pemenang lomba blog

Belajar dari 5 Artikel Pemenang Lomba Blog

Gilang is a young Indonesian Content Writer. He has huge interest to social issues, digital marketing, and pop cultures.

Kamu sering ikut lomba blog namun sejauh ini belum pernah berhasil menjuarai suatu lomba blog? Mungkin, ada baiknya kamu meluangkan waktu untuk mempelajari artikel blogger-blogger yang sudah berhasil menjadi pemenang lomba blog.

Hal ini cukup penting agar kamu memiliki referensi dan bahan evaluasi artikel-artikelmu. Sehingga artikelmu bisa terus berkembang, dan peluangmu menjadi pemenang lomba blog pun semakin besar.

Untuk membantumu, C2live merangkum beberapa artikel pemenang lomba blog yang layak kamu jadikan referensi menulis. Ingin jadi blogger juara, kan? Yuk belajar dari mereka!

1. Vania Samperuru – Pemenang Lomba Blog DetikTravel dan Tiket.com

Vania Samperuru adalah pemenang lomba blog yang diadakan oleh DetikTravel dan Tiket.com. Lewat artikel yang berjudul “Surga Kecil di Dataran Tinggi Tana Toraja”, Vania memang layak menjadi juara. Ada beberapa strong point yang menjadi keunggulan artikel Vania:

  • Secara penulisan, artikel Vania sangat rapi dan runut. Tidak ditemui adanya typo. Meskipun cukup panjang, alur penceritaannya enggak membingungkan
  • Meski berfokus pada Tana Toraja, Vania mengulas banyak sudut pandang. Mulai dari arsitektur, kuliner, hingga hasil kerajinan tangan setempat. Sangat informatif.
  • Penggunaan foto yang memikat. Tone warna yang dipilih mampu menghidupkan suasana Tana Toraja.
  • Penempatan placement product yang jeli, sehingga enggak mengganggu kenyamanan pembaca umum meskipun artikel ini ditujukan sebagai artikel lomba.

2. Joe Candra – Juara Lomba Blog Moladin

Joe Candra, mengemas pengalaman mudik dari Jogja menuju Situbondo menjadi sebuah artikel lomba yang berkesan. Ia memadukan informasi perjalanan mudik tersebut dengan berbagai tips safety ride sesuai tema lomba dari Moladin. Enggak hanya itu, ia pun menghias blog dan artikelnya dengan elemen visual, sehingha semakin layak untuk menjadi pemenang lomba blog.

  • Joe sangat memperhatikan unsur estetika. Desain layout blog sangat rapi dan nyaman di mata pembaca. Penambahan animasi-animasi di artikel membuat artikel lebih hidup.
  • Informasi yang disampaikan sangat mendalam dan mengambil contoh nyata, yaitu pengalaman mudik Jogja-Situbondo. Ia jeli mengembangkan artikel sesuai tema yang diminta.
  • Beberapa informasi dikemas dalam bentuk gambar; membuat tulisannya tetap mudah dipahami dan lebih ringkas.
    Desain dan warna yang digunakan dibuat mirip dengan warna brand Moladin selaku penyelenggara lomba, sehingga menambah keunikan yang positif.
  • Informasi tentang layanan Moladin dan promo Ramadhan disertakan tanpa berkesan hard-selling, sehingga enggak membuat pembaca risih.

Baca juga: 7 Tips Menjadi Langganan Juara Lomba Blog

3. Muhammad Irfan – Juara IDN Times Blog Review Competition

Beberapa waktu lalu, IDN Times mengadakan Blog Review Competition, di mana Irfan keluar sebagai juara dengan artikel berjudul “IDN Times, Surganya Para Millennial Dan Gen Z Agar Tetap Update Sepanjang Hari”.
Ada beberapa hal positif yang bisa kamu pelajari dari artikel milik Irfan itu. Sehingga bisa kamu terapkan di artikel lombamu, agar peluang menangmu semakin terbuka lebar.

  • Informasi yang ia sampaikan sangat lengkap. Mulai dari karakteristik generasi menurut jenis media, kelebihan dan keunggulan IDN Times, hingga penjelasan singkat mengenai profil IDN Times itu sendiri.
  • Gaya bahasa yang ringan. Sehingga, meskipun panjang dan padat informasi, artikelnya sama sekali enggak terasa membosankan.
  • Format Listicle yang digunakan memang menjadi senjata ampuh untuk mengatasi attention span pembaca zaman sekarang yang sangat pendek.
  • Penambahan gambar di setiap list juga efektif, sehingga mata pembaca enggak lelah karena dihadapkan dengan wall of text.

