C2live-DBN-Deddy Huang

Intip Keseruan Workshop DBN dan C2live bersama Deddy Huang

I’m a writer at Content Collision

Melihat fakta bahwa travel blog sedang marak diminati dan menciptakan hype yang cukup tinggi di kalangan para blogger, Dear Blogger Net (DBN) berinisiatif untuk mengadakan workshop yang mempertemukan para blogger untuk membahas lebih dalam mengenai niche yang satu ini.

Bicara soal travel blog, rasanya sudah sangat wajar kalau kita mengait-ngaitkannya dengan nama Deddy Huang. Bagaimana tidak? Sepak terjangnya di dunia blogging Indonesia, terutama terkait topik-topik travel, sudah diketahui orang banyak. Melalui tulisannya, ia bisa memberikan ‘nyawa’ pada cerita-cerita pengalaman yang ia bagikan, sehingga terasa hidup.

Merasa event ini nggak akan lengkap tanpa kehadirannya, akhirnya DBN mengundang sosok yang akrab disapa sebagai Ko Huang ini untuk menjadi pembicara dan berbagi insight mengenai bagaimana cara memulai sebuah travel blog. Karenanya, workshop kali ini diberi tema “How to Start a Travel Blog with Deddy Huang”.

Event yang di-support oleh C2live ini diselenggarakan pada Rabu, 25 April 2018 dan bertempat di gedung Ariobimo Sentral level 8. Ingin tahu apa saja yang dibahas dalam workshop tersebut? Yuk, simak ulasannya di bawah ini!

Perkenalan Singkat DBN

DBN

Sebagai inisiator acara, Haya Aliya Zaki selaku perwakilan dari DBN mengawali workshop kali ini dengan kata sambutan yang menandakan event resmi dimulai. Kepada para peserta yang hadir, Haya menyampaikan perkenalan singkat tentang komunitas blogger yang didirikannya bersama dua rekannya, yakni Lidya Fitrian dan Dewi Sulistiawaty.

Didirikan pada 9 Februari 2018, DBN merupakan sebuah komunitas blogger yang memiliki fokus untuk melakukan beragam kegiatan charity, seperti kunjungan yang telah dilakukan ke PKBM GINUS Itaco. Hal inilah yang membuatnya berbeda dengan komunitas-komunitas blogger lain pada umumnya. Selain itu, DBN juga memiliki visi untuk meningkatkan pemberdayaan terhadap blogger dengan mengadakan berbagai kegiatan, seperti workshop, digital campaign, dan lomba.

Workshop kali ini pun merupakan bentuk dari upaya pemberdayaan tersebut. Karenanya, walaupun waktu persiapan yang dimiliki tergolong singkat, segala sesuatu tetap diusahakan supaya berjalan lancar hingga akhirnya DBN dan C2live berhasil berkoordinasi untuk mewujudnyatakan rencana penyelenggaraan event ini.

C2live Juga Punya Misi untuk Memberdayakan Blogger, lho!

C2live

Dalam event ini, C2live juga diberi kesempatan untuk memperkenalkan diri pada para blogger yang sudah hadir. Melalui kesempatan inilah, C2live menyampaikan informasi bahwa teman-teman blogger dapat memanfaatkan C2live untuk meningkatkan kapabilitas mereka sebagai blogger.

Memiliki visi untuk membangun ekosistem blogger yang harmonis, wajar saja jika C2live juga mengerahkan segala daya upaya untuk meningkatkan pemberdayaan terhadap blogger sebagai bagian dari misi-misinya. Karena itu, C2live hadir sebagai platform teknologi penyedia konten yang menawarkan berbagai tech tools bagi para blogger untuk memudahkan kegiatan blogging mereka.

Untuk mewujudkan hal tersebut, C2live menawarkan empat produk yang sekiranya dapat membantu para blogger di tanah air untuk level up, yakni C2live.com, C2live Connect, C2live Portfolio Builder, dan C2live Meet-up. C2live.com sendiri merupakan sebuah blog yang didedikasikan bagi para blogger untuk memperluas wawasan mereka seputar blogging dengan menyajikan beragam konten yang dapat berupa informasi lomba blog, tips blogging, penggunaan tools, hingga sosok inspiratif yang bisa menjadi ilham.

Produk kedua, yakni C2live Connect, merupakan sebuah platform digital yang dapat dimanfaatkan untuk menciptakan kompetisi blog. Hingga saat ini, C2live telah bekerja sama dengan berbagai brand untuk mengadakan beragam lomba blog yang pada akhirnya memberikan keuntungan bagi para blogger juga.

Produk ketiga adalah C2live Portfolio Builder yang bisa kamu gunakan untuk showcasing hasil-hasil karyamu selama ini, sehingga bisa lebih mudah ditemukan oleh brand dengan menjadi alternative exposure channel.

Produk terakhir adalah C2live Meet-up yang berupa penyelenggaraan offline events untuk berbagi ilmu dan informasi secara langsung kepada para blogger dan penulis di Indonesia.

Menarik, bukan? Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, segera manfaatkan C2live sekarang juga!

