kreativitas menulis

7 Cara Ini Bisa Meningkatkan Kreativitas Menulis Kamu Lho!

kreativitas menulisMenjadi seorang penulis tidak hanya membutuhkan kemampuan menulis yang cemerlang, grammar yang baik, dan kaya akan kosa kata. Ada satu unsur penting yang harus dimiliki setiap penulis di muka bumi: kreativitas menulis.

Kreativitas menulis tidak bisa dibilang sebagai ‘bakat’ yang dimiliki oleh orang-orang tertentu saja. Kreativitas menulis dapat dimiliki siapa saja yang ingin memilikinya. Menurut salah satu penelitian yang dilakukan oleh Stefanie Sepra otak dapat dipicu untuk berpikir lebih kreatif kapanpun kita membutuhkannya, lho!

Menjawab kebutuhan kamu, Blog C2live punya 7 rekomendasi cara untuk meningkatkan kreativitas menulis kamu. Apa saja?

7 cara meningkatkan kreativitas menulis

1. Menguping percakapan di keramaian

kreativitas menulis

Sumber: Pavlo Luchkovski

Berjalan-jalanlah ke coffeeshop, pusat perbelanjaan, atau ke pasar. Dengarkan percakapan orang – orang di sekitar kamu. Catat beberapa bagian percakapan mereka di buku catatan atau note yang ada pada gadget kamu. Visualisasikan cerita yang berlangsung, kemudian tuangkan ke dalam tulisanmu yang relevan!

Aktivitas ini dapat memicu kreativitas menulis dan melatih kemampuan menulis dialog yang dengan mudah mengalir dari satu karakter ke karakter lain. Ingat, walaupun cara ini tampak praktis, dibutuhkan latihan rutin agar kamu bisa melakukannya dengan lebih lancar!

2. Menulis dengan cara tradisional

kreativitas menulis

Sumber: Kaboompics

Kembali ke cara tradisional. Jika selama menjadi penulis sudah terbiasa dengan mengetik, coba lakukan pekerjaan menulis kamu dengan media kertas dan alat tulis. Setidaknya dua Doktor di dunia ini merekomendasikan hal tersebut!

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Carrie Barron, M.D., and Alton Barron, M.D., penulis buku The Creativity Cure, mendapatkan bahwa pengalaman menulis dengan tangan dapat memicu ide untuk mengalir. Alasannya, aroma dari tinta yang menempel di tangan, wangi dari buku tulis baru lebih menenangkan dan membawa persepsi kebaruan. otak pun berpikir semakin kreatif!

3. Mendengarkan musik klasik

kreativitas menulis

Sumber: Alexas_foto

Aktivitas ini sering dilakukan oleh banyak penulis. Penelitian ilmiah yang dilakukan oleh Laurence O’Donnell mendapatkan bahwa mendengarkan musik yang tepat dapat menstimulasi bagian otak yang mengatur kemampuan motorik, perasaan, dan kreativitas. Selain musik favoritmu, musik klasik adalah genre yang paling efektif melakukan ini.

Berdasarkan teori The Mozart Effect, mendengarkan musik klasik Mozart bisa meningkatkan kreativitas, konsentrasi, dan kemampuan kognitif lainnya. Laurence menjelaskan bahwa ritme musik klasik meningkatkan kadar serotonin yang menimbulkan efek perasaan senang. Peningkatan kadar serotonin juga menurunkan tingkat stres pada otak.

Tertarik atau tidak, mendenarkan alunan musik klasik sembari kamu menulis akan membuat suasana menjadi semakin relaks untuk otakmu. Mengapa tidak dicoba?

Baca Juga: Menulis Itu Sulit! Sudah, Berhenti Saja Jadi Penulis!

