konten millenial

Millenial Paling Suka Baca Konten Seperti Apa Ya?

konten millenialSebelum kita mencari tahu apa konten millenial yang paling sering dicari oleh generasi ini, ada baiknya mengenali terlebih dahulu siapa itu generasi Millenial. Generasi millenial adalah orang-orang yang lahir pada akhir tahun 80-an sampai dengan awal tahun 2000-an, atau mereka yang berusia antara 16 sampai 35 tahun saat ini. Generasi millenial, yang biasa disebut dengan generasi Y (karena eksistensinya setelah generasi X), identik dengan media komunikasi dan teknologi mutakhir.

Dari sisi kebudayaan, generasi millenial juga sangat berbeda dengan generasi-generasi sebelumnya, hidup dengan mobilitas tinggi dan teknologi digital yang serba terkoneksi internet membawa perubahan besar mulai dari gaya hidup, kebiasaan, hingga pada hal personal seperti hubungan komunikasi antar individu serta konten-konten yang dikonsumsi.

Ini yang membuat para marketer dan blogger berpikir keras: konten apa yang paling dicari oleh generasi millenial?

Konten Millenial yang Paling Sering Dicari Generasi Ini

1. Fashion terbaru

konten millenial

Sumber: Hypebeast

Millenial hidup di era digital, saat berbagai aspek kehidupan dan industri mengalami perubahan dan perkembangan pesat. Salah satunya adalah industri mode dan busana. Tren fashion yang sangat dinamis dan beragam di seluruh dunia selalu aktif melahirkan tren baru dari minggu ke minggu. Generasi millenial mudah mengaksesnya dari media sosial seperti Instagram dan Pinterest.

Pew Research Study mendapatkan data bahwa pengguna Instagram didominasi oleh orang-orang usia antara 19 sampai 29 tahun sebesar 55 persen dari total 500 juta pengguna pada tahun 2015, dan pengguna ini merupakan bagian dari generasi millenial.

Dari mana kita bisa tahu seberapa banyak konten fashion yang dikonsumsi generasi millenial? Jawabannya adalah dari hashtag!

Hashtag atau tagar digunakan untuk mempermudah pencarian pada media sosial. Perharinya, hashtag #fashion pada situs Twitter mendapatkan sekitar 15 juta impresi. Pada media sosial Instagram, terdapat jumlah post dengan hashtag #fashion sebesar 403 juta post! Mayoritas pengguna tagar tersebut merupakan millenial.

Dihimpun dari NPD Group, angka penjualan fashion online di Amerika Serikat pada tahun kemarin mencapai 218 Miliar dollar AS, bertumbuh sekitar 3 persen dari tahun sebelumnya. Business Insider mendapatkan data bahwa millenial mendominasi transaksi online dengan mengeluarkan sekitar 2000 dollar AS setiap tahunnya per orang.

Daya beli yang besar ini juga mendorong pencarian referensi dan tren busana yang sesuai dengan selera mereka. Nggak aneh bila konten fashion yang update mudah sekali menarik pembaca di zaman sekarang.

2. Tidak hanya tampilan, millenial juga suka mencari pekerjaan

konten millenial

Sumber: Tim Gouw

Nggak, kami tidak menyebut generasi millenial banyak pengangguran kok! Generasi millenial tergolong dalam angkatan kerja (di Indonesia, usia angkatan kerja adalah 15 sampai 64 tahun). Wajar saja bila tengah gencar-gencarnya mencari informasi tentang pekerjaan.

Pencari tenaga kerja di era digital saat ini memanfaatkan internet dalam penyebaran lowongan pekerjaan. LINE, penyedia layanan pesan instan dengan pengguna terbesar di Indonesia (yang didominasi oleh pengguna generasi millenial) memiliki layanan official LINE Jobs yang aktif menyebarkan informasi mengenai lowongan pekerjaan dan memiliki pengikut sebanyak 2,2 juta pengguna.

LinkedIn, layanan media sosial berorientasi bisnis, didominasi oleh pengguna generasi millenial sebesar 55 persen.

