fitur wordpress

Jelajahi Seluk Beluk Fitur WordPress Hingga ke Celah Terdalam Supaya Blogmu Makin Menawan

Saya salah satu blogger yang tergabung dalam komunitas C2live.com

Salah satu platform yang paling terkenal di dunia untuk memulai blog adalah WordPress. Selain karena layanannya yang tak berbayar, WordPress juga disukai para blogger karena memiliki banyak themes yang indah dan enak dibaca. Dengan membuka blog di WordPress, kamu bisa memilih beragam tema blog yang lengkap dan artistik, nggak perlu repot menata layout dari nol. Selain itu, tersedia juga banyak fitur WordPress yang akan membuat tampilan blogmu semakin menawan, supaya bisa menarik lebih banyak pembaca.

Nah, sayangnya fitur-fitur yang ada pada platform ini masih jarang diketahui oleh blogger sehingga mereka tidak memaksimalkan manfaat-manfaatnya. Padahal, kalau digunakan secara optimal, fitur WordPress ini akan membuat blogmu semakin cepat sukses, lho. Yuk, kenali 7 rekomendasi fiturnya di sini!

1. Scheduled Publish

fitur wordpress

Fitur WordPress yang satu ini sangat berguna untuk kamu yang mau memastikan bahwa blogmu senantiasa up-to-date. Dengan fitur scheduled post, kamu bisa menulis 5 artikel kemudian menjadwalkan tanggal publikasinya secara berkala dalam rentang satu atau dua minggu. Pembaca pun bisa langsung menikmati artikel baru dan kamu juga tak perlu khawatir harus meng-upload post setiap beberapa waktu.

Biasanya, kamu bisa melihat para pembaca paling sering mengunjungi blog-mu di hari apa dan jam berapa. Dengan begitu, kamu bisa menyesuaikan jam publish artikel sesuai jumlah keramaian pembaca. Misalnya, kalau pembacamu mayoritas berasal dari Indonesia dan paling sering berkunjung di weekend malam, maka kamu bisa menyiapkan artikel untuk dijadwalkan publish saat itu juga. Caranya mudah, kamu bisa klik Edit di sebelah tombol Publish immediately, atur waktu dan tanggal yang kamu inginkan, lalu pencet OK. Kamu akan melihat bahwa status Publish berubah menjadi status Schedule.

2. Sticky Post

fitur wordpress

Kamu pernah menerbitkan artikel yang viral? Atau, kamu punya entry kebanggaan yang ingin kamu jadikan sebagai trademark dari blog-mu? Kalau begitu, kamu wajib gunakan fitur WordPress bernama sticky post, fungsinya kurang lebih sama seperti Pin Tweet di Twitter. Kamu bisa membuat post tertentu muncul di home page setiap saat sehingga setiap pembaca yang berkunjung nggak akan kelewatan untuk membacanya.

Untuk mengaktifkan fitur keren ini, klik Edit di sebelah opsi Visibility Publish, kemudian centang kotak yang bertuliskan Stick this post in the frontpage. Artikelmu pun otomatis akan selalu berada di urutan teratas, sebelum entry yang lain. Cara mudah untuk membuat pembaca jatuh cinta di kunjungan pertama, bukan?

3. Image Gallery

fitur wordpress

Tak ada blog yang sukses tanpa dilengkapi dengan foto-foto yang menarik. Manusia adalah makhluk yang cenderung tertarik dengan tampilan visual, sehingga post yang disertai dengan foto atau gambar pasti akan lebih populer dibandingkan tulisan saja. Biasanya, tampilan foto demi foto yang ada di blog WordPress kurang rapi dilihat dan membuat halaman ceritamu menjadi penuh. Layout foto pun nggak bisa kamu atur sesuka hati. Selain itu, jika kamu memiliki terlalu banyak gambar dalam satu post, para pembaca bisa bosan karena harus scroll terlalu lama.

Karena itulah, kamu butuh fitur WordPress bernama Image Gallery untuk menampilkan semua fotomu dengan layout yang lebih ramah di mata. Caranya mudah, di bagian Post, pilih Add Media, kemudian unggah semua foto yang ingin kamu tampilkan. Setelah selesai, klik Create Gallery di kolom sebelah kiri, lalu klik Create New Gallery di pojok kanan bawah. Nah, sekarang kamu pun bisa mengatur ukuran gambar, jumlah kolom, atau caption masing-masing gambar. Terakhir, silahkan tekan Insert Gallery di bagian post. Voila, blogmu jadi terlihat jauh lebih rapi dan aesthetic!

