang sering atau memang hobi jalan-jalan? Baik melakukan perjalanan sendirian atau bersama teman? Ditambah dengan adanya sosial media yang membuat lebih gampang mencari tempat wisata. Dengan menggunakan hashtag pada Instagram, dalam sekejap informasi pun langsung tersedia. Kemudahan itu pun yang membuat semakin banyak pelancong dari berbagai kota Indonesia untuk melakukan perjalanan baik dalam maupun di luar Indonesia. Kemudahan perjalanan pun didukung dengan tekhnologi yang semakin canggih. Mudahnya memesan hotel, mudahnya memesan tiket, dan mudahnya memesan transportasi online yang menyebabkan orang-orang tidak terlalu kaku saat melakukan perjalan.

Namun, perjalanan yang seperti apa yang perlu didokumentasikan? Meski hanya perjalanan ke taman kota atau ke alun-alun kota, jangan lupa untuk dokumetasikan dalam sebuah tulisan. Hal tersebut akan merekam jejakmu dalam sebuah ranah dan tentu saja bisa membagikan informasi perjalanan kamu kepada orang lain serta membuat mereka tahu bahwa tempat yang kamu kunjungi pun tak kalah asyik dengan tempat wisata baru. Jangan lupa juga gali ide cerita agar tulisan perjalananmu lebih unik dari biasanya. Mungkin jajanan yang hanya ada di kota itu, spot lucu untuk foto, atau keunikan lainnya yang membuat kamu ingin mengenalkannya pada temanmu.

Dalam membagikan tulisan perjalananmu, narasikan tulisanmu dengan rinci agar tulisanmu memberikan sisi informatif pada pembaca. Dengan begitu, pembaca akan tahu berapa waktu yang dibutuhkan untuk ke tempat tujuan, transportasi yang dipakai, atau bahkan uang yang kamu habiskan untuk melakukan perjalanan itu. Lalu tulislah dengan bahasa yang komunikatif agar tulisanmu bisa mempengaruhi pembaca agar pembaca mempunyai keinginan untuk bepergian juga.

Tapi, hal-hal tersebut terkadang masih belum cukup. Lalu, bagaimana cara membuat penulisan catatatan perjalanan yang bagus? Apakah yang membuat orang tidak bosan dan mampu membaca sampai akhir cerita? Atau bahkan shareable agar bisa dibagikan pada orang terdekat mereka? Untuk melihat catatan perjalanan yang disebut sebelumnya, kamu bisa melihat catatan perjalanan dari 5 blogger ini.

Marischka Prudence

Catatan Perjalanan

Sumber: marischkaprudence.blogspot.com

Pemilik blog dengan laman marischkaprudence.blogspot.com ini tidak asing, ya. Ia adalah blogger perempuan yang hobi jalan-jalan ke laut dan pantai. Dalam penulisan catatan perjalanan ia membuat pembaca merasa excited dengan ceritanya. Bahkan foto-fotonya sangat berwarna dan memanjakan mata. Kamu bisa belajar dari blog ini dari sisi kelengkapan informasinya dan bagaimana ia mengambil foto perjalanannya.

Catatan backpacker

Catatan Perjalanan

Sumber: catatanbackpacker.com

Kamu dapat melihat dan membaca catatan perjalanan oleh Yudha pada laman blog catatanbackpacker.com. Dalam menulis catatan perjalanan ia mendeskripsikan dan menjelaskan hal yang rinci mengenai apa yang ia lihat dan yang ia rasakan. Ia juga sertakan foto pendukung. Jika kamu mempunyai pengalaman perjalanan yang ingin kamu tuliskan, kamu bisa kunjungi blog ini dan mempelajari gaya penulisannya yang komunikatif. Jadi pembaca pun tak bosan karena penggunaan bahasa yang mudah dimengerti. Jika kamu sering melakukan perjalanan dengan gaya backpacker, kamu bisa belajar dari tulisan Yudha.

