Pro-dan-Kontra-Penulis-Freelance

Sebelum Terjun, Ketahui Dulu Pro dan Kontra Menjadi Penulis Freelance!

Zaman sekarang, semakin banyak yang bilang, menjadi penulis lepas atau freelance itu bagus, karena profesi ini nggak ada matinya! Buat kamu yang sudah terjun ke dalam profesi ini, mungkin sudah tahu pahit manisnya, buat yang belum, ada baiknya tahu dulu apa hal yang nggak enak, dan apa yang menjadi keuntungan penulis freelance! Inilah pro dan kontranya!

Keuntungan penulis freelance (Pro)



Dunia adalah kantormu!

Keuntungan Penulis FreelanceAlat menulis sekarang punya mobilitas tinggi! Sebagai penulis, kamu mungkin hanya butuh memo kecil untuk menuliskan idemu. Selanjutnya, tinggal kamu tuangkan ke platform menulis favoritmu lewat smartphone, iPad, dan notebook kamu!

Semuanya bisa kamu bawa ke mana saja. Artinya, kamu bisa menulis dari mana pun juga!

Menulis adalah proses kreatif. Bila dunia adalah kantormu, kamu bisa menggali kreativitas di berbagai tempat baru! Iseng-iseng cari inspirasi di kereta, ke cafe-cafe cantik, atau ke kota yang belum pernah kamu kunjungi sebelumnya!

Tak ada batasan dalam berekspresi

Keuntungan Penulis Freelance

Dalam matematika, banyak hal yang eksak. Satu ditambah satu adalah dua. Namun, dalam seni menulis, banyak sekali kemungkinan yang bisa dihasilkan. Semuanya tergantung pada banyak hal, dari ide, gaya, hingga tujuan menulis.

Inilah salah satu keuntungan penulis freelance. Kamu bebas berkreasi dengan berbagai sudut pandang, mengumpulkan berbagai opini berbeda untuk menghasilkan karya tulis yang 100% ‘kamu’ banget. Seberapa sering kamu mendapatkan kebebasan berekspresi seperti ini?

Semakin banyak tulisan, semakin banyak pelajaran baru

Keuntungan Penulis FreelanceUntuk mematangkan hasil tulisanmu, terkadang kamu perlu mencari berbagai bahan tulisan yang sudah jadi. Selain menambah bahan tulisan, kamu bisa mencoba langsung pengalaman-pengalaman baru terkait dengan topik yang tengah kamu ulas. Hal-hal ini memungkinkanmu untuk terus-terusan mendapatkan wawasan baru dalam berbagai hal.

Semakin banyak menulis, maka semakin mudah kamu bisa menemukan berbagai sudut pandang berbeda untuk segala hal, baik dalam hidup maupun tulisan.

Dunia yang lebih luas!

keuntungan penulis freelanceKeuntungan penulis freelance adalah jalan-jalan dan melihat dunia. Petualangan mencari ide seringkali mengangkat kakimu dari balik meja. Tanpa terasa, kamu menemukan dirimu di taman kota, pinggir pantai, atas gedung tinggi, atau berbicara dengan orang asing di halte bus.

Belum lagi bila kamu diundang ke event, dibayar untuk mengulas makanan, dan bahkan tempat wisata! Semakin banyak hal yang ditulis, semakin banyak pula kamu bertemu orang baru, tentu dunia akan terasa jauh lebih luas!

Dibayar untuk menulis!

keuntungan penulis freelanceKeuntungan penulis freelance lainnya tentu saja mendapatkan uang dari melakukan hal yang benar-benar kamu suka, yaitu menulis! Dengan ini, lengkap sudah faktor-faktor yang membuat menulis itu bukan seperti bekerja. Seberapa banyak? Itu tergantung seberapa besar keinginanmu untuk terus improve, improve, dan improve!

Nggak enaknya menjadi penulis freelance (Kontra)


 Subjektivitas tanpa batas

Keuntungan Penulis FreelanceMeski ada aturan tertentu, karya penulisan adalah sebuah produk kreatif. Artinya tidak memiliki standar pasti dan merata tentang baik dan buruknya hasilmu. Dalam menulis, kamu akan menemukan subjektivitas tanpa batas.

