pemasaran media sosial

Kesalahan Pemasaran melalui Media Sosial yang Perlu Kamu Hindari

Sudah bukan rahasia umum jika masyarakat modern masa kini sangat menggandrungi aktivitas media sosial, terlebih oleh kalangan muda. Selain menjadi wadah komunikasi yang praktis, media sosial sangat ampuh untuk dijadikan sarana pemasaran informasi. Tidak heran, beragam bisnis melancarkan kampanye mereka melalui media sosial. Sadar atau tidak, sebenarnya hal ini juga sudah dilakukan oleh banyak blogger untuk membangun citra blognya.

Dengan memasarkan konten-kontenmu melalui media sosial secara rutin, perlahan keberadaanmu pada media sosial terkait akan menguat. Hal mampu memberikan dampak positif bagi perkembangan blogmu, seperti mendapatkan pembaca baru yang akan meningkatkan jumlah traffic. Namun, memasarkan blog melalui media sosial tidak bisa dilakukan dengan asal. Kamu perlu mengetahui hal-hal apa saja yang memang akan memberikan kontribusi positif dan mana yang berpotensi menjatuhkan performa blogmu.

Sayangnya, banyak blogger yang seringkali melakukan langkah-langkah pemasaran yang keliru melalui media sosial. Apa saja yang termasuk di dalamnya? Berikut empat contoh kesalahan pemasaran melalui media sosial yang dapat menurunkan performa blogmu.

1. Hanya fokus pada satu kanal

pemasaran melalui media sosial

Ada banyak kanal media sosial yang bisa kamu manfaatkan untuk melakukan pemasaran blog. Tentu, masing-masing memiliki keunggulan tersendiri. Karena itu, kamu perlu mengeksplornya dan menentukan mana yang paling sesuai dengan kebutuhan pengembangan blogmu.

Namun, perlu kamu ketahui, penggunaan internet yang paling besar melibatkan aktivitas-aktivitas di media sosial. Bisa dikatakan, hampir semua kalangan usia yang menggunakan internet setidaknya memiliki 2 akun media sosial. Karena itu, jika kamu memasarkan blogmu hanya melalui satu kanal media sosial saja, kamu akan melewatkan berbagai kesempatan untuk meningkatkan pengunjung blogmu.

Meski demikian, kamu juga perlu memperhatikan juga pengelolaan setiap kanal media sosialmu. Apabila kamu tidak mampu mengurus kanal media sosial dalam jumlah banyak, sebaiknya hindarilah melakukan pemasaran lebih dari dua atau tiga kanal. Sebab, ketika kamu gagal untuk mengelola kanal-kanal tersebut secara rutin, maka hal itu dapat merusak citra blogmu juga.

2. Tidak adanya link menuju situs blogmu

pemasaran melalui media sosialProfil media sosialmu adalah bagian yang sering dilihat oleh para pengunjung ketika social posts-mu sudah menarik perhatian mereka. Dengan membuat profil yang menarik, kamu dapat membuat citra dari blogmu menjadi lebih baik. Untuk itu, kamu perlu memperkuat karakteristik unik yang kamu dan blogmu miliki. Dengan begitu, efek pemasaran melalui media sosial yang kamu dapat juga akan lebih besar, sebab kamu menyajikan apa yang menjadi ciri khas dari blogmu.

Sayangnya, masih ada banyak blogger yang luput dalam mencantumkan link blog mereka pada bagian informasi profil dari media sosial yang mereka gunakan untuk branding. Padahal, tidak sedikit jumlah media sosial yang memungkinkan kamu untuk mencantumkan link situs pada bagian profil pemilik akunnya. Nah, kamu sebenarnya dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk mempromosikan blogmu dengan menambahkan backlink bagi blogmu. Dengan memberikan backlink pada blogmu, kamu dapat membuat blogmu lebih terekspos oleh followers-mu yang nantinya bisa berdampak pada peningkatan jumlah traffic.

3. Membagikan konten terbarumu hanya satu kali

pemasaran melalui media sosialMembagikan konten melalui media sosial merupakan salah satu upaya untuk memasarkan blogmu. Dengan membagikan konten blogmu di media sosial, kamu bisa mendapatkan traffic lebih dibandingkan hanya mempublikasikannya saja melalui situs blogmu. Dengan kata lain, cara ini merupakan bentuk optimasi pemasaran blog yang bisa kamu lakukan dengan mudah.

Karenanya, ketika kamu membagikan konten melalui media sosial, janganlah kamu lakukan hanya sekali. Bagikanlah kontenmu yang membanggakan tersebut di beberapa kanal media sosial lainnya. Setiap kanal media sosial memiliki karakteristik pembaca masing-masing, jangan lupa untuk menyesuaikan caption yang kamu gunakan dengan karakteristik pembaca tersebut.

Karena itu, hindarilah menyalin-tempel caption dari satu media sosial ke media sosial lain agar post-mu lebih tepat sasaran. Mengapa? Karena dengan adanya sedikit saja pendekatan yang berbeda untuk audience-mu, hasil yang kamu dapat akan berbeda, lho. Untuk hasil yang lebih optimal, jadwalkanlah pembagian kontenmu agar promosi yang kamu lakukan lebih. Dengan promosi berulang yang tersusun baik, kamu dapat menjangkau followers yang lebih banyak.

4. Tidak menjalin hubungan dengan influencer dengan niche yang sama

pemasaran melalui media sosialKamu perlu membangun koneksi dengan berbagai influencer agar dapat meningkatkan traffic pada blogmu serta memberikan efek positif pada peringkat SERP-mu. Ada banyak cara untuk dilakukan untuk membangun hubungan dengan mereka. Kamu bisa bertemu secara langsung, mengirimkan e-mail, ataupun menghubungi secara personal melalui situs mereka. Namun, di samping itu, cara mudah lainnya untuk membangun relasi dengan mereka adalah melalui sosial media.

Membangun relasi yang baik dengan influencer dengan niche yang sama bisa membantu kamu untuk mendapatkan berbagai insight baru untuk dipelajari. Dengan demikian, kamu pun juga akan terbantu untuk mengembangkan diri sebagai blogger. Selain mendapatkan pembelajaran baru, menjalin relasi yang baik dengan seorang influencer juga bisa membuat followers nya tertarik padamu dan mem-follow media sosialmu atapun blogmu, lho. Menguntungkan, bukan?


Dengan mengetahui beberapa contoh kesalahan pemasaran melalui media sosial tadi, semoga kamu bisa menghindari kesalahan serupa agar tidak memberikan pengaruh buruk bagi perkembangan blogmu, ya.

Sangat disayangkan jika kamu tidak dapat mengoptimalkan hasil pemasaran blogmu melalui media sosial hanya karena kekeliruan-kekeliruan sederhana. Sebab, media sosial sendiri sudah terbukti ampuh sebagai kanal distribusi untuk melakukan branding. Jadi, manfaatkanlah wadah ini untuk bisa mempromosikan blogmu semaksimal mungkin, ya!

Sumber gambar: OneWorld, Grand Chambéry Alpes TourismeMotoCMS, Omnidatanj, The Business of Fashion.

Related Posts

Site Menu