4. Aldila Septia Berdapaningtyas – Mustika Ratu Beauty Queen Blogging Competition

allseebee juara lomba blog

Sebagai seorang beauty blogger berpengalaman, Aldila menunjukan kematangannya dalam menulis artikel tentang tutorial merias wajah lewat lomba dari Mustika Ratu. Meskipun yang diminta adalah sebuah artikel review, Aldila mengembangkannya menjadi sebuah artikel tutorial, sehingga pembaca juga mendapatkan contoh dan ulasan yang nyata.

Apabila kamu adalah seorang blogger dari niche yang serupa, mari simak beberapa strong point artikel Aldila yang bisa kamu jadikan referensi.

  • Di awal artikel, Aldila menjelaskan secara lengkap produk-produk yang ia gunakan. Langkah ini penting agar pembacanya mengenal lebih jauh produk ini sebelum akhirnya memutuskan untuk membeli dan ikut mencoba.
  • Informasi yang ia sampaikan cukup mendetil. Mulai dari spesifikasi produk, harga, hingga di mana produk tersebut bisa dibeli. Tentu ini sesuai yang diinginkan oleh Mustika Ratu selaku penyelenggara.
  • Tutorial step-by-step ditulis secara rapi sehingga mudah dipahami dan dicoba oleh pembaca.
  • Dalam hal tutorial make-up, penggunaan foto close-up sangat penting, agar pembaca bisa melihat detil riasan.
  • Adanya kesimpulan di bagian akhir, sehingga bisa merangkum keseluruhan review dengan ringkas.

5. Langit Amaravati – C2live Creator Contest

langit juara lomba blog

C2live sendiri juga sudah beberapa kali mengadakan lomba, di antaranya adalah C2live Creator Contest. Langit Amaravati pun terpilih sebagai pemenang di salah satu kategori, karena artikelnya yang berjudul “Cara Membuat Tampilan Blog yang Estetis” sangat insightful dan bermanfaat bagi blogger. Ia mengupas tuntas perihal estetika blog dari A hingga Z.

Cobalah luangkan waktumu untuk membaca artikel tersebut. Selain kamu bisa mempelajari artikel seorang pemenang lomba blog, tips yang ada di sana juga sangat berguna untuk mengembangkan blogmu dari segi estetika.

  • Artikel Langit sangat kaya akan tips dan informasi yang bermanfaat. Ulasan yang ia tulis sangat menyeluruh, terutama yang berkaitan dengan estetika blog.
  • Lewat desain yang apik, Langit membuat artikelnya yang super panjang tetap nyaman dibaca. Dengan begitu ia bisa leluasa menulis artikel panjang tanpa membuat pembaca bosan.
  • Konten yang ia tulis pun berdasarkan riset dan pengalaman nyata ia sebagai blogger, sehingga sangat relatable dan bisa langsung diterapkan oleh blogger lain.
  • Langit membagi artikelnya menjadi beberapa subbab, dan menggunakan format list agar mudah dicerna oleh pembaca. Tanpa adanya itu, pembaca bisa lelah di tengah-tengah artikel.
  • Di akhir artikel, Langit menyertakan disclaimer, copyright, serta sumber referensi. Hal ini memperkuat kredibilitasnya sehingga enggak diragukan oleh pembaca dan brand.

Semakin banyaknya jumlah blogger di Indonesia diimbangi dengan semakin banyaknya brand yang mengadakan lomba atau kompetisi blog. Ini tentu merupakan kabar baik utnuk kamu sebagai blogger. Namun, di sisi lain, persaingan untuk menjadi juara lomba blog pun semakin ketat.

Agar kamu bisa terus bersaing, kamu bisa mempelajari artikel-artikel di atas yang sudah teruji berhasil menjadi pemenang lomba blog. Di luar sana, blogger-blogger lain secara tekun terus mengasah kemampuannya. Jadi, kamu pun jangan sampai malas mengembangkan diri. Nikmati prosesnya, sebelum akhirnya kamu pun bisa jadi langganan juara lomba blog.

Happy blogging!

Sumber gambar: Adventurelicious, Dan Abrahams, Joe Candra, Irfan, Allseebee, Langit Amaravati.

Related Posts

 
Site Menu