Desain web

Curi Perhatian Pembacamu dengan 5 Desain Web Trendy Ini!

Percaya nggak percaya, tampilan desain web pada blogmu tuh sangat berpengaruh, lho, untuk menjaring ketertarikan pengunjung. Yang namanya tren, pasti lagi banyak yang menggandrungi. Jadi, kalau desain yang kamu pakai lagi sesuai sama tren yang ada, pasti makin banyak pengunjung yang tergelitik untuk engage lebih dalam sama blog kamu.

Karenanya, kamu nggak bisa asal menentukan desain web buat blogmu. Selain menyesuaikan dengan kebutuhan dan niche, nggak ada salahnya kok untuk menyesuaikan tampilan blogmu dengan desain-desain yang lagi ngetren buat menggiring traffic lebih. Desain seperti apa aja ya yang lagi trending di tahun 2018? Yuk, cek daftarnya di bawah ini!

1. Bangun Kesan Mendalam dengan Tipografi yang Tegas

Desain web

Sejak dulu, tipografi selalu memiliki kekuatan yang dapat diandalkan sebagai elemen visual. Tipografi sendiri mengarah pada seni cetak yang berhubungan dengan tata huruf. Tipografi yang unik dan indah selalu berhasil menarik perhatian pembacanya dan meninggalkan kesan tersendiri. Mungkin karena hal ini pulalah, handlettering sekarang juga sedang musim dan banyak digemari.

Nggak bisa dipungkiri, selain digunakan untuk menyampaikan informasi penting, tipografi juga bisa menyampaikan emosi tertentu dengan tetap mudah dicerna. Hal tersebut bisa disesuaikan dengan kebutuhan yang ada. Karenanya, custom fonts pun kini semakin laris diincar. Selain itu, tipografi yang iconic juga akan membantu kamu dalam membangun citra blog karena kesan dan keunikan yang ditampilkan. Jika dimanfaatkan dan dipadukan dengan elemen visual lain dengan tepat, tipografi yang bold bisa kamu gunakan sebagai aksen utama desain blogmu untuk menarik perhatian pembaca.

2. Abstrak dan Nyentrik dengan Pola Asimetris

Desain web

Jika kita telaah lagi, di era modern ini, karya-karya seni kontemporer makin dihargai dan mendapat banyak perhatian publik. Pola-pola abstrak justru kian digandrungi karena keunikan dan kesan misterius yang nggak jarang dicerminkan. Kondisi ini tentunya nggak lagi seperti dulu, di mana karya-karya simetris sangat diagung-agungkan karena mengaplikasikan golden ratio atau perhitungan rumit lainnya, sehingga karya abstrak seringkali dicemooh karena dianggap sebagai penyimpangan.

Nah, memanfaatkan tren ini, kamu juga bisa mengaplikasikan desain web dengan pola asimetris yang abstrak untuk tampilan blogmu. Broken layouts dengan susunan grid yang bertebaran nggak teratur juga lagi in banget, sehingga layak untuk kamu coba.

Dengan menggunakan desain web yang nggak biasa, tentunya blogmu akan menimbulkan kesan distinctive sehingga bakal lebih mudah diingat oleh pembacamu. Jadi, tinggalkan pola lama yang membosankan dan beralihlah ke desain yang lebih fresh dan appealing yang satu ini!

3. Mobile Fit untuk Akses Nyaman dan Mudah melalui Smartphone

Desain web

Di zaman yang hi-tech dan serba sibuk sekarang ini, pasti kebanyakan dari kamu lebih sering mengakses smartphone daripada laptop, kan? Karenanya, cobalah untuk menggunakan desain web untuk blog yang juga tampil cantik di versi mobile. Dengan demikian, pembacamu yang menggunakan smartphone untuk mengakses blogmu bisa dihadapkan dengan tampilan yang fit dengan mobile device, sehingga nyaman untuk dilihat.

Perlu kamu ketahui, UX juga memegang peranan penting untuk menjaring traffic bagi blog kamu. Jadi, pastikan untuk selalu menyuguhkan tampilan yang sesuai dengan kebutuhan pembaca. Menggunakan desain yang mobile fit akan mengeliminasi masalah-masalah compatibility seperti isu scrolling, penempatan icon, dan sebagainya.

Baca juga: Ini 3 Cara Mudah Ganti Template Blog untuk Bikin Tampilan Jadi Lebih Oke!

4. Ramaikan dengan Particle Background

Desain web

Jika kamu ingin menggunakan desain web yang nggak biasa dan juga meriah, kamu bisa coba menggunakan particle background dengan gerakan-gerakan sederhana yang menghidupkan suasana. Animasi yang ada pada desain ini membutuhkan javascript sederhana, jadi nggak memberatkan proses loading. Kamu pun nggak perlu khawatir soal performa karena pembaca tetap bisa mengakses blogmu dengan mudah. Justru, mereka bisa jadi malah senang melihat pergerakan natural yang ada di latar belakang webmu dan jadi nggak bosan karenanya.

5. Hidupkan Blogmu dengan Tabrakan Warna-warna Berani

Desain web

2018 merupakan tahun yang tepat bagimu untuk berekspresi dengan warna-warna yang berani! Sadar atau nggak, sejak 2017 sudah banyak orang yang tertarik dengan topik terkait “warna tahun ini”. Karenanya, kamu bisa banget ngikutin tren yang ada atau malah bikin tren warnamu sendiri di tahun ini!

Jika kamu menggunakan desain web dengan perpaduan warna yang berani namun tetap harmonis, dijamin deh kalau hal tersebut bakal meninggalkan kesan tersendiri bagi para pengunjung blogmu! Malah, blogmu bisa jadi icon tren tertentu. Jika kamu bingung mau menggunakan pola seperti apa, kamu bisa coba pola clashing vibrant colour yang pastinya bakal eye-catchy banget sebagai identitas blogmu!


Jadi, dari desain-desain yang ada di atas, manakah yang menjadi favoritmu? Dengan beragam desain web trending yang ada, kamu bisa bereksperimen untuk mencoba desain mana yang paling cocok dengan blogmu. Jika kamu sudah menemukan desain yang tepat, pasti akan lebih banyak pengunjung yang tertarik untuk mengunjungi blogmu. Apalagi kalau didukung dengan konten yang berkualitas, pasti traffic makin ramai!

Intinya, jangan pernah segan untuk mencoba tren-tren desain web baru, ya! Semakin up-to-date, akan semakin sesuai juga dengan selera pasar yang ada. Tapi, bukan berarti kamu harus ganti-ganti terus sampai kehilangan identitas blog, ya! Jadi, cermat-cermatlah dalam memilih.

Sumber: Rogue Creative, Hacker Noon, Pinterest, Webflow, Webdesigner Report, iFuun.

Apabila kamu ingin sedang ingin menyalurkan hobi blogging-mu dengan bentuk lain, yuk suarakan kepedulianmu pada laut Indonesia lewat lomba blog yang diselenggarakan oleh C2live sekarang juga! Siapa lagi yang harus bersuara kalau bukan kita?

Related Posts

Site Menu