konten blog yang cocok

Pengen Nge-blog Tapi Nggak Tahu Konten Apa yang Cocok buat Kamu?

Saya salah satu blogger yang tergabung dalam komunitas C2live.com

Sebelum kamu bikin blog, hal pertama yang harus kamu siapkan adalah topik dan ide konten. Pokok pembahasan apa yang bisa bikin kira akan terus menulis di blog tersebut secara konsisten. Bagi sebagian besar orang, menentukan topik bisa dikatakan susah-susah gampang. Soalnya, kalau kamu salah pilih topik, bisa-bisa tulisanmu malah kacau dan menyebabkan sepi pengunjung.

Makanya, sebagai pemula, kalau kamu pengen nulis konten, cari topik yang kira-kira mudah dipahami atau ringan untuk di baca. Hal ini membantu mencegah hilang nya ide-ide di kemudian hari. Kalau misalnya kamu kehabisan ide di kemudian hari, bisa fatal jadinya. Bayangin aja kalau kamu nggak bisa konsisten nulis lagi dikarenakan ide dan pembahasannya habis yang berakibat blog sepi dari pengunjung. Nggak mau kan hal ini kejadian sama kamu? Nah, untuk menghindari hal ini terjadi sama kamu, yuk, langsung stay tuned di Blog C2live!

Menulis Menurut Hobi atau Keahlian

konten blog yang cocokSumber: The Next Scoop

Sebagai blogger sah-sah aja kalau kamu pengen bikin tulisan apapun dengan berbagai tema, nggak ada yang melarang. Toh, itu adalah hasil orisinal tulisan kita bukan copy paste. Jadi nggak masalah kok.

Untuk membangun sebuah blog, kamu harus bisa selalu menulis berdasarkan keahlian sendiri atau tema yang seenggaknya kamu kuasai dan pahami. Ini bertujuan supaya kamu nggak kehilangan ide-ide tulisan di tengah lagi asik blogging

Dengan menguasai tema atau topik pembahasan, kamu pasti bisa lancar menulis konten unik setiap harinya. Jangan lupa juga kamu dibarengi dengan baca referensi terkait dari topik yang kamu kuasai untuk mendapatkan informasi lebih.

Menentukan Tujuan dari Blogging

konten blog yang cocokSumber: Huffington Post

Saat ini sangat mudah bagimu untuk membuat sebuah blog karena banyak penyedia jasa pembuat blog dari yang berbayar sampai yang gratis. Sampai nama-nama seperti Blogspot dan WordPress sudah nggak asing lagi di telingamu. Namun, sebagai blogger pemula, perlu dipikirkan tujuan utama membuat sebuah blog.

Kamu bisa mengawalinya dengan brainstorming dulu tujuan blogmu dari yang sederhana sampai yang kompleks. Misalnya saja, kamu ingin membuat blog karena kamu hanya ingin membagikan pengalamanmu saat travelling, atau kamu ingin memberikan review mengenai barang yang sering kamu gunakan atau baru saja kamu beli. Tujuan ini akan memberikanmu arah mengenai konten yang ingin kamu tuliskan. Dengan begini, nggak akan ada kasus di mana kamu akan kehabisan ide, karena dengan tujuan yang jelas. Ide akan terus datang secara konsisten.

Cari Referensi dari Blog Lain

konten blog yang cocokSumber: linkedin.com

Kalau kamu masih belum ada ide tentang tema yang ingin kamu tulis, coba deh jalan-jalan ke blog lainnya dan baca tulisan di sana. Mungkin setelah kamu baca, kamu bisa dapetin inspirasi atau ide tulisan yang kamu buat. Cara ini sangat ampuh buat selalu mengisi inspirasi mengenai tulisan yang pengen kamu buat.

Nggak cuma buat cari inspirasi, kamu juga bisa mempelajari gaya dan teknik masing-masing pemilik blog tersebut dalam menyampaikan isi kepala mereka kepada pembaca melalui sebuah tulisan. Dari situ, kamu juga bisa, lho memoles kemampuan blogging dan menulismu sehingga jadi lebih baik.

Yang perlu kamu ingat ketika mengunjungi blog orang lain untuk mencari inspirasi adalah, jangan sampai kamu saking terpesonanya malah terpeleset untuk menjadi seperti mereka dan malah melakukan plagiasi. Tetaplah menjadi dirimu sendiri; tuangkan ide milikmu dengan gaya penulisanmu sendiri. Dengan begitu, dijamin orang-orang akan bisa melihat bahwa blogmu berisi tulisan-tulisan otentik yang nggak berusaha meniru apalagi menyomot karya orang lain.

Lihat Google Trending Topic

konten blog yang cocokSumber: Forum Liputan6

Selain empat cara diatas, kamu juga bisa cari topik yang sedang ramai di cari dan dibicarakan oleh masyarakat. Caranya kamu bisa kunjungi google trending topic. Di sana kamu bisa melihat topik apa saja yang lagi ramai-ramainya dibicarakan belakangan ini. Dengan cara ini, selain memperluas tema tulisan yang akan kamu buat, kamu juga jadi bisa menyuguhkan apa yang sedang dicari oleh khalayak ramai untuk mereka baca.

Melakukan Riset Mengenai Tema Blog yang Ber-traffic Tinggi

konten blog yang cocokSumber:Pixabay

Sesekali coba lakukan riset mengenai artikel yang memiliki trafik yang tinggi. Contohnya seperti otomotif, bisnis, teknologi, olahraga, wisata dan juga blogging. Jenis topik macem ini biasanya banyak yang dicari dan juga dibaca oleh pengunjung. Topik bahasan seperti ini cocok banget buat blog yang pengen kamu gunain untuk mendapatkan penghasilan dari blogging seperti AdSense.

Melakukan riset beda, lho dengan hanya mampir dan baca-baca tulisan di blog orang lain. Ketika kamu melakukan riset, kamu akan benar-benar mencermati hal-hal yang ingin kamu gali dengan mencari berbagai data dan informasi yang ada di objek risetmu. Jadi, jangan asal lewat, ya!


Nah, sekarang kamu tahu kan tips apa saja yang bisa kamu terapkan dalam mencari konten atau tema yang cocok supaya kamu bisa menulis secara konsisten. Untuk seorang blogger menentukan tema adalah hal yang sangat penting agar kamu nggak kehilangan semangat dalam menulis.

Apabila kamu masih ragu dalam menulis blog, kamu bisa baca beberapa tips lain dari blog C2live. Di sini kamu akan mendapatkan tips-tips jitu lainnya.

Related Posts

 
Site Menu