Langit Amaravati

Memahami Pentingnya Estetika dan Tampilan Visual bagi Blogmu bersama Langit Amaravati

Kamu blogger yang sering mengikuti perkembangan lomba blog? Atau aktif mencari tahu soal pengembangan tampilan visual bagi blog? Mungkin, nama Langit Amaravati sudah tak asing lagi bagimu.

Selain karena tampilan blognya yang begitu estetis, Langit sendiri dikenal karena tulisan-tulisan blognya yang bermanfaat dan edukatif. Tak heran, sosok blogger ini sudah berkali-kali memenangkan beragam lomba blog yang diselenggarakan oleh berbagai pihak.

Terkait hal tersebut, belum lama ini tim C2live berhasil menghubungi Langit dan berbincang-bincang tentang blogging. Jadi, pada kesempatan kali ini, ilmu apa yang bisa didapat dari seorang Langit Amaravati? Yuk, langsung saja simak bersama ulasannya!

Sekilas tentang pribadi Langit

Langit Amaravati

Memiliki nama pena Langit Amaravati, blogger yang satu ini juga akrab dipanggil sebagai eL ataupun Uchan (diambil dari nama aslinya, Susan). Langit sendiri adalah seorang blogger yang berdomisili di Bandung, Jawa Barat. Selain menjadi blogger, Langit juga menjalani peran sebagai ibu dari dua orang anak dan pengusaha layanan graphic design.

Soal desain, kemampuan Langit tidak perlu diragukan. Buktinya, Langit sekarang juga menjalani posisi penata letak untuk Grasindo dan Billionaire Store. Lalu, mengapa ia tetap memilih untuk menjadi blogger dan banyak menulis juga? Jawabannya sederhana, yakni karena menulis adalah sebuah terapi baginya. Bagi Langit, menulis bisa membuatnya tetap berkepala dingin dalam menghadapi berbagai tantangan hidup.

Ketika ditanya mengenai tujuan hidupnya, Langit memiliki goal untuk membesarkan, mendidik, dan mengantar kedua anaknya ke pintu gerbang kesuksesan. Wah, dengan segala keterampilan dan prestasi yang dimiliki, tujuan hidupnya tetap sederhana namun mulia. Mengagumkan, bukan?

Awal mula mulai ngeblog

Langit Amaravati

Langit secara pribadi mulai melibatkan diri dalam dunia blogging pada tahun 2009. Saat itu, ia menuliskan berbagai blog post hanya agar tulisannya dibaca orang-orang. Namun, seiring berjalannya waktu dan perkembangan dunia kepenulisan di era digital, tujuan itu perlahan berubah. Kini, Langit termotivasi untuk mendukung pemberdayaan masyarakat dengan berbagi ragam ilmu yang ia ketahui melalui tulisannya. Karena itulah, jika kamu perhatikan, blog milik Langit lebih banyak diisi dengan berbagai artikel seputar tips dan tutorial terkait desain, blogging, dan kepenulisan. Baginya, ilmu ibarat sebuah mata air; akan bermanfaat jika bisa dirasakan banyak orang, bukan disimpan.

Estetika sebagai elemen penting dalam blogging

Langit Amaravati

Karena latar belakang desain yang dimilikinya, Langit percaya bahwa estetika visual merupakan elemen yang penting dan tidak dapat diabaikan dalam sebuah blog. Pasalnya, ketika dihadapkan pada layar, mata manusia cenderung memindai apa yang ada terlebih dahulu; mencari elemen visual yang menarik. Setelah itu, barulah mereka beralih pada detail tulisan untuk dibaca. Dengan kecenderungan perilaku seperti itu, Langit percaya bahwa menyajikan penampilan visual yang menarik juga merupakan bagian dari tugas seorang blogger.

Selain itu, Langit juga menyampaikan bahwa estetika blog yang baik akan memberikan pengaruh positif bagi SEO blogmu. Sebab, Google akan memberikan penalti kepada situs yang tampilannya tidak memenuhi standar fungsi dan estetika melalui skor yang diberikan dalam penentuan rank situs terkait. Karena itu, Langit meyakini bahwa estetika memiliki urgensi yang cukup tinggi untuk diperhatikan oleh para blogger.

