Postur Tubuh

Menghindarkanmu dari Berbagai Hambatan Menulis, Ini dia 5 Manfaat Memelihara Postur Tubuh yang Baik Bagimu

I’m a writer at Content Collision

Senantiasa memproduksi konten dari waktu ke waktu, sebagian besar blogger biasa berkutat di depan layar untuk waktu yang cukup lama tanpa banyak bergerak. Terkadang, demi mencari posisi yang nyaman untuk menulis, kita sering membiarkan tubuh kita membentuk formasi yang tidak ideal hingga berjam-jam lamanya.

Sadar atau tidak, sebenarnya kebiasaan ini bisa berpengaruh buruk bagi postur tubuhmu, lho. Salah-salah, kamu malah bisa terserang gangguan otot, pernapasan, hingga tulang dan sendi. Kalau sudah begitu, produksi kontemu pun bisa terhambat. Karena itu, penting bagimu untuk memperhatikan postur tubuhmu ketika menulis.

Percayalah, posisi tubuh yang baik akan memberikan berbagai kelancaran bagimu selama proses menulis. Tidak percaya? Yuk, simak beberapa manfaat menjaga postur tubuh berikut yang dapat membantu kamu terhindar dari berbagai hambatan menulis!

1. Mencegah Timbulnya Berbagai Gangguan Kesehatan

Postur Tubuh

Ini merupakan salah satu manfaat menjaga postur tubuh yang paling gamblang. Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, postur tubuh yang buruk ketika menulis bisa menyebabkan timbulnya berbagai problema kesehatan. Mulai dari sekadar pegal-pegal pada bagian bahu dan punggung, sirkulasi darah yang tersendat, terjepitnya saraf, dan berbagai gangguan lainnya bisa saja terjadi padamu karena postur tubuh yang salah.

Bahkan, jika dibiarkan terjadi untuk waktu yang cukup lama, gangguan-gangguan tersebut malah bisa berkembang menjadi sebuah komplikasi. Mengerikan, bukan? Nah, supaya kamu terhindar dari potensi terkena gangguan-gangguan tersebut, coba biasakan untuk memperhatikan postur tubuhmu ketika menulis, ya. Jika kamu sadar bahwa posturmu sudah kurang baik, segeralah benahi kembali sebelum menjadi kebiasaan.

2. Membantumu agar dapat Tidur dengan Lebih Nyaman

Postur Tubuh

Istirahat yang cukup merupakan hal yang penting bagi siapapun. Di lain sisi, postur tubuh yang buruk justru menyebabkanmu susah tidur. Pasalnya, sakit punggung yang lumrah disebabkan oleh postur tubuh buruk dapat mengganggu kenyamanan beristirahat, sehingga akan menurunkan kualitas tidur seseorang.

Ketika kamu tidak dapat beristirahat dengan baik, hal ini akan mempengaruhi kinerjamu di keesokan hari. Mengapa? Karena otaknya pun jadi tidak mendapatkan istirahat yang cukup. Ketika otak lelah, tentunya konsentrasi berpikir pun akan menurun. Sedangkan jika kamu mendapat istirahat yang cukup dalam waktu tidurnya, niscaya di esok hari kamu akan dapat menulis dengan lebih baik.

3. Memperbaiki Sirkulasi Pernapasan

Postur Tubuh

Siapa di antara kamu yang punya kebiasaan membungkuk ketika sedang menulis? Kalau kamu salah satu orang yang sering melakukan kebiasaan ini, yuk, coba biasakan diri untuk mengatur diri agar posisi tubuhmu senantiasa tegap. Pasalnya, ternyata, postur tubuh yang tidak baik saat menulis juga bisa mempengaruhi kelancaran sirkulasi pernapasan, lho.

Ketika kamu membungkuk, akan ada beberapa bagian tubuh yang mendapat tekanan sehingga penyempitan saluran pernapasan pun mungkin terjadi. Jika sudah begitu, aliran udara yang keluar dan masuk pun akan terhambat dan menyebabkan napasmu menjadi pendek dan berat. Namun, jika kamu mengatur posisi tubuhmu sehingga membentuk postur tubuh yang baik, rongga-rongga pada saluran pernapasan akan memiliki bentuk ideal yang semestinya, sehingga udara dapat keluar dan masuk dengan lebih lancar.

4. Meningkatkan Daya Pikir dan Konsentrasi

Postur Tubuh

Konsentrasi dan ketajaman daya pikir merupakan salah satu senjata terpenting bagi semua tipe penulis, tidak terkecuali blogger. Hal ini disebabkan karena keduanya memegang peranan penting bagi si penulis agar dirinya bisa mengkonversi dan menuangkan buah-buah pikirannya ke dalam bentuk tulisan. Ketika konsentrasi dan daya pikir seorang penulis tertanggu, biasanya hal tersebut akan berakhir pada kualitas konten yang kurang baik.

Konsentrasi dan daya pikir merupakan bagian dari kinerja otak. Otak sendiri baru bisa memberikan performa optimal jika mendapat suplai oksigen yang mencukupi. Nah, selaras dengan yang sudah disampaikan pada poin sebelumnya, postur tubuh yang baik bisa membantu agar kamu dapat menghirup oksigen dengan lebih maksimal. Jadi, jika kamu sudah memiliki postur tubuh yang baik untuk pernapasan, teruslah dijaga, ya.

5. Menguatkan Bagian Atas Tubuh

Postur Tubuh

Dengan segala kesibukan pekerjaan yang dimiliki, banyak masyarakat modern yang masih menyempatkan diri untuk melakukan work out dan pergi nge-gym. Mengapa? Selain untuk menjaga kebugaran tubuh, hal ini juga ditujukan untuk menguatkan bagian atas tubuh. Lagi-lagi, mengapa? Karena bagian atas tubuh merupakan bagian yang sering di-highlight oleh orang-orang. Dengan kata lain, kekuatan bagian atas tubuh menjadi faktor yang berpengaruh terhadap penampilan seseorang.

Sayangnya, postur tubuh yang tidak baik akan menyebabkan persebaran beban tubuh tidak merata; membuatnya lebih terpusat pada bagian bawah tubuh. Jika dibiarkan terus menerus, hal ini akan membuat bagian atas tubuhmu menjadi sangat lemah dan mudah terasa sakit. Kalau sudah begitu, kamu pun tidak akan merasa nyaman untuk melakukan berbagai aktivitas sehari-hari, termasuk menulis.


Perlu diingat bahwa sebenarnya, blogger memiliki tanggung jawab terhadap sirkulasi konten dunia. Di samping itu, sebagai influential marketer, ada banyak hal juga, lho, yang bergantung pada konten yang kita sajikan. Jika produksi kontenmu tersendat, maka pemenuhan tanggung jawab tersebut pun juga akan terganggu.

Akan menjadi suatu hal yang konyol, bukan, bila hal tersebut terjadi dan penyebabnya adalah karena kesalahan postur tubuh? Makanya, yuk, biasakan diri untuk menulis dengan postur tubuh yang baik! Dengan menjaga postur tubuh yang ideal, dijamin nulis makin lancar!

Sumber: Nerdophiles, best-adres, lrandecom, sabedenada, Cascade Business, KamaleoAh.

Related Posts

 
Site Menu