Content Calendar

5 alasan Kenapa Content Calendar Bisa Menjadi Senjata Rahasia untuk Blogger

Sebagai blogger, kamu tentu ingin blogmu dibaca oleh orang sebanyak-banyaknya. Namun untuk mencapai itu tentu tidak mudah. Ada banyak tantangan yang bisa menghambat kamu sehingga blogmu belum bisa dikenal orang sebanyak yang kamu inginkan.

Nah, solusi yang kamu butuhkan adalah content calendar! Content calendar adalah sebuah penjadwalan yang bisa kamu gunakan untuk merencanakan tema-tema artikel yang akan kamu tulis dan kapan artikel itu akan kamu rilis di blogmu. Untuk permulaan, kamu mungkin bisa belajar membuat content calendar blogmu untuk satu bulan kedepan. Setelahnya, jika sudah terbiasa, kamu bisa membuat content calendar untuk merencanakan kontenmu hingga 6 bulan ke depan.

Apa sih sebenarnya manfaat dari punya content calendar untuk blog kamu? Ini dia jawabannya.

1. Membuatmu Lebih Konsisten

Content CalendarSumber: Pixabay

Adanya artikel baru yang rilis secara konsisten adalah kunci agar blogmu rutin dikunjungi pembaca. Itu lah sebabnya jika kamu mau menumbuhkan angka pembaca blogmu, memiliki jadwal perilisan artikel yang konsisten adalah hal yang menguntungkan untuk dilakukan. Dengan menjadwalkan setiap artikel yang akan kamu rilis dalam jangka waktu tertentu, kamu pun akan membiasakan diri untuk menulis dengan lebih konsisten dan disiplin.

Saat membuat content calendar, pastikan kamu menyesuaikan penjadwalan dengan kemampuanmu sendiri sehingga content calendar tidak justru membuatmu merasa terbebani. Jangan membuat target yang terlalu muluk seperti merilis dua artikel per hari jika kamu memiliki kesibukan yang cukup padat. Dengan menyesuaikan dengan kemampuan, content calendar bisa menjadi motivasi tersendiri untukmu agar bisa menulis dan merilis artikel sesuai target yang sudah kamu tentukan sendiri.

2. Menghemat Waktu

Content CalendarSumber: Pexels

Memikirkan tema artikel yang akan kamu tulis sering kali menghabiskan waktu. Kamu bisa menghabiskan satu hingga dua jam terdiam di depan komputer hanya untuk mencari tema yang menarik untuk ditulis. Dengan adanya content calendar, hal itu bisa kamu atasi karena kamu sudah memiliki daftar tema apa yang harus kamu tulis hari itu.

Dengan begitu, tidak akan ada banyak lagi waktu dan energi yang terbuang untuk memikirkan tema, dan kamu bisa menggunakan waktu tersebut untuk melakukan riset soal tema yang akan kamu tulis. Jika sudah terbiasa menulis artikel dengan efisien dan efektif, kamu pun akan lebih produktif dan mampu menghasilkan lebih banyak artikel kedepannya.

3. Menghindari Tema yang Repetitif

Content CalendarSumber: Pixabay

Tanpa sadar, kamu mungkin beberapa kali merilis artikel dengan bahasan yang mirip. Hal ini disebabkan karena kamu sering merasa tidak mendapat ide atau inspirasi untuk menulis soal tema lain, dan akhirnya memutuskan untuk menulis topik yang memang sudah kamu pahami. Alhasil, pilihanmu bisa saja jatuh pada topik yang mungkin sebenarnya pernah kamu bahas dalam artikel blogmu. Jika sudah begitu, pembaca bisa saja merasa bosan dengan posting-anmu dan malah kabur ke blog lain.

Hal ini tidak akan terjadi dengan adanya content calendar. Pada saat membuat content calendar, kamu sudah merencanakan tema apa saja yang akan kamu tulis dan kapan artikel tersebut akan rilis. Sehingga sejak awal kamu akan langsung menyadari jika ada artikel yang memiliki inti bahasan yang terlalu mirip dan bisa segera mencari ide atau tema lain.

4. Manfaatkan Momen Istimewa

Content CalendarSumber: Pexels

Jika kamu tidak memiliki content calendar, bisa dipastikan kamu akan sering melewatkan tanggal-tanggal tertentu yang sebetulnya bisa kamu manfaatkan untuk menjaring banyak pembaca. Contohnya, kamu bisa merilis artikel soal keberdayaan perempuan di tanggal 21 April yang bertepatan dengan hari Kartini, atau merilis sejarah singkat Star Wars pada Star War’s day, yaitu pada tanggal 4 Mei.

Dengan adanya content calendar, kamu sudah bisa memetakan momen-momen spesial yang akan datang, sehingga kamu bisa menyiapkan artikel dengan lebih matang dan tidak terburu-buru. Sayang banget kalau kamu sampai melewatkan banyak tanggal spesial!

5. Memahami Selera Pembaca

Content CalendarSumber: Pexels

Kamu tentu ingin agar semakin banyak pembaca yang mengunjungi blogmu. Untuk itu, penting agar kamu tahu artikel seperti apa yang paling sukses mendatangkan pembaca. Sayangnya, banyak orang yang tidak menyadari artikel mereka mana yang banyak disukai. Banyak orang yang menganggap bahwa konten yang viral adalah ketidaksengajaan, padahal itu bisa kita usahakan.

Dengan adanya content calendar, kamu bisa mengevaluasi setiap tulisan yang sudah kamu rilis. Sehingga kamu jadi punya gambaran tema-tema apa yang dianggap menarik oleh pembaca, dan mana yang kurang digemari. Informasi itu bisa kamu gunakan dalam menentukan tema-tema yang akan kamu tulis saat merencanakan content calendar berikutnya. Apabila kamu terus mengevaluasi artikelmu dan semakin memahami selera pembacamu, nantinya semakin besar peluang untuk menghasilkan tulisan yang viral dan blogmu akan semakin dikenal orang.


Content calendar bisa sangat membantu para blogger yang memang ingin rutin merilis artikel dan menumbuhkan angka pembaca blognya. Dengan adanya content calendar, permasalahan konsistensi dan tema yang repetitif bisa semakin diatasi, dan blogger jadi bisa lebih menyadari tema seperti apa yang disukai pembaca serta momen-momen tertentu yang bisa dimanfaatkan untuk menjaring banyak pembaca baru.

Tentu tidak mudah juga untuk membiasakan diri merencanakan content calendar lalu menepati target-target yang sudah ditentukan. Namun perlahan, kamu pasti akan semakin terbiasa menepati target yang ada di content calendar-mu, dan efeknya pembaca blogmu pun akan semakin bertambah. Selamat mencoba!

Related Posts

 
Site Menu