Kang Asep

Kang Asep, Blogger yang Berbagi Resep dari Blog Gratisan menjadi Blog yang Menghasilkan

Tak hanya bagi sosok bernama Kang Asep, setiap blogger pasti mempunyai cerita masing-masing tentang bagaimana mereka pertama kali memulai blogging. Tujuan membangun blog itu pun beraneka ragam, mulai dari sekedar ingin meluapkan curhatan, rasa untuk berbagi pengalaman, menawarkan jasa, menyebar informasi, hingga untuk tujuan berbisnis. Soal bagaimana mereka bisa tertarik pada blogging itu sendiri, ada yang memulai karena kemauan sendiri, ikut-ikutan teman hingga pengaruh lingkungan.

Kali ini, kita akan belajar dari Kang Asep, seorang blogger yang telah menggeluti dunia blogging sejak beberapa tahun lalu. Blog gratisan yang ia pilih ketika pertama kali nge-blog kini sudah berhasil membawanya menjadi seorang blogger yang berhasil meraih pundi-pundi rupiah dari ketekunannya dalam blogging.

Pria 32 tahun ini merupakan kepala dari keluarga kecil yang dibinanya. Keseriusannya dalam dunia blogging tidak hanya sebatas mengurus blog pribadi, tapi juga mengajar blog untuk orang lain. Bahkan blogger yang satu ini juga membuka jasa membuat website.

Di samping aktif sebagai blogger, pria yang akrab disapa Kang Asep adalah bagian dari tim KMO Indonesia, yang mana kesibukannya adalah berjualan secara online dan offline. Tak cukup sampai disitu, rupayanya ia juga seorang guru mengaji.

Bukan tanpa alasan, ia memutuskan menjadi seorang blogger. Kegemarannya dalam dunia tulis menulis rupanya menjadi latar belakang yang menghantarkannya untuk mendalami dunia blogging. Sebab, memang sejak SMA, menulis sudah menjadi hobinya hingga sekarang.

Sekitar tahun 2006, Kang Asep mulai mengenal dunia internet. Di tahun itu pula ia bertekad memiliki tempat yang difungsikan untuk menuangkan buah pikiran. Kemudian di tahun berikutnya, 2007, ia mulai aktif sebagai blogger sembari mempelajari dunia blogging lebih dalam.

Baginya, menjadi blogger adalah suatu jalan yang akan menuntunnya untuk mencapai cita-citanya sebagai penulis. Melalui perannya sebagai salah satu blogger, ia bisa berbagi ilmu tanpa takut menggurui. Tak tanggung-tanggung, dengan blog jugalah akhirnya ia bisa menerbitkan buku solo pertamanya yang berjudul “Mendulang Rupiah dari Ngeblog“.

Kang Asep

Buku “Mendulang Rupiah dari Ngeblog”

Kepututsan yang ia pilih sebagai seorang blogger membuatnya termotivasi untuk tekun menulis. Hingga saat ini, 600 artikel telah ia tulis dan tersebar di internet. Itulah yang membuatnya berhasil menerbitkan buku solo perdananya. Dalam bukunya, ia mengulas tentang pengenalan dunia blogging, cara ngeblog yang terlupakan, blog nangkring di halaman pertama Google, percantik blog, blog banjir pengunjung, cara berpenghasilan dari blog, dan perihal mencairkan uang dari blog.

Wah, keren, ya?

Berbicara tentang blog, kamu tentu penasaran, kan, soal nama blog personal yang Kang Asep pilih? Blog personal yang telah ia kembangkan bertahun-tahun adalah pusatsemangat.com, yang dahulu adalah pusatsemangat.blogspot.com. Platform Blogspot yang menjadi salah satu platform gratisan dan bisa dipilih oleh mereka yang baru berniat untuk membuat blog.

Kang Asep

PusatSemangat.com, Blog milik Kang Asep Solikhin

Kang Asep berharap, blog yang ia kelola dengan nama pusatsemangat.com dapat menjadi pusat motivasi dan inspirasi bagi setiap pengunjungnya. Meski begitu, blog ini merupakan blog dengan niche yang gado-gado. Ada kategori lain yang disediakan. Salah satunya yang paling banyak ia tulis akhir-akhir ini adalah seputar blogging. Hal ini dilakukan karena banyaknya orang yang berkeinginan untuk belajar blog kepadanya.

