Memahami Marketing Konten

Semakin Booming, Apa sih Manfaat Memahami Marketing Konten untuk Blogger?

Apa kamu pernah mendengar istilah content is king?

Frasa ini sebenarnya sudah muncul pada buku karya ahli sejarah A. Wyatt Tilby yang terbit pada tahun 1914. Kemudian, frasa tersebut dipopulerkan kembali oleh Sumner Redstone, seorang anggota dari Viacom. Apa pernah terlintas di pikiranmu, mengapa istilah content is king jadi sangat populer dan penting? Kenapa banyak orang beranggapan di era digital ini, memahami marketing konten menjadi sesuatu yang sangat penting?

Sebelum bisa memahami marketing konten, kamu harus tahu apa itu content marketing terlebih dahulu. Yuk, simak sama-sama keuntungan kalau kamu memahami marketing konten!

1. Apa, sih, Marketing Konten Itu?

Memahami Marketing Konten 1Sumber: harrismyers.com
Singkatnya, marketing konten adalah salah satu cabang dari ilmu_ marketing_ yang berfokus ke pembuatan dan distribusi konten (bisa berupa postingan di akun media sosial atau blog, artikel, atau video) yang bertujuan untuk menarik minat calon pembeli (audience dan potential customers), menjadi pembeli, hingga akhirnya menjadi pelanggan dari brand sebuah produk atau jasa.

Nggak heran kalau marketing konten menjadi salah satu strategi marketing penting yang diterapkan oleh perusahaan-perusahaan besar, apalagi perusahaan startup yang berbasis teknologi. Buat kamu yang berprofesi sebagai blogger, penulis, atau hanya sekedar hobi menulis, apa sih keuntungan memahami marketing konten?

2. Memahami Marketing Konten Bisa Meningkatkan Jumlah Pembacamu

Memahami Marketing Konten 1Sumber: blogawardsuk.co.uk
Bloggers, saat kamu sudah susah payah membuat konten yang bagus, artikelmu sudah dibuat dengan riset yang baik dan tema yang menarik, pastinya kamu ingin banyak orang yang membacanya, dong? Nah, dengan memahami marketing konten, jumlah pembaca blogmu bisa bertambah, lho!

Kenapa bisa begitu? Saat kamu memahami marketing konten, kamu akan belajar bagaimana cara membuat konten yang menarik. Misalnya pada saat membuat artikel atau konten video ━ baik itu lewat post gambar yang menarik perhatian atau headline yang bisa membuat pembaca meng-klik posting-an kamu ━ kamu akan benar-benar memperhatikan ketajaman dan manfaat dari isi konten untuk pembaca. Alhasil, kontenmu akan jadi lebih berkualitas. Kalau sudah begitu, siapa yang nggak ingin kembali membaca dan juga merekomendasikan blogmu yang penuh dengan quality content?

3. Reputasi Brand-mu akan Lebih Terbantu

Memahami Marketing Konten 1Sumber: Marketing Land
Bayangkan saat kamu membaca konten-konten yang bagus di suatu website, pasti kesan yang kamu dapatkan soal brand dari website itu positif kan? Mungkin, kamu malah ingin men-share tautannya ke teman-teman, atau bahkan berlangganan newsletter-nya jika ada. Itu juga yang akan dirasakan pembaca blogmu jika kamu menghasilkan konten yang bagus. Kalau reputasi brand-mu sudah bagus, bukan mustahil ada pihak yang ingin memasang iklan di blogmu. Jadi, fokus saja membuat konten yang bagus Hindari kesalahan blogging yang membuat pembaca menjauh!

4. Kesempatan Brada di Halaman Pertama Google Makin Tinggi

Memahami Marketing Konten 1Sumber: purrdigital.com
Nggak bisa dipungkiri, memahami marketing konten mengharuskan kamu mengerti paling tidak dasar dari SEO. Mungkin terdengar sulit, tapi kalau kamu memahami bagaimana caranya mengoptimisasi konten kamu sesuai SEO, kesempatan untuk tampil di peringkat atas laman pencarian Google makin besar!

Hal ini sangat penting buat kamu yang memang serius menjadikan menulis sebagai profesi atau yang sedang menjalankan bisnis di dunia maya. Dengan memahami marketing konten, artikel atau posting-an blog yang kamu tulis akan dioptimisasi sesuai dengan keyword yang tepat. Dengan visibility tinggi di halaman pertama Google, hal itu akan membantu calon customer dan klien untuk menemukan jasa atau produk yang kamu tawarkan.

5. Potensi Conversion akan Lebih Tinggi saat Kamu Memahami Marketing Konten

Memahami Marketing Konten 1Sumber: pexels.com
Selain memastikan jenis konten yang dibuat sesuai dengan target audiens, misalnya, jika kamu membuat konten untuk generasi milenial, pastikan kamu menulis topik-topik yang disukai oleh kaum milenial. Engagement dengan pembaca harus menjadi objektif utama kamu. Saat itu sudah tercapai, kamu bisa menyelipkan pitching produkmu secara cermat ━ misalnya di akhir artikel. Tapi ingat, jangan berlebihan dan terkesan ngiklan, ya!


Itu dia beberapa alasan kenapa memahami marketing konten jadi penting banget di era sekarang, apalagi buat kamu yang ingin berkarir di industri teknologi. Kalau kamu masih bingung bagaimana cara blogging yang baik dan efektif, blog C2live punya banyak tips untuk kamu. Jadi, jangan sampai ketinggalan, ya!

Related Posts

 
Site Menu