komunitas blogger narablog

Seberapa Pentingkah Komunitas Blogger untuk Narablog?

Sinergi seorang blogger bisa datang dari mana saja. Selain faktor internal, faktor eksternal juga memberikan peranan besar bagi blogger sekarang ini. Selain memberi sinergi, adanya komunitas blogger juga sangat menunjang kreatifitas dan produktivitas pemilik blog.

Bahkan, komunitas blogger pun tak hanya seperti rumah, tapi juga sebagai jembatan yang akan menjadi wadah bertemunya narablog yang satu dengan yang lain. Di samping itu, komunitas blogger pun memberikan peluang-peluang yang mampu memanjakan narablog di masanya.

Berkaitan dengan hal itu, rasanya memang kurang afdhol jika seorang narablog tidak bergabung dengan rekanannya. Pasalnya, dengan bergabungnya seseorang di komunitas blogger, sangat memungkinkan ia menjadi blogger yang professional.

Ketimbang, kamu harus berpikir lama-lama untuk mencari jawaban tentang seberapa pentingkah komunitas blogger untuk narablog. Kali ini, kamu akan temukan jawabannya dari seorang blogger yang juga aktif bergabung di berbagai komunitas blogger.

Siapakah dia?

Tentang Naqiyyah Syam

Blogger ini memiliki nama lengkap Sri Rahayu. Namun kiprah dalam dunia kepenulisan, membuatnya memilih Naqiyyah Syam sebagai nama penanya. Seorang perempuan sekaligus ibu dari 3 anak ini, rupanya telah lama aktif bergabung dengan komunitas blogger. Bandar Lampung merupakan tempat tinggalnya bersama keluarga.

Tak sekedar sibuk dengan statusnya sebagai ibu rumah tangga, blogger ini juga berprofesi sebagai penulis dan trainer. Sebelumnya, ia adalah seorang guru di sebuah SDIT di Lampung dan mengajar selama 6 tahun. Setelah itu, ia memutuskan untuk resign dan fokus menjadi smart mom yang tetap kreatif dari rumah.

Perjalanan Blogging Naqiyyah Syam

Mba Naqiyyah sendiri mulai aktif di dunia blogging pada tahun 2010. Meski pada masa itu, ngeblog hanya digunakan untuk menumpahkan curhatan dan wadah untuk lomba blog. Rupanya, pemilik blog dengan domain  https://www.naqiyyahsyam.com  ini, dahulu memulai blog dengan nama http://cerpeneddelweissnaqiyyah.blogspot.com yang dibuatkan oleh temannya. Dipilih nama tersebut bukan tanpa maksud, sebab temannya sangat menyukai judul cerpen karangan Mba Naqiyyah.

Hingga pada tahun 2015, Mba Naqiyyah pun beralih domain yang sampai pada saat ini ia gunakan. Sekarang, Mba Naqiyyah sendiri fokus untuk menjadi blogger profesional.

Dan, semua itu dimulai dari hobi, lalu menjadi profesi.

Seberapa Pentingkah Komunitas Blogger untuk Narablog?

Perlu kamu ketahui, komunitas blogger untuk narablog itu penting sekali, lho! Dengan berkomunitas, maka akan saling bersinergi. Selain itu, bila seseorang aktif dalam komunitas, secara tak langsung membantunya untuk meningkatkan kapasitas diri agar menjadi lebih baik. Termasuk menunjang kemampuan dalam blogging. Seperti membuat artikel yang menarik, mengedit video, membaca google analytics dan lainnya.

Memang saat ini, keaktifan anggota untuk berperan aktif dalam komunitas relatif sedikit. Hal ini karena ragamnya alasan tiap anggota dalam bergabung di komunitas dan tingkat semangat belajarnya yang berbeda-beda.

Ada yang memang sudah paham dunia blogger ketiga bergabung komunitas. Tapi, ada juga yang masih nyaman sebab menjadikan blogging hanya sekedar hobi. Hal ini memang tidak bisa memaksakan kehendak anggota. Untuk  itulah komunitas harus menjembati keinginan dan kemampuan anggotanya.