Agustinus Wibowo

Catatan Perjalanan

Sumber: agustinuswibowo.com

Kamu suka jalan-jalan ke tempat yang berbeda atau bahkan tempat konflik? Atau ke tempat eksotis? Atau perjalanan untuk menggali makna? Dalam blog ini, ia menuliskan bahwa suatu catatan perjalanan harus ditulis dari sisi yang berbeda. Untuk menulis yang berbeda, penulis harus sering berkomunikasi dengan warga langsung, dan melihat suatu hal dari sisi pandang warga. Sehingga bisa memberikan tulisan yang mempunyai unsur kedekatan dengan pembaca yang nantinya pembaca bisa mendapatkan informasi dari sisi berbeda yang biasanya penulis lain tidak ungkapkan. Blogger ini dikenal sebagai author buku berbagai catatan perjalanan, yakni “Selimut Debu”, “Garis Batas”, dan “Titik Nol”. Kamu bisa mengunjungi dan belajar banyak mengenai catatan perjalanan di laman agustinuswisbowo.com.

Baca juga: 6 Travel Blogger Keren yang Hobi Bereksplorasi dan Mengelilingi Dunia

Alambudaya

Catatan Perjalanan

Sumber: cnnindonesia.com

Ketika kamu berkunjung dalam blog Barry Kusuma dengan alamat alambudaya.com, kamu akan disuguhi dengan tulisan naratif yang menggambarkan alam dan budaya Indonesia. Tulisannya sangat rinci dan mengeksplor keindahan alam dan budaya dari tempat-tempat yang dikunjunginya. Biasanya, tulisan tersebut juga dipadukan dengan tidak hanya foto namun juga video yang ia rekam sebagai vlog. Jika kamu mempunyai pengalaman perjalanan mengenai alam budaya Indonesia, kamu jangan sungkan untuk mengunjungi blog ini dan mempelajari gaya penulisannya.

Catperku

Catatan Perjalanan

Sumber: catperku.com

Catperku adalah akronim dari “catatan perjalananku”. Fahmi, pemilik travel blog yang satu ini, biasa menuliskan catatatan perjalannya dengan sangat rinci, bahkan seperti skripsi. Jika kamu ingin menghasilkan tulisan serinci catperku.com kamu bisa lihat catatan perjalan yang ia tulis saat ia ke Jepang dengan judul “Itinerary Liburan ke Jepang-Osaka-Kansai Gastronomy and Culinary Exploration”. Dalam tulisannya juga terdapat video untuk lebih mendesripsikan perjalananya. Jika ingin catatan perjalananmu dilihat banyak pembaca, kamu bisa kunjungi laman catperku.com. Karena catatan perjalana yan ia tulis dalam blognya pun selalu dibagikan oleh pembacanya lebih dari berpuluh-puluh.


Dari kelima blogger diatas, kamu bisa memilih untuk bagaimana catatan perjalanamu akan ditulis. Apakah seperti Barry Kusuma yang melengkapi tulisannya dengan video yang ciamik, atau seperti Catperku yang memang menuliskan catatan perjalanan dengan itinerary miliknya, atau dengan gaya bahasa yang ringan seperti Catatanbackpacker? Atau memilih seperti Agustinus Wibowo yang menuliskan catatan perjalan bukan hanya secara rinci tapi lebih dalam dengan menggali makna di balik perjalanannya? Atau seperti Marischka yang dilengkapi dengan foto-foto mempesona?

Setiap blogger mempunyai gayanya masing-masing dalam menuliskan perjalananya. Bahkan dari tempat tujuan pun berbeda. Ada yang memang lebih suka eskplor di dalam negeri dan ada yang lebih suka eksplor ke luar negeri. Namun dari semua blogger tersebut kesamaan mereka yakni mereka menuliskan perjalanan mereka pada sebuh tulisan yang dilengkapi dengan foto dan atau video serta dengan penulisan yang mengandung 5W dan 1H.

Ayo belajar dari salah satu blogger di atas dalam menuliskan catatan perjalanan, agar catatan perjalananmu pun akan lebih asyik dibaca oleh pembaca, dan pembaca pun ingin membagikannya. Jika kamu rajin, mungkin saja ada penerbit yang melirik untuk dijadikan sebuah naskah buku. Dengan begitu, tidak hanya melaui blog saja tulisanmu dapat dibaca, tapi melalui media lainnya.


Artikel ini pertama kali di Catatan Angkara.

Bila kamu juga ingin membagikan artikel kamu di C2live, segera hubungi putra@c2live.com.

Related Posts

 
Site Menu