gallery foto

4 Alasan Penting Kenapa Blogmu Wajib Punya Gallery Foto

Kamu tentu pernah dengar bahwa sebuah foto bisa lebih bermakna dibanding puluhan kata-kata. Itu sebabnya, nggak ada salahnya kalau kamu pun melibatkan banyak gambar di blogmu. Selain untuk membantumu menceritakan sesuatu, gambar juga membuat blogmu jadi nggak boring dan monoton.

Hanya saha, kadang post-mu akan jadi kepanjangan kalau kamu mengunggah cukup banyak gambar dalam satu post. Bukannya membantu, post yang terlalu panjang justru bisa bikin pembacamu nggak nyaman. Untuk itu, kamu perlu belajar menggunakan gallery foto di blogmu. Gallery foto memungkinkan postmu tetap rapi dan ringkas meskipun kamu mengunggah banyak foto sekaligus.

Nah, sehubungan dengan hal itu, yuk, baca beberapa tips menggunakan gallery foto pada blog di bawah ini.

1. Cara Guna yang Mudah

gallery foto

Sumber: WPBeginner
Saat ini, WordPress sudah menyediakan cukup banyak fitur dalam layanan mereka, salah satunya adalah gallery foto yang bisa kita gunakan dengan mudah. Untuk menggunakannya, kamu hanya perlu menekan pilihan “add media” pada saat menuliskan post baru, lalu memilih pilihan ”create gallery” setelahnya. Setelah itu kamu bisa langsung memilih foto atau gambar yang mau kamu unggah, beserta mengatur caption, hyperlink, serta ukuran gambar yang ingin ditampilkan.

Selain cara tersebut, kamu juga bisa menggunakan beberapa pilihan lain seperti upfront dan Envira Gallery. Keduanya memiliki cara penggunaan yang cukup mirip, kamu hanya perlu memilih beberapa foto untuk diunggah, lalu kamu bisa mengatur beberapa tampilan agar gallery foto tersebut bisa terlihat cantik di blogmu.

2. Manfaatkan sebagai Portfolio

gallery foto

Sumber: WordPress
Untuk kamu yang berprofesi sebagai fotografer atau graphic designer, penting bagimu untuk memiliki portofolio. Portofolio adalah tempat di mana kamu memamerkan hasil karyamu, sehingga jika suatu hari ada seseorang yang membutuhkan tenaga fotografer atau graphic designer, mereka bisa melihat langsung karyamu dan menghubungimu.

Untuk itu, blog adalah salah satu fasilitas yang bisa kamu manfaatkan. Untuk WordPress, ada sebuah plug in yang cocok untuk mengunggah hasil-hasil karyamu di blog bernama The Portfolio Gallery. Berbeda dengan gallery foto lainnya, plug in buatan Huge-IT ini memudahkan kamu untuk menambahkan gallery foto dengan tampilan desain yang lebih rapi dan profesional, sehingga sangat cocok untuk digunakan untuk portfoliomu. Penggunaannya sendiri cukup ringkas dan mudah, dan cukup responsin untuk mengunggah serta menampilkan gambar dalam jumlah yang cukup banyak sekaligus.

3. Menjadikan Ceritamu Lebih Memorable

gallery foto

Sumber: Pixabay
Seperti yang sudah sempat dibahas tadi, sebuah gambar terkadang bisa lebih bermakna daripada puluhan kata-kata. Dan atas dasar itu, kamu pun bisa memanfaatkannya agar cerita di blogmu menjadi lebih memorable untuk pembaca.

Misalnya kamu ingin menuliskan pengalamanmu mendaki gunung Semeru bulan, atau backpacking di Asia Tenggara. Tentu pembaca akan lebih senang jika mereka bisa melihat banyak dokumentasi dari perjalanan tersebut dibanding hanya membaca ceritamu dalam bentuk kata-kata. Dengan gambar, mereka jadi lebih mudah membayangkan rangkaian perjalanannmu.

Atau jika kamu menuliskan langkah-langkah membuat beef lasagna. Dibanding hanya memberikan pembaca bahan dan tata cara dalam bentuk teks, melibatkan gambar bisa membuat post itu menjadi lebih menarik. Di situlah kamu bisa memanfaatkan gallery foto secara maksimal. Dengan adanya banyak foto, pembaca akan lebih senang dan mereka nggak kapok untuk berkunjung dan membaca post blogmu lainnya.

4. Meningkatkan SEO Rank Blogmu

gallery foto

Sumber: Pixabay
Post blog dengan gambar yang relevan berdampak positif untuk hasil pencarian search engine. Ranking tertinggi biasanya diberikan pada post yang panjang, dan dilengkapi dengan slide presentasi, gambar, atau pun video. Nah, berhubung gambar adalah salah satu hal yang paling mudah yang bisa kamu tambahkan, makanya jangan sampai terabaikan agar blogmu mudah ditemukan oleh pembaca.

Selain itu, untuk memperbaiki SEOmu, kamu juga bisa memberi judul, tags, dan alt text pada gambar itu. Dan jangan lupa, sebaiknya ukuran gambar yang kamu pilih nggak terlalu besar agar mudah ditampilkan oleh search engine.


Dengan adanya berbagai fitur di platform blog yang semakin lengkap, kamu pun harus bisa memanfaatkan fasilitas tersebut agar blogmu bisa semakin menarik dan dikunjungi banyak pembaca. Apalagi ditambah semakin banyak juga blogger di luar sana yang semakin kreatif dan mampu mengemas konten mereka dengan menarik. Untuk itu, salah satu hal yang wajib kamu manfaatkan tentunya adalah gallery foto.

Dengan penggunaan yang mudah, gallery foto bisa membuat postmu lebih cantik dan memorable. Tak hanya itu, gallery foto bisa kamu manfaatkan sebagai portfoliomu sehingga karya-karyamu bisa dilihat banyak orang.

Related Posts

Site Menu