C2live Portfolio Builder

Yuk, Buat Portofoliomu sebagai Penulis secara Gratis untuk Gaet Potential Client

Hi, guys! Sudah berapa lama kamu berkecimpung dalam dunia tulis-menulis? Baik baru ataupun sudah lama, membuat portofolio untuk showcasing karya-karyamu itu penting, lho! Jadi, jangan sampai diabaikan. Bagi kamu yang belum punya, mungkin kamu bakal bingung soal apa pentingnya portofolio, gimana cara bikinnya, serta plaform mana yang bisa diandalkan.

Nah, supaya kamu nggak bingung-bingung lagi, yuk kita simak alasan mengapa punya portofolio itu penting, bagaimana cara membangun portofolio yang baik, dan platform mana yang bisa kamu andalkan!

1. Portofolio Pribadi sebagai Penulis, Seberapa Penting Bagimu?

Pentingnya Portofolio

Coba bayangkan, kalau kamu nggak punya portofolio, ketika ada pihak yang ingin memakai jasamu, bagaimana mereka bisa yakin bahwa kamu memiliki kemampuan yang mereka cari? Jika tulisan-tulisanmu nggak banyak tersebar luas, tentu akan sulit bagi calon klien untuk menilai hasil karyamu. Kalau sudah begitu, calon klien yang tadinya mungkin mau menggunakan jasamu bisa jadi malah ragu dan nggak jadi memberikan penawaran kerja sama denganmu.

Nggak mau kan hal seperti itu terjadi? Sebaliknya, dengan memiliki portofolio, kamu bisa memajang hasil-hasil karyamu untuk dilihat oleh berbagai pihak. Dengan mengetahui jenis tulisan apa saja yang pernah kamu buat dan tipe gaya menulis yang kamu gunakan, calon klien jadi lebih bisa mengukur apakah kapasitas dan kapabilitasmu sebagai penulis cocok dengan kebutuhan mereka. Jika sudah begitu, kesempatan untuk bekerja sama dengan berbagai pihak akan terbuka lebih luas. Makanya, yuk segera ambil ancang-ancang untuk membuat portofolio penulis bagi kamu yang belum punya!

2. Hal Pertama yang Perlu Lakukan

Langkah Pertama

Jika kamu baru berkecimpung dalam dunia tulis-menulis, kamu perlu banget nih untuk membangun citra sebagai penulis sebagai fondasi kariermu ke depan. Karena belum banyaknya pengalaman menulis yang ada, pastinya nggak banyak karya yang bisa kamu bagikan, bukan? Karenanya, mulailah memperbanyak aktivitasmu dalam dunia menulis.

Hal yang bisa kamu lakukan adalah mengidentifikasi keinginanmu. Kamu ingin dikenal sebagai penulis yang seperti apa? Hal-hal apa saja yang ingin kamu tulis? Kalangan pembaca seperti apa yang menjadi incaranmu? Jika sudah mengetahui jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut, kamu sudah siap membangun citra diri sebagai penulis karena sudah memiliki target untuk dijadikan tujuan. Dari situ, kamu bisa memproduksi tulisan-tulisan karyamu dengan lebih terarah, sekalian belajar mengembangkan kemampuan menulismu.

Selanjutnya, carilah link untuk menawarkan jasamu. Bisa mulai dengan membangun relasi dengan temanmu yang bergerak di bisnis penyediaan konten atau sejenisnya. Atau,bisa juga kamu mengirimkan sampel-sampel tulisan ke agensi-agensi konten untuk menawarkan jasamu. Jika kamu berhasil membawa ‘bendera’ tertentu sebagai bagian dari pengalaman menulismu, tentu itu bisa jadi poin plus bagi portofolio kamu kelak.

3. Gimana Caranya Bikin Portofolio Gratis? Yuk, Coba Gunakan C2live!

C2live

Nah, kalau kamu memang belum punya portofolio sebagai penulis sampai sekarang, nggak ada salahnya kok untuk segera bikin. Apalagi kalau bisa dapet platform untuk showcasing karya-karyamu secara gratis, langsung aja sabet kesempatannya! Nggak perlu susah-susah cari dan ubek-ubek internet, langsung aja manfaatkan fitur portfolio builder yang ada di C2live. Caranya gampang banget! Berikut langkah-langkah yang perlu kamu lakukan:

  1. Kunjungi website C2live dan klik tombol register. Setelah itu, akan ada pop-up untuk melakukan registrasi.

    Registrasi

  2. Isi biodatamu sesuai kolom yang disediakan. Jangan lupa untuk upload fotomu juga, ya! Jika sudah, pastikan kamu save data-data yang sudah kamu input.
  3. Bio
  4. Masukkan URL hasil karyamu untuk di-showcase di C2live Portfolio Builder.
  5. Portfolio Builder

Setelah kamu melewati tahap ini, karya-karyamu akan langsung terpampang di halaman preview. Jika sudah, sekarang orang-orang bisa mengakses halaman portofoliomu dan mengetahui kualitas tulisanmu, termasuk dengan calon-calon klien yang bisa saja kepincut dengan skill-mu!


Itu dia alasan mengapa kamu butuh membangun portofolio sebagai penulis dan gimana caranya membuat portofolio gratis d C2live. Jangan tunda-tunda lagi, yuk segera manfaatkan kesempatan ini supaya kamu bisa menampilkan karya-karya kebanggaanmu. Jika kamu sudah membuat portofoliomu, jangan lupa untuk terus update dengan karya-karya terbaru supaya konten-konten yang ada tetap sesuai dengan perkembangan tren menulis yang ada. Semangat!

Sumber: journoportfolio, Skyword, phindre, C2live.

Kalau kamu ingin memperkaya hasil portofoliomu dengan prestasi sebagai blogger, yuk ikuti kompetisi blog “Perempuan Juara dalam Lingkungan Kerja” dari C2live. Siapa tahu kamu bakalan menang dan jadi bisa menyertakan hasil karya juaramu di portofolio. Lumayan kan untuk dibanggakan?

Related Posts

Site Menu