4. Next Page

fitur wordpress

Membuat pembacamu bosan karena artikel yang terlalu panjang is a big no-no! Bisa-bisa mereka kapok untuk mampir ke blogmu lagi. Karena itulah, ada fitur WordPress yang terlihat sepele, padahal sangat penting, yaitu Next Page. Cara untuk mengaktifkannya adalah dengan menambahkan <!–nextpage–> di post-mu, maka WordPress otomatis akan membaginya menjadi dua halaman.

Tambahkan lagi kode serupa kalau kamu mau membaginya menjadi halaman yang lebih banyak. Dengan begitu, pembaca nggak perlu scrolling terlalu lama dan malah bosan karenanya!

5. Link ke Media Sosial

fitur wordpress

Supaya blogmu makin populer, tentu kamu mau semakin banyak orang yang mengetahuinya. Apalagi di era media sosial seperti sekarang. Satu artikel bisa menjadi viral karena begitu mudahnya untuk membagikan sesuatu dari internet.

Jangan mau ketinggalan! Aktifkan segera fitur WordPress untuk menautkan media sosial dari post yang kamu terbitkan. Pertama, pastikan bahwa pembaca bisa mengakses media sosialmu yang lain, seperti Instagram atau Twitter. Kedua, pastikan juga bahwa kamu menyediakan fitur Share sehingga mereka bisa dengan mudah memberikan link artikel blogmu ke media sosial mereka masing-masing.

6. Live Preview untuk Meninjau Tampilan Themes

fitur wordpress

Sekali-kali, tampilan blogmu harus dipugar supaya terlihat lebih fresh dan sesuai dengan tren terkini. Nggak ada salahnya memilih-milih berbagai themes terbaru yang disediakan oleh WordPress. Berita baiknya, jika kamu menemukan theme yang kamu sukai, sekarang kamu bisa melihat tampilan simulasinya terlebih dahulu tanpa harus mengaktifkan tema tersebut.

Caranya mudah, yaitu download dan install tema WordPress yang kamu mau, lalu pilih menu Appearances dan masuk ke Themes. Di situ kamu akan melihat thumbnail dari tema yang baru saja kamu install, tinggal tekan tombol Live Preview, maka WordPress akan menunjukkan bagaimana penampilan blogmu dengan tema yang baru. Mudah, bukan?

7. Responsive Preview agar Ramah di Tiap Gadget

fitur wordpress

Salah satu kesalahan terbesar yang sering dilakukan blogger adalah mengatur tata letak blog hanya lewat tampilan desktop. Akibatnya, ketika pembaca mencoba mengakses blog lewat smartphone, tampilannya menjadi berantakan dan tidak enak dibaca.

Untuk menghindari hal tersebut, ada fitur WordPress yang siap membantumu, yaitu Responsive Preview. Cara mengaksesnya adalah masuk ke menu Appearance, kemudian pilih Customize. Kamu akan melihat tiga ikon, yaitu desktop, tablet, dan smartphone. Dengan begitu, kamu bisa mengecek kembali apakah tata letak blogmu sudah nyaman dan responsif ketika diakses dari gadget mana pun.


Hingga saat ini, WordPress bisa dibilang masih merajai platform blogging di dunia dengan pilihan ribuan themes keren dan berbagai layanan yang disediakannya. Kalau kamu sudah memiliki atau berencana untuk memulai blog di platform ini, jangan lupa untuk menggunakan 7 fitur WordPress yang telah kami rekomendasikan. Nggak hanya terlihat lebih menawan, blogmu juga akan lebih mudah untuk diakses oleh pembaca.

Nah, untuk mengetahui hal-hal lain terkait blogging, seperti informasi kompetisi dan tips-tips mengelola blog, baca juga artikel C2live lainnya, ya! Komunitas penulis Indonesia ini siap memberikan panduan yang lengkap buat semua blogger!

Sumber: Son Doong Explorer, Pegfitzpatrick, Greatist, Graphpaperpress, Huffpost, Envato, Mywpexpert,

Related Posts

 
Site Menu