Manfaat Domain Rating

Manfaat Domain Rating untuk Mendukung Perkembangan Blogmu

Bloggers, sudah baca tulisan C2live tentang Domain Rating (DR) belum? Jika dalam artikel tersebut sudah dijelaskan soal apa itu Domain Rating, kali C2live akan mengulas tentang manfaat Domain Rating bagi blogmu. Seperti apa keuntungan yang bisa kamu dapat dengan meningkatkan nilai Domain Rating-mu?

Yuk, langsung kita simak uraiannya.

Mencari link yang prospektif

Manfaat DR

Setiap blogger pasti memiliki impian agar blognya memiliki popularitas yang tinggi dan mendatangkan traffic yang ramai. Untuk meningkatkan popularitas dari blog yang kamu miliki, kamu perlu mendapatkan baclink dari situs lain yang memiliki kualitas dan popularitas tinggi juga. Proses tersebut tentunya membutuhkan upaya yang tidak semata-mata mudah dilakukan.

Namun, bagaimana cara memastikan bahwa situs yang kamu targetkan untuk memberikan baclink pada blogmu memiliki kriteria yang kamu butuhkan? Metrik Domain Rating bisa menjadi acuan untuk mencari tahu situs-situs mana saja yang prospektif untuk membantu memberikan dampak positif terhadap perkembangan blogmu. Sebab, nilai Domain Rating sendiri sudah menunjukkan tingkat popularitas link yang dimiliki oleh suatu blog secara spesifik.

Mengetahui posisi popularitas link blogmu

Manfaat DR

Manfaat Domain Rating lainnya adalah untuk membandingkan posisi situs blogmu dengan situs-situs lain. Bagaimana cara kerjanya? Tidak hanya nilai Domain Rating blogmu, kamu juga bisa mengetahui nilai Domain Rating dari situs lain. Dengan mengetahui nilai Domain Rating dari berbagai macam situs, kamu jadi bisa mengetahui seberapa tinggi popularitas link yang dimiliki oleh situs blogmu dibandingkan dengan situs-situs lainnya.

Artinya, kamu bisa membandingkan tingkat popularitas blog yang kamu miliki bahkan dengan situs-situs lain yang ada di seluruh dunia, termasuk dengan para kompetitiormu. Ini akan sangat membantumu untuk menyusun strategi pemasaran dan pengembangan blog. Dengan tetap memonitor nilai Domain Rating milik blogmu dan kompetitor, kamu jadi bisa tahu kapan harus mempertahankan atau bahkan meningkatkan posisi popularitas blogmu berdasarkan link yang kalian miliki.

Baca juga: KaDika, Blogger Muda yang Sukses Mengembangkan Blog Menjadi Karier

Nilai Domain Rating berkorelasi dengan performa SEO-mu

Manfaat DR

Manfaat Domain Rating juga bisa kamu rasakan untuk peningkatan SEO dari situs blog yang kamu miliki. Mungkin kamu bertanya-tanya bagaimana nilai Domain Rating yang penghitungannya tidak melibatkan komponen pendapatan traffic bisa berpengaruh terhadap nilai SEO. Namun demikian, keduanya tetap memiliki korelasi, lho.

Bagaimana tidak? Ketika situs blogmu mendapatkan banyak backlink dari situs-situs lain, tentu kamu bisa mendapatkan traffic lebih banyak dari kanal-kanal eksternal tersebut. Sebaliknya, jika SEO-mu baik sehingga mampu mendatangkan banyak traffic, blogmu juga akan menjadi populer dan mendapat banyak backlink dari situs-situs eksternal.

Namun demikian, bukan berarti situs yang nilai Domain Rating-nya lebih rendah tidak bisa mendapatkan jumlah traffic yang lebih tinggi dari situs yang nilai Domain Rating-nya tinggi. Sebab, nilai Domain Rating bukan merupakan satu-satunya faktor yang mengindikasikan daya tarik suatu situs untuk mendapatkan traffic. Karena itu, nilai Domain Rating dari suatu situs tidak dapat dijadikan cerminan untuk menentukan kemampuan situs tersebut untuk menarik traffic.

Mendapatkan crawl prioritas dari Ahrefs

Manfaat Domain Rating

Nilai Domain Rating merupakan salah satu informasi yang dimuat oleh Ahrefs dalam sistem crawling-nya. Oleh karena itu, nilai Domain Rating situsmu juga akan digunakan oleh Ahrefs untuk menentukan seberapa banyak halaman-halaman yang akan ia crawl dari situsmu.

Semakin tinggi nilai Domain Rating yang kamu miliki, maka akan semakin banyak pula halaman-halaman yang akan di-crawl oleh Ahrefs dari situs yang kamu miliki. Jadi, kamu tidak perlu khawatir, karena dengan adanya metrik ini, halaman-halaman yang ada dalam situsmu sudah pasti bisa di-crawl oleh Ahrefs.


Nah, Guys, itulah kira-kira empat manfaat Domain Rating sebagai metrik pengukur popularitas link domain yang bisa kamu rasakan. Tidak sekadar untuk mengetahui seberapa tinggi popularitas situs blog yang kamu miliki, Domain Rating juga bisa kamu jadikan acuan untuk meposisikan diri dalam niche di mana blogmu berada, hingga mendukung SEO dari blog yang kamu miliki.

Dengan sekian manfaat yang bisa kamu rasakan, tidak ada ruginya, kan, membuat dirimu sendiri lebih familiar dengan metrik yang satu ini? Jika kamu mengetahui informasi lain seputar Domain Rating yang belum kami paparkan, jangan sungkan-sungkan untuk berbagi di kolom komentar, ya!

Sumber gambar: Lawyernomics, Deliblogic, Depositphotos, Le RA, GrowthRocks.

Related Posts

Site Menu