travel blog

#DBNWorkshop How to Start a Travel Blog with Deddy Huang

Saya salah satu blogger yang tergabung dalam komunitas C2live.com

Sebagian blogger mengeluh bahwa mereka sulit eksis dan berkarya karena mereka tidak tinggal di ibu kota. Akan tetapi, seorang Deddy Huang mampu mematahkan pendapat tersebut. Meski tidak tinggal di ibu kota, dia tetap bisa eksis (dalam arti positif) dan produktif berkarya.

Alhamdulillah, beberapa waktu lalu komunitas Dear Blogger Net (DBN) dan C2live berkesempatan menghadirkan Deddy sebagai pemateri DBN Workshop bertajuk How to Start a Travel Blog with Deddy Huang yang berlokasi di Block71, Ariobimo Sentral Level 8, Setiabudi, Jakarta Selatan (25/4).

Deddy Huang

DBers tampak antusias mengikuti workshop. Ya, kapan lagi kami bisa menimba ilmu dari travel blogger kondang asal Palembang ini? Deddy telah melanglang buana ke berbagai daerah di Indonesia dan mancanegara atas biaya sendiri maupun bersponsor. Kabar terakhir, Deddy terpilih sebagai salah satu blogger yang mengikuti event Kerala Blog Express session 5 selama dua minggu. Deddy juga sering memenangi lomba blog dan bahkan pernah menjadi juri lomba blog bertema travelling.

Sebagai pembuka, Deddy melontarkan pertanyaan kepada teman-teman blogger. Apa motivasi kami ketika travelling? Liburan sejenak? Pamer foto ke orang-orang? Kabur dari kenyataan? Atau, apa?

Sesungguhnya, travelling adalah sekolah kehidupan yang tidak kita dapat di sekolah formal. Kita tidak harus jalan-jalan ke tempat yang jauh. Pasar bisa jadi salah satu destinasi, lho. Banyak hal yang menarik untuk dilihat dan diamati, terutama interaksi di sana. Kalau kalian rajin menonton IG stories Deddy, tentu kalian tahu Deddy senang jalan-jalan ke pasar. :))

Bagi Deddy, travelling is about discovering, exploring, learning, writing, sharing, promoting, inspiring, and to be a better person. Setelah travelling, kita jadi lebih bersyukur dan memandang sesuatu dari sudut yang lebih baik.

So, apa langkah awal menjadi travel blogger? Jawabannya: membuat blog dan mulailah … jalan-jalan! Kalau tidak jalan-jalan, dari mana kita mendapatkan konten?

Biasanya Deddy membutuhkan waktu empat hari untuk menyelesaikan satu postingan. Jujur, foto-foto sangat membantu mengingatkan akan peristiwa yang hendak dia tulis. “Berikan nyawa pada tulisan kalian, itu yang terpenting,” kata Deddy tegas. Caranya, dengan banyak latihan menulis dan membaca. Deddy pribadi senang dengan tipe tulisan…

 

Dedddy Huang


Artikel ini pertama kali dipublikasikan di Dear Blogger. Bila kamu juga ingin membagikan artikel kamu di C2live, segera hubungi putra@c2live.com.

Related Posts

 
Site Menu