Untuk kamu yang memiliki tekad menjadi seorang blogger, kang Asep memberikan jawabannya. Dalam blognya, ia membahas tulisan seputar teknis untuk membuat blog bagi pemula hanya dalam 5 menit. Menurut pemilik blog pusatsemangat.com ini, ngeblog itu sebenarnya mudah.

Ketertarikan masyarakat tentang dunia blogging sebenarnya begitu besar. Tak heran jika dari hari ke hari, blogger baru terus bertambah. Hal ini bisa diukur dengan banyaknya jumlah anggota grup Telegram (@WebBeginner) yang jumlahnya sekitar 300an. Adapun @WebBeginner merupakan salah satu grup Telegram yang Kang Asep kelola. Hal ini disebabkan karena banyak blogger baru yang belum begitu mengerti dan masih bingung harus memulai nge-blog dari mana. Kehadiran @WebBeginner diharapkan bisa membantu para blogger, khususnya bagi mereka yang baru mulai melangkah.

Melalui blog pribadinya, pusatsemangat.com, tak hanya tulisan bertema motivasi yang ia sebarkan. Ia juga aktif berbagi seputar dunia blogging. Tak berhenti sampai di situ, ia pun sering berbagi di channel Telegram dan akun Facebook-nya. Bahkan, ia juga telah menerbitkan beberapa e-book tentang blogging. Meski begitu, hal paling menarik bagi blogger ini adalah ketika ia berhasil menerbitkan buku dengan judul “Mendulang Rupiah dari Ngeblog“.

Sesuai dengan judul yang tertera di atas, dimulai dari blog gratisan kini Kang Asep bisa meraup penghasilan. Tapi ingat, gratisan itu hanyalah permulaan saja. Blogger yang tinggal di Tasikmalaya ini menyarankan kepada teman-teman yang masih pakai platform gratisan untuk beralih ke domain berbayar seperti .com supaya lebih tinggi penghasilannya.

Kang Asep

Penghasilan dari Blogging

Ketika blogger yang satu ini ditanya sejak kapan ia memperoleh penghasilan dari blogging? Tahun 2013 lah jawabannya. Ya, di tahun tersebutlah ia sudah dapat penghasilan dari blog. Penghasilannya berasal dari menjadi affiliate hingga menjual produk orang. Tahun berikutnya, ia menjual produk sendiri di salova.net hingga kini. Sedangkan, untuk AdSense sendiri sudah dimulai sejak tahun 2015 sampai sekarang.

Di balik kesuksesannya sebagai seorang blogger, ada beberapa tools khusus yang Kang Asep gunakan untuk meningkatkan performa tulisan, di antaranya adalah Google Manager dan Google Analytics.

Blogger yang satu ini juga berbaik hati lho untuk membagikan resep agar para blogger tetap semangat blogging. Resepnya adalah jangan lihat nilai atau angka penghasilan. Tapi fokuslah untuk meningkatkan kualitas tulisan. Sebab, bagaimanapun tujuan utama nge-blog adalah untuk berbagi kebaikan. Tentunya diimbangi agar mendapatkan ridha Yang Maha Esa. Sebab, ngeblog bisa menjadi amal jariyah jika ilmu yang disebarkan itu bermanfaat.

Sebagai blogger, kang Asep sendiri memiliki harapan untuk membuka kelas blogging. Baik yang diadakan secara online dan offline. Selain itu, kang Asep juga berencana untuk membuat buku lainnya.

Bagi kamu yang ingin menyapa ataupun berkeinginan untuk belajar nge-blog bersama blogger yang satu ini, silahkan kontak melalui akun sosial medianya, di antaranya melalui Facebook, Twitter, Instagram, dan Telegram.

Melalui kisah di atas, secara tak langsung blogger ini telah menginformasikan bahwa ngeblog itu sebenarnya mudah, lho! Tak hanya itu, blogging juga sebagai kegiatan yang menyenangkan dan bisa memberikan banyak manfaat. Tak hanya bermanfaat karena telah menginspirasi orang lain, tapi juga berguna untuk diri sendiri.

Wah, menjadi seorang blogger ternyata menarik, ya? Sayang banget kan, kalau kamu hanya berdiam diri dan masih ragu untuk memulai ngeblog yang sebenarnya gampang.

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, mulai ngeblog dari sekarang!

Related Posts

Site Menu