menulis-blog

Nggak Perlu Ragu! Ini 6 Alasan Kenapa Kamu Harus Mulai Menulis Blog Saat Ini Juga!

Saya salah satu blogger yang tergabung dalam komunitas C2live.com

Blog adalah sebuah platform aplikasi web yang berisi tulisan dan gambar, serta dapat diakses secara terbuka oleh pembaca. Kegiatan menulis blog atau blogging sangat populer di awal tahun 2000. Namun, walaupun sekarang para blogger kian piawai memanfaatkan berbagai fitur yang canggih di platform-nya, kini nggak banyak ditemukan pula blogger yang nggak konsisten untuk terus menulis di blog pribadi miliknya.

Banyak blogger beralih dari blog ke berbagai social media platform yang dianggap lebih mudah dan menarik, seperti twitter, facebook, YouTube dan sejenisnya. Walaupun saat ini blogging sudah tidak sepopuler dulu, rasanya tidak salah apabila kamu mulai menulis blog dari sekarang. Sebab, dari blogging, kamu bisa mendapatkan berbagai macam keuntungan yang bermanfaat. Nah, kira-kira apa saja sih alasan yang bisa mendorong kamu untuk mulai menulis sebuah blog?

Alasan untuk Mulai Menulis Blog

Terlatih untuk Menulis

Menulis Blog 1

Sumber: Tirachard Kumtanom
Banyak orang masih menganggap menulis sebagai sebuah kegiatan yang sulit dan hanya bisa dilakukan oleh segelintir orang saja. Banyak pula orang yang ingin menjadi penulis, tetapi tidak tahu harus memulai dari mana atau merasa nggak layak untuk menjadi penulis karena khawatir karyanya nggak ada yang membaca.
Nah, sebenarnya, dengan mulai melakukan blogging, kamu bisa melatih kemampuan menulis yang kamu miliki kapan saja kamu mau. Keuntungan lainnya adalah, sebagai pemilik sebuah blog, kamu bisa menulis dan membahas topik apapun yang kamu mau untuk dipublikasikan.

Membiasakan Diri untuk Mengeluarkan Pendapat

Menulis Blog 2

Sumber: stock.tookapic.com
Kalau kamu termasuk orang yang introvert, maka blogging bisa jadi kegiatan yang sangat cocok bagi kamu untuk mengeluarkan pendapat. Orang yang introvert cenderung memiliki pemikiran yang banyak, tetapi sulit mengemukakannya di muka publik.

Menulis blog bisa menjadi instrumen yang tepat bagi para introvert yang kurang nyaman menjadi pusat perhatian atau berinteraksi dengan orang lain secara langsung. Melalui tulisan di blog, kamu bisa mengeluarkan berbagai pendapat mengenai beragam hal yang terjadi di sekitar kamu tanpa harus menjadi pusat perhatian.

Berbagi Pengetahuan

Menulis Blog 3

Sumber: giovannacco
Jika kamu adalah orang yang sangat senang berbagi pengetahuan, maka, blog bisa menjadi sebuah media bagi kamu untuk berbagi wawasan yang kamu punya. Dengan menulis blog, kamu bisa membagikan pengetahuan dan keahlian yang kamu miliki kepada banyak pembaca dengan mudah. Bahkan, kamu juga bisa membuat sebuah kolaborasi dengan penulis blog lainnya agar kualitas konten yang kamu buat bisa lebih baik.

Mendapatkan Penghasilan

Menulis Blog 4

Sumber: meditations
Dengan menggunakan blog, kamu juga bisa mendapatkan penghasilan yang cukup menggiurkan, lho! Untuk mendapatkan penghasilan dari blog, kamu bisa memanfaatkan iklan dari Google AdSense atau dengan mengikuti lomba blog. Kedua cara ini merupakan cara yang paling banyak dilakukan oleh para blogger untuk mendapatkan penghasilan melalui blog mereka. Mungkin sebagai pemula, memang nggak mudah untuk mendapatkan uang dari menulis blog. Tapi, jika dilakukan dengan konsisten, percayalah, suatu saat kamu akan mendapatkan hasil yang memuaskan.

Menambah Relasi

Menulis Blog 5

Sumber: vaitmcright

Percaya atau tidak, blogging bisa membuka jalan untuk menambah relasi dan juga pertemanan, sama seperti social media kebanyakan. Jika kamu mau, kamu bisa langsung join dengan salah satu komunitas blogger yang ada juga, lho! Saat ini, di kota-kota besar, kamu bisa banyak menemui komunitas blogger dengan topik atau niche tertentu, seperti food blogger atau fashion blogger.

Komunitas blogger ini biasanya bertemu untuk sekedar ngopi darat dan juga menjalin tali silaturahmi. Selain untuk menambah relasi, biasanya komunitas tersebut juga bekerja sama dengan perusahaan atau brand- untuk mempromosikan produk melalui blog yang mereka miliki.

Sebagai instrumen Pembuka Karier

Menulis Blog 6

Sumber: freestock.org
Nama Raditya Dika tentunya bukan sebuah nama yang asing lagi bagi anak muda di Indonesia. Sebelum namanya terkenal dan besar seperti sekarang, Raditya Dika memulai kariernya sebagai blogger juga, lho.

Blognya yang berisi berbagai pengalaman lucu dari pengalaman sehari-harinya berhasil ia bukukan dan menjadi jalan baginya untuk meraih sukses di dunia hiburan. Nah, tidak menutup kemungkinan, kamu juga bisa mendapatkan pengalaman yang sama dengan Raditya Dika.

Dengan melakukan blogging, kamu bisa membuka jalan karier di berbagai bidang dalam dunia digital. Contohnya menjadi penulis, menjadi konsultan, digital marketer atau professional blogger. Profesi-profesi tersebut merupakan profesi yang memiliki penghasilan yang cukup tinggi, lho, di luar negeri.


Keenam alasan yang sudah dijelaskan tadi hanya merupakan segelintir contoh keuntungan atau manfaat yang bisa kamu dapatkan ketika sudah mulai menulis blog. Nggak terbatas hanya pada enam keuntungan tadi, kamu mungkin bisa mendapatkan keuntungan lain yang lebih besar.

Makanya, semakin cepat kamu menulis blog, akan semakin cepat pula kamu mendapatkan keuntungan tersebut. Nah, agar tulisan blog kamu semakin berkualitas dan baik, jangan lupa terus kunjungi blog C2live untuk mendapatkan informasi dan tips seputar menulis dan blogging, ya!

Related Posts

 
Site Menu