fakta google

Fakta-fakta Google yang Perlu Diketahui oleh Blogger

Google adalah sebuah raksasa industri digital di zaman sekarang. Dengan pengaruh yang sedemikian besar, tentu saja Google memiliki dampak yang cukup signifikan di dunia digital. Pengaruh dan dampak Google ini tentu penting untuk diketahui, terutama apabila kamu adalah seorang blogger, digital marketer, atau content writer.

Untuk itu, penting untukmu mengenali beberapa fakta Google berikut. Dengan informasi tersebut, kamu jadi bisa lebih peka dalam menyusun strategi digitalmu, dan mampu memaksimalkan potensi yang bisa diberikan Google agar situsmu bisa semakin dikenal. Yuk, simak!

Diakses oleh Puluhan Ribu Pengguna Setiap Detiknya

fakta Google

Di awal tahun 2018, diperkirakan ada 63.000 pengguna yang menggunakan layanan Google setiap detiknya. Jika dihitung, berarti ada sekita2 triliun pencarian di Google dalam sehari. Angka tersebut merupakan angka yang fantastis.

Mesin pencari seperti Google memang masih menjadi andalan apabila seseorang membutuhkan informasi. Ditambah dengan terus berkembangnya infrastruktur telekomunikasi, ketergantungan manusia terhadap mesin pencari juga semakin tinggi.

Hal ini bisa menjadi potensi yang luar biasa menjanjikan bagi seorang blogger. Angka di atas menunjukan potensi pembaca yang bisa kamu raih apabila kamu berhasil berjaya di hasil pencarian Google atau mesin pencari lainnya.

50% Keyword yang Digunakan Lebih Panjang dari 4 Kata

Fakta yang satu ini tentu sangat berguna bagi para blogger. Rupanya, sekitar 50% keyword yang ditanyakan pada Google memiliki panjang lebih dari 4 kata. Dalam istilah SEO, keyword semacam ini biasa disebut sebagai long-tail keyword.

Selain memiliki potensi traffic yang besar, long-tail keyword juga relatif lebih mudah untuk dimenangkan dibanding keyword pendek yang hanya 1-2 kata. Jadi, kamu harus memanfaatkan potensi ini dengan jeli. Jangan ragu untuk menggunakan berbagai tools agar proses penentuan keyword-mu bisa efektif dan sesuai dengan apa yang dicari oleh pembaca.

Baca juga: Cara Melakukan Keyword Research Menggunakan SEO Review Tools

91% Pengguna Berhenti di Halaman Pertama

Meskipun diakses oleh begitu banyak orang, namun bukan berarti mendapat pembaca dari Google menjadi hal yang mudah.Studi dari Mr.SEO mengatakan bahwa 91,5% pencari berhenti di halaman pertama. Bahkan, hanya 1,1% saja yang mencari hingga halaman ketiga.

Data lain juga menunjukan, bahwa 61% pencari hanya akan membuka 5 situs teratas dari hasil pencarian Google. Jadi, jangankan membuka halaman kedua, mereka bahkan tidak cukup tertarik dengan hasil pencarian di urutan 6 hingga 10. Angka ini mempertegas pentingnya merebut tempat di halaman pertama pencarian Google.

Angka pengakses Google yang fantastis tidak akan berdampak banyak jika kamu belum berhasil merebut tempat di halaman pertama Google. Sebaliknya, begitu kamu berhasil merebut tempat di halaman pertama, angka pembacamu akan tumbuh dengan drastis.

Inilah alasan kenapa SEO menjadi faktor penting. Saat ini sudah ada banyak artikel-artikel SEO yang bisa kamu pelajari secara gratis. Setelah membacanya, jangan menunda untuk menerapkannya. DEngan begitu pelan-pelan peringkatmu di hasil pencarian akan mulai merangkak naik.

Terus Memperbarui Algoritma Pencarian

Sebagai mesin pencari yang saat ini merajai internet, Google tentu termotivasi untuk terus menjaga kinerja mereka agar mampu memuaskan rasa ingin tahu pengguna internet dari seluruh dunia. Jadi, bukan hal yang mengherankan apabila Google terus memperbarui algoritma mereka dari waktu ke waktu.