4. Menulis morning page a la Julia Cameron, penulis buku The Artist’s Way

kreativitas menulis

Sumber: freestock.org

Julia Cameron, penulis buku best seller yang membahas secara mendalam tentang cara meningkatkan kreativitas menyarankan penulis untuk menulis catatan tentang semua perihal yang ada dalam pikiran pada tiga halaman kecil setiap paginya.

Sederhananya, kamu hanya perlu menuliskan setiap detail yang terlintas di pikiranmu, sebagai contoh: “hari ini aku ingin pergi ke pasar dengan sepeda motor tua kesayangan adikku dan membeli tiga ikat kangkung, dan akan aku olah menjadi kangkung tumis terenak sejagad Bima Sakti.”

Aktivitas ini membersihkan otak dari pikiran-pikiran lain sehingga otak memiliki ruang untuk berpikir lebih kreatif. Lakukan kegiatan ini secara rutin untuk memberikan ruang bagi otak mengembangkan kreativitas menulis.

5. Duduk di atas sebuah kotak!

kreativitas menulis

Sumber: @titanicsinclair

Think outside the box”, perkataan ini pasti sudah sangat sering kamu dengarkan. Cara berpikir ini memang terbukti efektif untuk memicu kreativitas menulis dan menangkap ide-ide kreatif.

Ada cara sederhana untuk mengaplikasikan metode berpikir ini, yaitu dengan sungguh – sungguh duduk di atas sebuah kotak. Leung, Kim, dan Polman yang merupakan peneliti dari Association for Psychological Science menguji sekelompok partisipan duduk di atas sebuah kotak dan sekelompok partisipan yang duduk di samping sebuah kotak sembari mengerjakan tes kreativitas.

Hasilnya, orang-orang yang duduk di atas kotak menghasilkan lebih banyak ide dibanding yang duduk di samping (tidak bersentuhan dengan) sebuah kotak. Tertarik untuk mencoba cara lucu ini?

6. Tertawa!

kreativitas menulis

Sumber: Diana Feil

Berdasarkan penelitian ilmiah, mood positif dapat memicu kreativitas karena mood positif mendorong aktivitas pada prefrontal cortex dan anterior cingulate cortex (bagian otak yang berhubungan dengan sensor motorik, perasaan, dan kreativitas).

Sekalipun kamu sedang tidak merasa ceria, cobalah untuk tertawa pada jokes rekan kerjamu yang garing bukan main. Karena tertawa dapat memicu mood positif yang berdampak pada kreativitas menulis! Sudahkah kamu tertawa hari ini?

7. Mencoba hal baru

kreativitas menulis

Sumber: Porapak Apichodilok

Melakukan aktivitas di luar rutinitas dapat mengganggu kreativitas, tapi di sisi lain, mencari tahu hal-hal baru sangat berhubungan dengan pengembangan kreativitas. Ketika melakukan aktivitas baru, kamu bisa mendapat inspirasi yang memicu kreativitas menulis kamu lho!

Tidak perlu ribet, mengambil rute perjalanan lain dari rumah menuju kantor atau menggantikan kendaraan pribadi dengan sepeda untuk bekerja dapat memicu saraf kreativitas menulis! Carilah perspektif baru dalam segala hal!

Baca Juga: Tujuh Tools Menulis Canggih Ini Bisa Bikin Kamu Makin Jago Nulis!


Dengan rekomendasi cara-cara untuk memicu kreativitas menulis di atas, kamu tidak perlu lagi khawatir kehabisan ide-ide cemerlang untuk konten tulisanmu mendatang. Efektif, gratis lagi! Baca juga tips menulis lainnya dari Blog C2live supaya kemampuan menulis kamu semakin keren dan tentunya lebih kreatif!

Related Posts

1 Comment

  • Sopiah Posted at August 21, 2017 at 12:53 pm

    Saya sering mengalami ide banyak, tapi biasa aja ide nya alias kurang menarik,,
    Adakah cara mendapatkan ide tulisan yang keren dan menarik.

Comments are closed.

 
Site Menu