membaca blog

Ini Alasan Tidak Ada yang Membaca Blog Kamu! Apa Solusinya?

membaca blogKamu telah bekerja keras, meluangkan banyak waktu untuk menulis, membagikan tulisan ke forum dan media sosial, serta mempercantik tampilan blog dengan widget lucu. Tetap saja angka trafik tidak mau meningkat, tidak ada yang membaca blog kamu.

Apa yang terjadi? Apakah usahamu belum cukup besar dalam mempopulerkan kontenmu? Apa yang salah?

Perlu diketahui kalau dalam menulis, berusaha keras saja belum cukup. Dalam menyusun konten blog yang mengundang traffic, kamu juga harus bekerja cerdas! Artinya, kamu harus bisa mengidentifikasikan letak permasalahan, dan tidak takut untuk mengubahnya.

Berikut adalah 4 kemungkinan penyebab tidak ada yang membaca blog kamu!

Mengapa orang tidak membaca blog saya?

1. Tulisanmu hanya menarik bagi kamu

Apakah pernah berpikir: “tulisan ini sungguh menarik, konten ini akan menjadi viral, dan traffic blog kamu akan meningkat!” Tapi realita berkata lain. Seminggu setelah kamu merilis tulisan di blog, membagikan ke forum online dan media sosial, masih saja pengunjung blog kamu sepi. Bahkan, kurang bila dibandingkan artikel sebelumnya!

Kamu perlu menyadari bahwa apa yang kamu anggap menarik belum tentu menarik bagi audiensmu. Oleh karena itu, kamu perlu mengetahui apa yang audiens kamu inginkan.

Bagaimana caranya? Lakukan riset sederhana seperti tanyakan pada target audiensmu konten seperti apa yang mereka ingin baca, seberapa banyak waktu yang mereka habiskan untuk membaca, hingga keseringan mereka membaca blog lain yang menyajikan konten mirip dengan blog kamu.

Identifikasi dulu titik permasalahannya!

2. Kamu belum menemukan siapa target pembacamu sesungguhnya

membaca blog

Sumber: John Hart Real Estate

Beranjak dari poin pertama, alasan orang tidak membaca artikelmu bisa saja karena kamu belum menemukan siapa target pembaca yang cocok! Analogikan mengejar cinta, kamu perlu mengenali dengan baik dan mengidentifikasi celah untuk kamu bisa mendekati seseorang yang ingin kamu pacari. Identifikasi juga pola aktivitas membaca dari audiens, apa yang membuat mereka betah berlama-lama di sebuah blog, dan demografis target audiens kamu.

Sebelum itu semua kamu lakukan, kamu harus menentukan siapa yang menjadi target audiens! Dengan mengetahui siapa yang menjadi target audiens, kamu bisa tahu apa yang mereka inginkan, cari persamaan dengan aspirasi dan idemu, kemudian mulailah berkarya!

3. Tampilan halaman blog yang berat

membaca blog

Sumber: Globalweb FX

Alasan yang cukup teknis. Kamu berpikir bahwa widget tombol share yang selalu bergerak mengikuti posisi page itu lucu? Atau landing page dalam bentuk animasi yang membutuhkan 1 menit untuk dimuat itu keren? Tidak sama sekali!

Dari data yang dikeluarkan oleh Google Developer 53 persen dari pengguna meninggalkan sebuah laman ketika laman tersebut membutuhkan lebih dari 3 detik untuk dimuat (muncul sesuatu).

Jika kamu merasa tampilan blog kamu berat dan lama untuk dimuat, segera ganti tampilan laman blog kamu! Banyak template gratis yang bisa kamu download untuk platform blog kamu seperti laman colorlib yang menyediakan template gratis untuk platform wordpress.

membaca blog

Sumber: Themzaa

Pilih desain blog yang minimalis namun tetap elegan seperti H-code yang memberikan kesan mewah dengan menggunakan garis tipis sebagai pembatas antar post dan dapat dimuat dengan cepat oleh browser.

Begitu juga dengan gambar. Pilihan definisi tinggi itu wajib, namun jangan sampai keberatan juga. Bisa kamu lakukan re-size atau di potong beberapa bagian. Begitu juga dengan visual GIF dan video. Melakukan embed terkadang lebih menghemat kuota dan memori prosesor ketimbang mengunggah sepenuhnya!

Baca Juga: Tips Terlengkap Membuat Konten Blog Yang Meramaikan Trafik Situsmu!

4. Belum mengandalkan Search Engine Optimization (SEO)

membaca blog

Sumber: The Search Agency

Setelah menyajikan konten yang berkualitas, pembaca blog kamu masih saja sepi? Itu tandanya kamu belum memanfaatkan SEO!

Search Engine Optimization merupakan komponen penting untuk pertumbuhan traffic blog. Dengan memanfaatkan SEO, mesin pencarian seperti Google, Yahoo, dan Bing, dapat mengidentifikasikan relevansi tulisan dengan kata kunci yang dicari calon pembaca.

Bila relevan, tulisan pada blog akan tampil pada halaman yang lebih depan. Mungkin saja artikel kamu dibutuhkan dan ingin dibaca, namun belum memiliki aturan SEO yang benar sehingga tidak bisa ditemukan ketika dicari. Bila merasa sudah mengikuti aturan yang baik namun belum muncul di halaman pencarian manapun, ada gunanya melakukan index dengan mendaftarkan URL artikel pada fitur submit link Google Webmasters.


Semoga setelah membaca artikel ini kamu bisa lebih mudah mengidentifikasi dan terbuka untuk mencari tahu lebih banyak alasan sepinya trafik yang masuk. Tidak jarang berbagai problematika yang muncul merupakan masalah yang spesifik, bersifat case by case. Inti utamanya, mendapatkan minat pembaca bukan hanya soal menyajikan konten berkualitas. Namun juga dibutuhkan konsistensi, timing yang tepat, dan strategi jitu untuk memperoleh pembaca yang loyal.

Buat kamu yang ingin belajar lebih banyak lagi tentang tips blogging lainnya, yuk kunjungi Blog C2live! Oh ya, mungkin saja blog kamu sepi karena banyak yang tidak mengenal siapa dirimu. Yuk, tunjukkan talenta dirimu kepada dunia dengan mengikuti lomba blogging! Kali ini, C2live sedang mengadakan 2 kompetisi blogging loh. Kamu bisa melihat detil keduanya pada link berikut:

Lomba Blogging Skyscanner: Aha Moment Saat Travelling!
Lomba Blogging EV Hive: Yuk, Akselerasi Bersama Coworking Space di Era Teknologi!
Yuk, ikutan!

Related Posts

1 Comment

Comments are closed.

 
Site Menu