Nah, ternyata penting untuk para narablog untuk aktif dalam komunitas blogger. Baik itu pemula atau bahkan sudah professional sekalipun. Tak ada batasan bagi seorang blogger untuk aktif berpartisipasi dalam ruang komunitas.

Selain itu, ada banyak hal yang membuat seorang narablog merasa tertarik untuk bergabung dengan komunitas, lho! Ini di antaranya.

Baca juga: 5 Langkah Sukses Menjadi Lifestyle Blogger

5 hal yang membuat seorang blogger tertarik untuk mengikuti komunitas blogger

1. Menambah wawasan

Degan bergabung di komunitas, seorang narablog dapat menambah wawasan dunia kepenulisan dan juga skill blogging. Semakin bertemu banyak orang, maka sangat memungkinkan untuk saling berbagi informasi yang kemudian bisa diterapkan pada blog masing-masing.

2. Silaturahmi

Berkomunitas berarti menambah teman. Banyak jaringan, banyak juga teman baru. Dengan banyak teman akan mengenal banyak karakter. Ini bisa menjadi pengalaman hidup dalam dunia nyata.

3. Menambah Penghasilan

Seorang yang aktif dalam komunitas, tentu akan saling bertukar informasi. Dengan informasi tersebut, maka bisa memberikan peluang kepada sesama. Yang akhirnya, bisa membantu menambahkan penghasilan. Apalagi banyak info job di grup blogger membuat semarak anggota komunitas blogger semakin seru.

4. Jaringan

Dengan berkomunitas, jaringan lebih luas. Dapat bekerjasama dengan pihak terkait, seperti Dinas Pariwisata, Keminfo, Kesehatan, dan lainnya. Ini dapat bersinergi dalam menebarkan info ke masyarakat.

5. Mendapat ide baru

Bersama komunitas akan menemukan ide baru untuk kepentingan bersama. Contohnya mengetahui apa yang dibutuhkan para anggota sehingga dibuatlah acara untuk meningkatkan skill anggota lainnya.

Ragam komunitas yang diikuti oleh Naqiyyah

Karena Mba Naqiyyah sendiri menyadari betapa pentingnya seorang blogger untuk bergabung dengan komunitas, maka tak heran jika ia sendiri aktif mengikuti berbagai komunitas blogger. Di antaranya adalah Kumpulan Emak-emak Blogger (KEB), Blogger Perempuan, Blogger FLP dan Tapis Blogger.

Perlu teman-teman ketahui, Mba Naqiyyah sendiri merupakan pendiri dari Komunitas Tapis Blogger, lho! Dimana komunitas tersebut ia dirikan untuk wadah berjejaringnya para blogger Lampung. Tapis Blogger sendiri rupanya berdiri lantaran rasa gelisah yang dialami Mba Naqiyyah dalam mencari wadah blogger di Lampung untuk meningkatkan skill di dunia blogging.

Harapan dengan berdirinya Komunitas Tapi Blogger agar narablog mau menebarkan tulisan atau konten positif. Baginya, boleh saja aktif di media sosial tapi manfaatkan untuk menebar kebaikan. Hindari Hoax, SARA dan menyudutkan orang lain. Selain itu, Komunitas Tapi Blogger juga dimanfaatkan untuk mengenalkan Lampung lewat blog.

Ternyata penting ya bagi seorang pegiat blogging untuk aktif bergabung dengan komunitas blogger. Selain banyak manfaat yang bisa diraih, kamu bisa mendapatkan ilmu, wawasan dan juga bisa menambah pertemanan lho!

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, ikut komunitas blogger dari sekarang, Guys!


Artikel ini pertama kali dipublikasikan di Famotiva. Bila kamu juga ingin membagikan artikel kamu di C2live, segera hubungi putra@c2live.com.

Related Posts

Site Menu