instalasi-google-analytics

Tutorial Instalasi Google Analytics untuk WordPress

Kali ini saya akan membahas tentang bagaimana tutorial instalasi Google Analytics untuk WordPress. Sebenarnya apa sih itu Google Analytics? Google Analytics merupakan tools untuk menganalisis website/blog kita.

Apa saja yang bisa dianalisa oleh tools ini? Banyak banget! Mulai dari demografi (jenis kelamin, umur), interest, lokasi, bahasa, behaviour (perilaku), teknologi yang digunakan oleh pengunjung (OS yang dipakai, browser yang dipakai), jaringannya apa, jam berapa pengunjungnya klik website kita, pengunjungnya datang dari keyword apa, berapa lama pengunjungnya baca di website/blog kita, dan masih banyak lagi.

Manfaat Google Analytics Untuk Website

  1. Kita jadi lebih mengenal karakteristik pengunjung website/blog kita, ini penting untuk membantu pengembangan konten yang sesuai karakteristik pengunjung dan meminimalisir bounce rate website kita. Notes: bounce rate itu ukuran seberapa betah pengunjung di website kita. Bounce rate yang mendekati 100% artinya pengunjung males lihat website kita, pengen cepet-cepet close aja, entah itu penyebabnya konten yang tidak menarik, load page website lama, dan lain-lain.
  2. Mengetahui darimana pengunjung website kita.
  3. Mengetahui bagaimana visitor berinteraksi dengan website kita. Apakah melalui mobile atau desktop? Bila banyak yang berinteraksi dengan mobile, kita bisa membuat website dengan tampilan yang responsive.
  4. Mengetahui konten yang menarik bagi pengunjung. Konten tersebut dapat menjadi acuan untuk pengembangan konten website nantinya.
  5. Mendapatkan data produk yang paling menarik (apabila memiliki toko online). Ini sangat penting bagi pemilik toko online, karena dapat menganalisa produk apa saja yang laris dilihat dari tingkat konversi penjualannya, pengunjungnya, dan lain-lain. Data-data ini nantinya akan dipakai untuk menentukan strategi marketing toko online

Oke sudah tahu apa itu Google Analytics serta manfaatnya, sekarang saya akan menjelaskan bagaimana cara instalasi Google Analytics di wordpress.

1. Daftar akun Google Analytics di sini 

2. Pilih Google Analytics

3. Sign in pakai akun google, lalu daftar baru

4. Masukkan nama dan domain

5. Klik dapatkan ID pelacakan

6. Nanti akan keluar kotak peringatan, pilih Indonesia lalu klik saya setuju

7. Simpan ID Pelacakannya

8. Pasang plugin Google Analytics di WordPress, klik plugin di menu kiri lalu add new

9, Pilih Google Analytics by share this, install dan aktivasi

10. Cek di menu kiri,ada menu Google Analytics, pilih setting, lalu klik Autenticate with Google

11. Pilih akun google yang sudah didaftarkan Google Analytics tadi

12. Berikan hak akses dengan klik allow

13. Copy kodenya

14. Paste ke tempat no 11 tadi lalu save changes

15. Pilih setting di Google Analytics lalu pilih akun Google yang sudah didaftarkan Google Analytics,lalu save setting

Laporan analytics akan update 12-24 jam. Untuk melihat laporannya, bisa diakses di report pada dashboard Google Analytics di http://analytics.google.com

Demikian tutorial instalasi Google Analytics pada WordPress, silakan komen dan share jika artikel ini bermanfaat. Nanti saya akan update hal lainnya terkait dengan studi kasus pada Google Analytics 🙂. Terima kasih!


Artikel ini pertama kali dipublikasikan di Hello Inez. Bila kamu juga ingin membagikan artikel kamu di C2live, segera hubungi putra@c2live.com.

Related Posts