Banyak sekali pekerjaan baru bermunculan yang sifatnya menarik dan menantang bagi para millenial. Tidak suka bertahan terlalu lama pada satu pekerjaan. Banyak generasi millenial yang suka melakukan eksplorasi antar perusahaan, industri, dan pekerjaan. Tidak jarang juga yang bertujuan mencari penghasilan tambahan, sehingga mencari lowongan freelance. Tidak heran kalau konten tentang tips mencari pekerjaan, konten freelancing, menjadi salah satu konten millenial yang paling dicari-cari.

Ngaku Geek? Baca Dulu 10 Media Ini!

3. Berkelana melihat dunia

konten millenial

Sumber Gambar: Henry Marsh

Traveling! Millenial sangat identik dengan petualangan, selfie, dan mengabadikan momen. Mengunjungi tempat-tempat wisata merupakan salah satu aktivitas wajib bahkan menjadi hobi dari pada generasi millenial dengan usia lebih muda yaitu 18 sampai 37 tahun. Survei Forbes yang melibatkan 31,000 responden dari 134 negara, menemukan bahwa 88 persen dari mereka melakukan perjalanan jauh sekitar 1 sampai 3 kali dalam setahun. Menariknya 94 persen dari 31,000 orang tersebut merupakan generasi millenial yang berusia 18 – 30 tahun!

Penggunaan hashtag #traveling pada media sosial Instagram saat ini mencapai 33 juta post, seperti dijelaskan pada poin pertama 55 persen pengguna media sosial Instagram merupakan generasi millenial. Banyaknya influencer Instagram dengan konten travelling yang memiliki puluhan ribu pengikut sebagai contoh catatanbackpacker yang merupakan traveler sekaligus influencer mengaku bahwa sebagian besar dari pengikut akun Instagramnya adalah pengguna berusia 18 sampai 30 tahun.

Jiwa petualang yang besar juga berarti rasa ingin tahu yang tinggi! Hanya informasi dan tips travel terlengkap saja yang bisa menarik pembaca millenial yang ingin tahu segalanya tentang perjalanan mereka di masa-masa ini.

4. Meme!

via GIPHY

Konten millenial paling populer jatuh pada meme! Secara teknis, meme merupakan suatu hal populer yang dijadikan bahan candaan dengan mengatribusikan stereotipe tertentu pada bahan omongan.

Meme di zaman sekarang identik dengan hiburan tentang berbagai hal yang serius. Mulai dari isu ekonomi, politik, dan hukum hingga konten yang viral di media sosial mampu menginspirasi terjadinya modifikasi dan konten baru yang lucu. Salah satu contoh platform yang mempopulerkan konten millenial jenis ini adalah 9gag.

9gag memiliki total traffic 191 juta kunjungan per bulan dan memiliki 37 juta pengikut di Facebook. Ada juga situs lain seperti 4Chan, Knowyourmeme, Reddit, Imgur, dan banyak lainnya yang menyediakan berbagai user-generated content untuk di bagikan kepada publik.


Empat poin di atas merupakan konten millenial yang saat ini paling banyak dicari dan didiskusikan oleh generasi millenial di jagat dunia internet. Namun, perlu disadari bahwa tren dengan cepat berubah di era digital saat ini. Oleh karena itu, ikuti terus tips blogging dari C2live supaya kamu tetap up-to-date dengan perkembangan blogging dari waktu ke waktu dan juga banyak tips-tips lainnya yang berguna untuk mengembangkan konten blog kamu!

Oh ya, on a side note, selain menjadi konsumen konten terbesar, millenial juga salah satu kontributor konten terbesar, lho! Terutama yang memiliki passion menulis! Contohnya, nggak sedikit yang tertarik bila ada kesempatan untuk menginspirasi dan menyalurkan aspirasi melalui lomba blogging!

Buat kamu yang memiliki passion tinggi dalam menulis dan blogging, yuk ikuti lomba yang lagi diadakan C2live! Tinggal klik link-link berikut:

Lomba Blogging Skyscanner: Aha Moment Saat Travelling!
Lomba Blogging EV Hive: Yuk, Akselerasi Bersama Coworking Space di Era Teknologi!
Yuk, ikutan!

Related Posts

 
Site Menu