Sebagai penulis lepas, penilai A bisa menyanjung karyamu, namun di mata penilai B, tulisanmu sangat tidak tertata. Lantas, apa yang harus kamu lakukan? Satu hal yang pasti adalah kenali benar-benar pembaca setia-mu, dan fokus pada umpan balik mereka.

Langkah pertama menjadi penulis freelance adalah menerima kenyataan bahwa kamu tidak bisa membuat semua orang suka dengan hasilmu.

Persaingan yang luas dan plagiarisme yang nggak kalah luas

Keuntungan Penulis FreelanceGara-gara informasi zaman sekarang mudah sekali menyebar, dunia menulis semakin besar kompetisinya. Fakta bahwa penulis semakin banyak, nggak menutup kemungkinan penulis yang disukai semakin banyak.

Di samping itu, hampir segala hal di dunia ini sudah ada tulisan yang mencertakannya. Buat kamu yang baru terjun, terkecuali kamu bisa membawa kebaruan dan inovasi dalam konten yang kamu ciptakan, maka persaingan akan terasa sedikit menyesakkan.

Hal ini juga diperparah dengan semakin mudahnya melakukan penjiplakan karya tulis orang. Tulisanmu bisa saja diambil semuanya tanpa diberi kredit. Namun tenang, sekarang nggak sedikit kok usaha dari media sosial dan perusahaan mesin pencar seperti Google untuk memblokir konten plagiat.

Karir? Tunggu dulu!

Keuntungan Penulis FreelanceMenjadi penulis, apalagi freelance sangat tidak menjanjikan karir yang stabil dan berkepanjangan. Setelah mengumpulkan pengalaman sebanyak mungkin dan memperdalam kualitas penulisan, mungkin kamu akan dikenal sebagai penulis senior. Kapan kamu bisa menjadi sesuatu yang lebih?

Biar tetap relevan dan bisa maju, kamu juga harus fasih dalam teknologi. Menulis bukan hanya sekadar menorehkan kata, kamu juga harus tahu apa itu SEO, tools-tools digital, dan ilmu content marketing biar memiliki nilai tambahan. Mungkin belajar design juga? Yang jelas, bukanlah hal yang mudah dan sekejap!

Jam kerja = jam pasir yang membeku

Keuntungan Penulis FreelanceMenulis lepas juga termasuk pekerjaan yang tidak mengenal waktu. Setiap tulisan butuh waktu yang berbeda untuk diselesaikan. Hal ini dikarenakan kreativitas yang bisa saja datang dan pergi. Namun ini bisa menjengkelkan bila kamu dihadapkan dengan deadline.

Kamu bisa dipaksa buat lembur, dan memaksa ide untuk keluar. Hasilnya, bisa-bisa kamu merasa nggak puas dengan tulisanmu. Apalagi bila writer’s block datang, artikel bisa berhari-hari baru kelar!

Pujian datang, kritik, dan cacian juga datang

keuntungan penulis freelanceAda yang membaca, pasti ada juga yang mengutarakan pendapatnya mengenai tulisanmu. Tulisan yang baik mungkin akan dibagikan ke sosial media dan mendapatkan berbagai komentar positif.

Namun, sama halnya jika tulisanmu dianggap kurang berkenan. Semua orang akan dengan mudah mengkritik dan memberikan tanggapan negatif secara terbuka terhadap bukan hanya tulisanmu, tapi juga kamu sendiri! Ini bisa jadi pembunuh moral dan kepercayaan diri yang hebat. Tahankah kamu?


Apapun pekerjaan, tentunya memiliki sisi negatif dan positifnya, termasuk menjadi seorang penulis lepas. Ada baiknya jika mengetahui kedua sisi tersebut sebelum benar-benar memutuskan untuk terjun ke dalam dunia menulis freelance. Lagipula bila passion kamu benar-benar dalam menulis, seberapa banyak hal yang nggak menyenangkan maupun keuntungan penulis freelance bukan menjadi masalah, kan? Kamu sudah siap?

 

Sumber : Sendstepsxusenru, FirmBeeDariuszSankowskistevepb, Temple of Poipomkomp, 3dman_eu, nile, PixelCreature

Related Posts

Site Menu