Menjaga estetika blog memerlukan upaya

Langit Amaravati

Kepada tim C2live, Langit sendiri mengaku telah mengerahkan berbagai upaya untuk membuat tampilan visual blognya tetap menarik. Salah satunya adalah dengan mengganti template yang ia gunakan dua kali dalam setahun. Selain untuk representasi profesi, ini ditujukan untuk mengoptimasi fungsi user experience dari blog yang dikelolanya. Dengan terus mengikuti perkembangan tren desain web yang ada, Langit bisa menyenangkan para pembacanya dengan menyuguhkan tampilan blog yang sedang in, menarik, namun tetap nyaman untuk membaca konten tulisannya.

Adapun tools yang biasa ia gunakan untuk mengoptimasi estetika blognya antara lain adalah:

  • Divi Page Builder, untuk membuat layout blog yang menarik dan sesuai kebutuhan;
  • Adobe Illustrator, untuk membuat ilustrasi;
  • Adobe Photoshop, untuk mengedit foto;
  • Adobe InDesign, untuk mencetak printable freebies.

Melihat seberapa bergunanya tools di atas bagi Langit, mungkin kamu juga bisa coba menggunakannya untuk memperindah tampilan blog kamu. Kalau bingung cara menggunakannya, ulik-ulik saja beragam tips dan tutorial desain yang sudah dibagikan oleh Langit pada blognya. Atau mungkin, kamu juga bisa bertanya langsung sekaligus membangun relasi dengan blogger keren yang satu ini!

Tips dalam menjaga estetika blog dari Langit Amaravati

Langit Amaravati

Bagi kamu yang ingin mulai memberikan perhatian lebih untuk estetika blogmu, Langit Amaravati punya tips untuk dibagikan, nih. Siapa tahu bisa kamu jadikan panduan supaya bisa memiliki estetika blog yang lebih baik dari sebelumnya. Adapun tips yang dibagikan meliputi:

  • Kedepankan fungsi terlebih dahulu, baru taruh perhatian pada estetika dan aspek visual. Biar bagaimanapun juga, kebermanfaatan merupakan hal utama dalam blogging;
  • Selalu terbuka pada ilmu dan perkembangan teknologi terbaru. Ini penting, sebab blogger berkecimpung di ranah digital yang perkembangannya pesat. Bukan berarti blogger dituntut untuk menjadi orang sakti yang tahu segala hal. Hanya saja, jangan sampai menutup mata terhadap perkembangan tersebut dengan alasan gaptek;
  • Kamu tidak harus menjadi web designer untuk membuat blog yang estetis. Namun demikian, kamu tetap perlu memiliki memiliki pengetahuan dasar untuk pemilihan warna, tipografi, dan penilaian kualitas gambar. Jadi, jangan bosan-bosan untuk terus belajar.

Begitulah hasil sharing yang didapat dari perbincangan dengan Langit Amaravati belum lama ini. Semoga melalui apa yang disampaikan oleh Langit, kamu jadi termotivasi untuk meningkatkan kualitas estetika blogmu, ya. Di tengah persaingan antarblogger yang ketat saat ini, kamu harus rajin-rajin meningkatkan kualitas diri dan blog agar tidak kalah saing dengan blogger lain. Jadi, jangan mudah merasa cukup dan teruslah gali ilmu baru, ya.

Bagi Langit sendiri, posisi blogger kini bukan hanya sebagai penulis di media digital, namun sudah berkembang menjadi poros digital marketing. Dengan semakin ketatnya persaingan antarblogger, ia pun memilki rencana tersendiri untuk terus mengembangkan diri dalam dunia blogging, mulai dari menjadi web designer, content writer, content planner, membangun portofolio penulis, hingga melakukan branding melalui YouTube dan Podcast.

Nah, kalau kamu ingin menjadi blogger yang andal seperti Langit Amaravati, kamu juga perlu kreatif dalam mencari cara untuk mengembangkan keterampilanmu. Jadi, semangat terus, ya!

Sumber gambar: Langit Amaravati.

Related Posts

Site Menu