How to Start a Travel Blog with Deddy Huang

Deddy Huang

Mungkin, bagian artikel inilah yang paling kalian tunggu-tunggu. Pasalnya, pembahasan ini kan merupakan tema utama dari si event ini sendiri. Bisa dibilang, Ko Huang adalah tokoh utama yang paling dinanti-nanti dalam workshop kali ini. Sebenarnya, wajar saja jika ia begitu dinantikan, sebab ia sendiri sudah dianggap sebagai soosk yang berhasil mematahkan opini-opini yang mengatakan bahwa sulit menjadi travel blogger jika tidak tinggal di ibukota. Biarpun tinggal di Palembang, Ko Deddy tetap aktif berkarya.

Sebelum menyampaikan materi utama, Ko Huang memberi sapaan kepada teman-teman blogger yang sudah hadir. Ia mengatakan sangat senang bisa menyempatkan diri dan bertemu dengan kawan-kawan blogger sejawat di Jakarta di sela-sela waktu luangnya. Tapi, walaupun katanya cuma sekadar mengisi waktu luang, Ko Deddy terlihat begitu antusias, kok, dalam menyampaikan sharing ilmunya.

Deddy Huang

Sebagai awalan, Ko Huang menceritakan tentang bagaimana bisa terjun untuk menekuni travel blogging. Mulai dari menjadikan travelling sebagai terapi untuk menghilangkan kejenuhan, kisah mendapat ajakan dari Dinas Pariwisata untuk menemani blogger nge-trip di Jakarta, memanfaatkanbasic skill-nya sebagai digital marketing specialist untuk kepentingan blogging dan freelancing, hingga melahap berbagai lomba blog dari beragam niche.

Lama-kelamaan, kegiatan blog Ko Huang semakin terfokus pada bidang travel yang kini kian mengangkat namanya di dunia blogging. Sebenarnya, apa sih yang ia dapat dengan menjadi seorang travel blogger? Mendapat income tambahan dan memperluas koneksi, tentu. Apalagi kelimpahan jatah jalan-jalan gratis. Rasanya jadi travel blogger, tuh, yang kedengaran cuma senang-senangnya saja. Tapi lebih dari itu, travelling juga dimaknai oleh Ko Huang sebagai sekolah kehidupan yang mengajarkannya untuk berinteraksi dengan berbagai macam orang, budaya, dan cara pandang; memperkaya dirinya menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Deddy Huang

Lalu? Jika kita ingin menjadi travel blogger, harus mulai dari mana? Kepada teman-teman blogger yang hadir, Ko Huang menyampaikan pentingnya memperbanyak perbendaharaan kata, mencari style penulisan sendiri, hingga trik-trik untuk membuat tulisan lebih bernyawa agar terkesan menarik. Namun yang lebih penting dari itu semua tentu saja adalah jalan-jalannya.

Menurut Ko Huang, yang namanya travel blogger itu harus beneran jalan-jalan alias nge-trip. Jangan sampai kamu jadi travel blogger yang cuma menyajikan ulasan tempat wisata berdasarkan second-hand information doang tanpa merasakan sendiri pengalaman berada di tempat tersebut. Percaya nggak percaya, hasilnya akan jauh berbeda! Jadi, kalau mau menjadi seorang travel blogger, mulailah menjelajahi berbagai daerah. Mau domestik atau mancanegara, yang penting jalan dulu!

Terus, kalau sudah jalan-jalan dan mendapatkan pengalaman? Apa, nih, yang perlu ditulis? Menurut Ko Huang, blogger itu sudah selayaknya berbagi informasi. Karenanya, cobalah untuk membuat tulisan travel yang bermanfaat dengan membahas hal-hal seputar ongkos, rute, karakter orang lokal, hingga interaksi apa yang bisa dilakukan. Niscaya, tulisanmu akan disukai pembaca karena mereka akan mendapatkan insight yang bernilai.

Kalau nggak bisa nulis gimana? Ko Huang sendiri sebenarnya percaya, kok, kalau kita semua bisa membuat tulisan blog. Tinggal ikuti naluri saja. Memang, nggak semua pejalan itu nulis, dan nggak semua penulis adalah tukang jalan. Namun, kalau kamu lagi jalan-jalan, sering kan membuat caption untuk di-post di media sosial? Nah, sebenarnya caption-caption itu bisa kamu kembangkan untuk merangkai sebuah tulisan, kok. Apalagi kalau kamu terbiasa menulis caption-caption yang cenderung panjang.

Kuncinya adalah latihan dan terus mencoba. Lama-lama kamu pasti bisa, kok!


Nah, itu dia sharing dari C2live dan Ko Huang dalam workshop DBN tempo hari. Seru, kan? Buat kalian-kalian yang sampai saat ini masih bingung untuk memulai travel blog masing-masing, silahkan manfaatkan tips-tips di atas untuk membangun travel blog-mu, ya.

Next time, kalau ada kesempatan untuk ketemuan dan ngobrol bareng dalam sebuah event, yuk ikutan! Dijamin nggak bakal rugi. Soalnya kamu bakal bisa memperkaya wawasan serta keterampilan dengan berbagai insight seputar blogging yang dibagikan, sehingga bisa kamu terapkan langsung untuk blogmu. Sampai ketemu di event berikutnya!

Sumber: Dok. C2live

Related Posts

 
Site Menu