blog untuk pelajar

4 Manfaat Menulis Blog Untuk Pelajar

Saya salah satu blogger yang tergabung dalam komunitas C2live.com

Blog merupakan sarana untuk menulis bagi siapapun. Siapa saja bisa menjadi penulis blog dengan gratis dan bisa diakses di internet dengan mudah, termasuk pelajar. Pada saat ini pelajar bisa memiliki blog yang dikelola secara mandiri, dan mengembangkannya sesuai minat dan bakat masing-masing

Pertanyaannya, apa saja sih manfaat menulis blog untuk pelajar? Yuk, simak artikel berikut ini.

1. Melatih Kemampuan Menulis

Menulis blog untuk pelajar memiliki beberapa manfaat, salah satunya yaitu melatih kemampuan menulis. Dengan melatih kemampuan menulis, pelajar bisa banyak menemukan kosa kata baru yang bisa digunakan dalam pembelajaran sekolah.

Selain itu, pelajar dapat melatih kemampuan menulis untuk mempersiapkan diri pada dunia kerja. Banyak sekali pekerjaan yang membutuhkan kemampuan menulis, seperti content writer atau copywriter.

2. Menambah Wawasan

Untuk bisa menulis blog, seorang pelajar harus banyak membaca berbagai hal yang bisa dijadikan konten. Itulah alasan mengapa menulis blog bisa memperluas wawasan penulisnya.

Dengan membaca, akan membuat wawasan pelajar bertambah banyak. Selain membaca, pelajar juga bisa sharing dengan beberapa orang terdekat untuk menentukan tema atau diskusi tentang topik-topik tertentu, hal tersebut juga dapat membuat wawasan bertambah.

Baca juga: 5 Tips Menulis Artikel Wawancara

3. Sarana Menuangkan Ide

Belajar berpendapat adalah hal yang penting bagi seorang pelajar. Seorang pelajar enggak hanya harus bisa berpendapat, namun juga tahu bagaimana cara yang tepat untuk menyampaikannya. Dengan blog, pelajar bisa belajar caranya menyusun pendapat mereka agar bisa diterima pembaca.

Kemampuan ini akan bermanfaat bagi pelajar kedepannya. Baik di bidang akademik saat mereka menuliskan essay atau jurnal, atau di bidang non-akademik seperti berkegiatan di organisasi atau komunitas.

4. Mendapatkan Uang Jajan Tambahan

Selain untuk mendapatkan ilmu, pelajar yang menulis blog juga bisa memiliki uang jajan tambahan. Bahkan, banyak juga yang menjadi full-time blogger karena pendapatan mereka sudah sangat cukup untuk kebutuhan sehari-hari.

Kok bisa? Karena blog yang mendapatkan ads atau iklan akan memberikan beberapa keuntungan kepada pelajar pembuat blog. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan uang dengan menulis.


Di atas merupakan beberapa manfaat yang bisa didapatkan oleh pelajar jika menulis blog. Semoga dengan mengetahui hal tersebut, kamu semakin semangat untuk menulis blog rajin. Semangat, guys!

Sumber gambar: FREE Hosting, Konsultan Media, Pendidikan Brinternet, Sumsek, Plukme.

Related Posts

 
Site Menu