hilman-blogging-competition

[Interview] Yuk, Kenalan dengan Hilman, Pemenang II Blogging Competition C2live bersama EV Hive!

Saya salah satu blogger yang tergabung dalam komunitas C2live.com

Alasan menulis blog memang ada banyak banget dan biasanya tiap blogger punya alasan sendiri untuk rajin menulis di blognya. Dari mulai hobi menulis, ingin berbagi hal-hal yang disukai, hingga menulis sebagai sebuah pekerjaan. Nah, kali ini kita dapat kesempatan untuk ngobrol sama Hilman Mulya Nugraha, salah satu pemenang lomba blog bersama EV Hive. Kita bakal ngobrol seputar alasan menulis dan tips-tips blogging. Mau tahu apa aja hasil ngobrolnya? Yuk, dengar cerita dari Hilman.

Hobi Menulis Blog yang Berbuah Manis

blogging competitionSumber: HilmanGraha
 

Setiap blogger pasti punya titik permulaan kapan mereka mulai menulis blog. Nggak harus memulai blognya dengan perencanaan isi dan desain yang sudah matang, kamu bisa mulai dengan membagikan hal-hal yang kamu suka atau bercerita tentang keseharianmu. Seperti itu pula Hilman memulai perjalanan menulis blognya. Dimulai dari blog berisi curhatan galau saat kuliah, saat itu Hilman pun belum konsisten menulis blog dan nggak memusingkan apa yang perlu ditulis. Tapi semenjak kenal dengan salah satu blogger Bandung, pengetahuannya tentang blog jadi semakin luas. Dari sana ia juga jadi tahu kalau menulis blog bisa menjadi sumber penghasilan tambahan, ia pun mulai serius dalam menulis dan mengatur apa saja yang di-posting di blognya. Hobi menulis blog ini ternyata berbuah manis, salah satunya membawa rejeki untuk menikah. Wah, manisnya!

Sempat Ragu untuk Mengikuti Lomba EV Hive

blogging competitionSumber: HilmanGraha
 

Memenangkan lomba blogging bersama EV Hive menjadi hal yang cukup mengejutkan bagi Hilman. Walaupun sudah berniat untuk ikut, bahkan sudah jauh-jauh berkunjung EV Hive untuk mendapatkan real experience bekerja di sana, nyatanya ia sempat merasa pesimis untuk menang. Itu karena ia baru mulai menulis di hari yang sama dengan deadline lomba. Tapi mungkin karena keahlian meracik kata-kata, ditambah keajaiban deadline, dan dengan materi yang sudah terkumpul, Hilman akhirnya menyelesaikan tulisannya untuk lomba dan menjadi juara kedua. Kita memang tidak akan tahu apa yang bisa terjadi kalau tidak mencoba, ya, ‘kan?

Tulis Topik yang Kamu Kuasai, Kuasai Topik yang Ingin Kamu Tulis

blogging competitionSumber: HilmanGraha
 

Salah satu kunci menulis adalah pemahaman yang luas tentang topik yang ingin ditulis. Saat mengikuti lomba blogging EV Hive, Hilman mengaku sudah pernah membaca tentang coworking space di beberapa media online yang membahas startup dan teknologi. Ia juga mencari tahu lebih dalam tentang konsep coworking space. Langkah pertama untuk menulis adalah membaca. Semakin banyak yang kita baca, tentu lebih banyak yang dapat kita tulis. Apalagi jika ingin membuat artikel tulisan berupa review atau ulasan, jadi kita tahu hal apa saja yang mesti dibahas dalam ulasan. Selain membaca, Hilman mengaku mendapatkan pengalaman langsung dengan mengunjungi EV Hive, sebagi coworking space yang akan diulas di blognya. Menurut Hilman, baiknya kita menulis topik yang kita kuasai, jadi kalau mau menulis topik yang belum kita kuasai, ya pelajari dulu tentang topik itu. Gali informasi yang banyak dengan membaca berbagai hal tentang topik yang ingin ditulis.

Mungkin banyak dari kita yang berpikir, “Aduh, susah banget nulis topik yang menarik.” Jangan menyerah. Menulis topik yang menarik adalah hasil dari belajar terus menerus. Bagaimana caranya belajar menulis agar dapat menyajikan topik yang menarik dan tidak membuat pembaca bosan? Ya terus menulis tentunya. Oh ya, selain topik yang harus diperhatikan menurut Hilman adalah EBI atau Ejaan Bahasa Indonesia. Meski gaya tulisan di blog kita lebih informal atau menggunakan bahasa gaul, memahami EBI adalah nilai plus untuk seorang penulis.

Selain itu, dalam menulis blog kita harus sadar bahwa tujuan utama menulis blog adalah berbagi konten yang menarik. Walaupun ada iming-iming hadiah lomba atau penghasilan tambahan dari menulis blog, anggaplah itu salah satu manfaat dari tulisan yang kita bagikan. Hilman juga mengatakan bahwa jaringan pertemanan sesama blogger itu penting untuk saling berbagi pengalaman dan belajar dari blogger yang sudah lebih berpengalaman. Melihat blogger lain rajin menulis juga bisa meningkatkan konsistensi kita menulis, lho.


Hal tersulit adalah memulai, mungkin ungkapan itu ada benarnya. Terkadang kita punya banyak sekali alasan untuk tidak memulai. Tetapi, merangkum dari obrolan dengan Hilman, dalam menulis blog terutama, kita harus berani mulai menulis. Menulis saja dulu, ke mana tulisan-tulisan itu akan membawa kita, biarlah jadi sebuah kejutan nantinya.

Nah, kalau kamu ingin belajar hal-hal seputar blog atau tips-tips menulis lainnya, kamu dapat membacanya di Blog C2live! Selain itu, akan ada interview lainnya dengan para pemenang dan juri blogging competition C2live yang bisa jadi inspirasimu, lho. Happy writing, guys!

Related Posts

 
Site Menu