DBN-Feature

Yuk, Ikuti Kegiatan Pertama Komunitas DBN: Kunjungan Sosial Ke PKBM GINUS Itaco

I’m a writer at Content Collision

Guys, pernah dengar tentang Dear Blogger Net, belum? Itu, tuh, komunitas blogger baru yang didirikan oleh tiga blogger wanita Indonesia. Dengar-dengar, komunitas ini akan mengadakan event seru pada Minggu, 18 Maret 2018. Hmmm, komunitas baru, tapi sudah langsung terjun menyelenggarakan sebuah event? Menarik, nih!

Kira-kira akan seperti apa ya acaranya nanti? Daripada makin penasaran, yuk kenalan sama komunitas yang satu ini dan simak rencana untuk kegiatan pertama komunitas mereka!

Tentang Dear Blogger Net

DBN-Founder

Dear Blogger Net (DBN) adalah sebuah komunitas blogger yang dibentuk pada 9 Februari 2018. DBN didirikan oleh tiga sosok wanita yang memang sebelumnya sudah aktif di dunia blogging, yaitu Haya Aliya Zaki, Lidya Fitrian, dan Dewi Sulistiawaty.

DBN sendiri didirikan untuk meningkatkan pemberdayaan blogger sesuai potensi mereka masing-masing dengan cara mengadakan workshop, kerja sama digital campaign, dan peningkatan keterampilan lain. DBN juga memiliki fokus untuk melakukan berbagai kegiatan charity.

Mengapa charity menjadi concern utama DBN? Hal ini sebenarnya diawali karena adanya keseragaman interest dari para pendiri komunitas DBN, yakni ingin rutin melakukan sesuatu yang terkait event sosial. Mulia sekali ya angan mereka, Guys!

Jadi, enggak heran kalau DBN memasang target untuk mengadakan charity event. Kepada tim C2live, DBN mengatakan bahwa mereka berusaha semampunya untuk mengadakan event sosial sebulan atau dua bulan sekali.

Event-event tersebut nantinya berupa kunjungan ke tempat-tempat yang bergerak di bidang sosial yang belum begitu dikenal masyarakat. DBN membantu upaya sosialisasi/publikasi akan aktivitas sosial terkait supaya mendapatkan exposure lebih dari masyarakat. Dengan begitu, diharapkan akan lebih banyak pihak yang aware dengan keberadaan aktivitas sosial ini. Semoga bisa menjadi inspirasi masyarakat untuk ikut melakukan kebaikan dan atau berpartisipasi memberikan bantuan yang dibutuhkan.

DBN Visit to PKBM Ginus Itaco, Bekasi

DBN-Visit-Itaco

Enggak cuma sebatas dijadikan visi dan misi. Seperti yang sudah disebutkan di atas, tujuan DBN untuk meningkatkan kesadaran sosial bakal langsung diwujudnyatakan dalam waktu dekat, nih! Tanggal 18 Maret 2018 nanti DBN akan mengadakan #DBNCharityVisit ke PKBM GINUS Itaco yang berlokasi di kawasan Margahayu, Bekasi.

PKBM GINUS Itaco merupakan pusat kegiatan belajar masyarakat yang didirikan pada tahun 2012 oleh Susi Sukaesih, yang juga teman dari para founder DBN. PKBM GINUS Itaco merupakan sekolah kesetaraan yang menyediakan pendidikan paket B dan C. Di sini siswa diberikan pendidikan mata pelajaran umum dan pembelajaran keterampilan tambahan seperti menjahit, programming, broadcasting, MS Office, dan desain grafis.

Hingga kini sudah lebih dari 40 siswa lulus dari sekolah ini. Adapun siswa yang menuntut ilmu di PKBM GINUS Itaco umumnya berasal dari kalangan prasejahtera, yakni kaum dhuafa dan anak yatim dan/atau piatu. Demi mewujudkan harapan agar anak-anak ini tetap bisa mendapatkan pendidikan yang layak, PKBM GINUS Itaco menyediakan layanan pendidikan gratis bagi para siswanya.

Selain itu, siswa di sana dibimbing untuk berwirausaha dengan memanfaatkan pengembangan keterampilan yang didapat sehingga hasilnya bisa kembali digunakan untuk mendukung kelangsungan sekolah itu sendiri.

Walaupun terdengar penuh tantangan, Susi sebagai pendiri PKBM GINUS Itaco percaya bahwa pendidikan mampu memutus rantai kemiskinan. Karena hal inilah ia membulatkan tekad untuk mendirikan dan menjaga ketersinambungan PKBM GINUS Itaco. Ia berharap anak-anak yang menempuh pendidikan di sekolahnya bisa mendapatkan ilmu dan keterampilan yang kelak bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan kehidupan yang lebih sejahtera dan menjadi penerus bangsa yang memiliki tingkat intelektual mumpuni.

Nah, pada kesempatan kunjungan di hari Minggu nanti, DBN akan mengajak para pesertanya untuk mengenal lebih jauh apa dan bagaimana PKBM GINUS Itaco dan tur workshop siswa ekskul Siswa Wirausaha. Pastinya seru mengamati cara mereka menghasilkan karya. Siapa tahu kamu malah bisa mendapat inspirasi dari hal-hal yang dilakukan oleh siswa-siswi di sana!

Baca juga: 6 Vlogger Wanita Inspiratif yang Bisa Kamu Teladani

Tujuan Kunjungan dan Harapan yang Berkembang

DBN-Hope

Kenapa, sih, DBN rela jauh-jauh mengadakan kunjungan ke PKBM GINUS Itaco? Alasannya karena DBN sadar bahwa melakukan kegiatan sosial secara kontinu seperti yang dilakukan Susi bukanlah hal yang mudah. Tentu akan berat bagi Susi untuk melakukan segala sesuatunya sendirian. Dengan membantu meningkatkan exposure PKBM GINUS Itaco, DBN berharap akan semakin banyak donatur yang rela memberikan dukungan moral maupun material terhadap PKBM ini.

DBN percaya, sesuatu yang baik akan membawa dampak yang lebih besar jika dilakukan bersama-sama, misalnya melalui kegiatan komunitas yang melibatkan banyak orang. Selain itu, DBN juga yakin bahwa blogger memiliki power untuk menyebarkan pengaruh positif bagi berbagai elemen yang ada dalam lapisan-lapisan masyarakat, apalagi dengan perkembangan teknologi yang ada seperti sekarang. Hal-hal yang mereka suarakan dapat mencapai lingkup yang luas dalam waktu singkat untuk menggerakkan hati dan menggali empati banyak orang.


Demikian kira-kira gambaran tentang DBN dan kegiatan pertama komunitasnya yang akan dilangsungkan di akhir pekan ini. Kalau kamu tertarik untuk berpartisipasi, yuk segera daftarkan dirimu di link ini! Acara kunjungan sosial ini sendiri akan berlangsung mulai pukul 09.00 WIB. Jadi, siapkan dirimu, ya!

Yuk, mulai wujudkan kepedulian sosial dengan melakukan hal-hal kecil di sekitar kita demi membantu kesejahteraan bersama masyarakat Indonesia!

Sumber: Dokumen Dear Blogger Net

Jangan lupa untuk cek dan ikuti Lomba Blog Hujan Duit untuk mendapatkan kesempatan memenangkan duit asli!

Related Posts

 
Site Menu