Algoritma Panda pertama kali diperkenalkan pada 24 Februari 2011. Setelah itu ada algoritma Penguin, Pigeon,Hummingbird, Rankbrain, hingga Fred. Masing-masing Algoritma memiliki peran masing-masing, dan akan terus bertambah seiring waktu.

Mengetahui perkembangan algoritma Google penting agar kamu bisa tahu cara mengembangkan blog yang baik dan efektif. Jangan sampai kamu justru menerapkan trik-trik yang sudah ketinggalan zaman, karena bisa jadi justru merugikan blogmu.

Artikel di Halaman Pertama Memiliki Panjang Rata-Rata 1.890 Kata

Pencari menyukai artikel yang lengkap dan informatif. Itu sebabnya mereka pun gemar menggunakan long-tail keyword saat melakukan pencarian. Untuk itu, kamu perlu mengimbanginya dengan menyediakan artikel dengan informasi yang lengkap dan ulasan yang mendalam.

Riset yang dilakukan Backlinko menunjukan bahwa artikel yang berhasil merebut tempat di halaman pertama Google rata-rata memiliki panjang 1.890 kata. Data ini memvalidasi asumsi bahwa pembaca menyukai konten yang lengkap.

Tentu saja bukan berarti kamu harus membuat artikel sepanjang 1.890 kata sepanjang waktu. Yang terpenting adalah membuat artikel yang lengkap dan tidak setengah-setengah. Apabila berhasil, baik Google maupun pembaca akan sama-sama puas dengan artikel blogmu.

Baca juga: Panduan Lengkap Cara Membuat Blog Gratis

70%-80% Pembaca Menyukai Konten Organik

Jika kamu mencari sesuatu di Google, di bagian atas akan muncul hasil-hasil pencarian yang berbayar (Google Ads). Meskipun mereka berada di bagian atas, namun rupanya sekitar 80% pencari akan mengabaikannya dan lebih memilih konten organik.

Apa itu konten organik? Konten organik adalah artikel yang ada di blog ataupun situs tidak berbayar. Pencari merasa konten organik lebih bisa dipercaya dibandingkan konten yang berbayar.

Inilah alasan kenapa blogger memiliki masa depan yang cukup menjanjikan. Dengan semakin tingginya ketergantungan manusia pada internet, artikel-artikel blogger akan terus dibutuhkan pembaca sebagai sumber referensi yang terpercaya.


Membaca beberapa fakta Google di atas, kamu kini jadi lebih menyadari bagaimana Google sangat berpengaruh bagi blogmu. Jika kamu mengabaikan potensi Google, bisa jadi blogmu akan sulit tumbuh karena tersisih oleh blog-blog lain yang dengan tekun memaksimalkan Google sebagai alat memasarkan blog mereka.

Berdasarkan fakta di atas, kamu bisa menyikapinya dengan:

  • Membiasakan diri menulis artikel yang aktual dan faktual
  • Menerapkan strategi SEO terbaru agar artikelmu memiliki nilai positif di mata Google
  • Melakukan keyword resarch dan menggunakan long-tail keyword
  • Berusaha menghasilkan konten yang lengkap dan mendalam
  • Menguasai Google Analytics dan Google Search Console untuk memantau perkembangan blog

Jika kamu mampu melakukannya, artinya kamu sudah berusaha memanfaatkan potensi yang disediakan oleh Google untuk blogmu. Tentu saja hasilnya tidak bisa kamu rasakan secara instan, butuh proses dan ketekunan agar pelan-pelan artikelmu mulai menembuh halaman pertama.

Jadi, siapkan mentalmu dan teruslah tekun dalam mengembangkan blogmu. Happy blogging!

Sumber gambar: Link Assistant, Hindustan Times, SERP Jump, NRN, Industry4Magazine, PicJumbo.

Related Posts

Site Menu