Dari Mendaftar Hingga Kustomisasi, Ini Caranya Membuat Blog Pribadi Dengan WordPress

Apakah kamu punya blog pribadi? Belum? Buat kamu yang hobi dan terjun menulis, blog pribadi itu wajib punya lho! Selain bisa jadi portofolio, blog pribadi bisa menjadi tempat menuliskan apa yang kamu inginkan dengan sentuhan personal yang unik. Kali ini, Blog C2live akan berbagi tutorial sederhana membuat blog pribadi dengan wordpress, dari mendaftar hingga ke personalisasi!

Membuat blog pribadi dengan WordPress? Daftar dulu!

membuat blog pribadi dengan wordpress

Kamu bisa mulai membuat blog pribadi dengan WordPress. Pada halaman utama, kamu akan menemukan tombol ‘get started’. Tekan tombol ini untuk mulai mendaftar. Perlu diperhatikan bahwa WordPress merupakan tempat memulai situs, bukan hanya blog. Kamu akan disuguhkan pilihan untuk membuat situs, blog, portofolio, atau toko online. Pilih opsi ‘start with a blog

Memilih tema

membuat blog pribadi dengan wordpress

Langkah selanjutnya adalah memilih tema default gratis yang disediakan WordPress. Pilihlah yang paling menarik hatimu. Bila tidak ada, kamu bisa menekan tombol skip for now dan lanjut ke tahapan selanjutnya.

Tema blog di luar sana jumlahnya tak terhingga. Berbayar atau tidak, kamu pasti bisa menemukan tema yang paling cocok denganmu. Lagipula, amu juga bisa membuat sendiri!

Memilih alamat yang cocok

membuat blog pribadi dengan wordpressSelanjutnya, kamu akan diminta untuk memilih nama situsmu. Pilihlah sesuatu yang sederhana dan mudah diingat, namun unik menggambarkan dirimu. Akan muncul beberapa usulan dari WordPress untuk nama yang kamu masukkan. Ada 3 pilihan yang bisa kamu lakukan.

Pertama, bila pertama kali memulai, kamu bisa memilih domain gratis yang berakhiran .wordpress.com. Namun, bila kamu sudah punya domain pribadi sebelumya, kamu bisa mengintegrasikan blogmu di domain tersebut.

Bila belum ada, kamu bisa memilih domain yang lebih personal, seperti .com, .org, .blog atau variasi lain dari nama yang kamu masukkan. Dua pilihan terakhir membutuhkan paket WordPress berbayar.

Memilih paket yang cocok

membuat blog pribadi dengan wordpress

Kamu akan disuguhkan dengan 4 tipe paket dari WordPress. Ini biasanya dilema yang ditemukan blogger ketika pertama kali membuat blog pribadi dengan WordPress. Paket gratis adalah paket yang cukup populer, karena tidak perlu berbayar. Namun, bila kamu menginginkan kontrol dan kemampuan menghasilkan uang, paket ini bukan untukmu.

Paket personal cocok bagi penulis yang mencari keleluasaan pribadi dalam berkreasi. Dengan harga $2.99 USD (sekitar Rp.40,000,-), kamu akan terhindar dari iklan, mendapatkan dukungan e-mail dan live chat dalam mengatur blog, serta ruang simpan 2 kali lipat dari gratisan (6 GB).

Lebih jago dari paket personal, paket premium merupakan yang direkomendasikan penulis freelance dan blogger yang menjalankan usaha. Alasannya, marketing dan monetisasi lebih gampang di paket seharga $8.25 USD (sekitar Rp.110,000,-) ini. Paket ini memberikan akses terhadap tema premium tanpa batas serta kustomisasi blog lebih lanjut.

Terakhir, paket bisnis ditujukan bagi para pemilik bisnis. Dengan paket ini, kamu bisa melakukan optimasi SEO dengan mudah, memasang plugins, serta mengintegrasi Google Analytic ke dalamnya. Semuanya esensial untuk keperluan marketing digital. Harganya $24.92 USD (sekitar Rp.332,000,-)

Untuk sekarang, disarankan untuk memilih paket gratis terlebih dahulu. Masih ada kesempatan untuk melakukan upgrade kapan saja, kok. Pada kesempatan selanjutnya, Blog C2live akan melakukan penjabaran lebih mendetil lagi tentang 4 paket ini.

Masukkan data pribadi

membuat blog pribadi dengan wordpress

Langkah ini paling sederhana. Masukkan e-mail pribadimu, pikirkan lagi nama blog yang kamu pilih, serta masukkan kata kunci untuk keperluan log in. Pikirkan kata kunci yang kuat ya! Gunakan kombinasi huruf-angka yang unik. Bila selesai memasukkan, maka kamu akan dihadapkan diminta untuk menunggu WordPress menyediakan tampilan untukmu.

Kustomisasi blog kamu!

membuat blog pribadi dengan wordpressPada tahap ini, kamu sudah bisa mulai mengisi blog kamu. Namun, membuat blog pribadi dengan WordPress tidak akan terasa unsur pribadinya bila tidak kamu kustomisasi! Dari mana kamu harus memulai?

Mengenal personalizer

membuat blog pribadi dengan wordpressKenali dulu apa yang bisa kamu utak atik secara personal. Tekan tombol customize dan kamu bisa melihat beberapa elemen blog yang bisa kamu ubah.

Paling penting adalah identitas dari situsmu! Terlebih dahulu masukkan judul yang menyambut, tagline situs yang menarik, ikon situsmu, serta kredit. Kredit di sini adalah tulisan yang menandakan kamu menggunakan WordPress. Lakukan upgrade bila ingin elemen ini hilang.

Background merupakan tampilan warna latar. Font adalah tempat mengatur tampilan huruf. Header merupakan gambar yang kamu pilih untuk bagian atas blogmu.

Bagian Menu mengizinkanmu menampilkan pilihan tertentu di situsmu. Default-nya adalah menu primer yang berisi navigasi ke halaman-halaman situsmu dan menu media sosial yang berisi link ke media sosial favoritmu. Kamu bisa menambah pilihan menu yang berisi kategori, link, dan berbagai pilihan lainnya dengan pilihan add menu.

Sedangkan widget, adalah kode HTML tambahan pada situs. Gunanya untuk menambah fitur atau sekadar meningkatkan tampilan visual blogmu. Kamu bisa membuat sendiri, atau mengambil kode karya orang. Kamu bisa mengatur di mana, kapan, dan kondisi agar widget muncul. Terakhir, di aturan static front page, kamu bisa mengatur tampilan halaman utama dan isinya.

Menentukan tema

membuat blog pribadi dengan wordpressBiasanya, bagian ini juga cukup menimbulkan dilema dalam membuat blog pribadi dengan WordPress. Kamu juga bisa mulai dengan menentukan tema (themes) untuk blog kamu. Tema menentukan tampilan blogmu secara keseluruhan. Tidak hanya tampilan, tema juga bisa menentukan interface dan experience pengunjung blogmu. Karena, berbeda tema, beda pula cara navigasi dan fitur yang ditawarkan

Bila kamu mendaftar secara gratisan, maka kamu hanya bisa mendapatkan akses kepada tema blog yang gratisan. Jangan khawatir, kualitasnya nggak jelek kok. Intergalactic, Libretto, dan Sapor merupakan tema yang cukup direkomendasikan.

Premium menyimpan berjuta kejutan yang nggak bisa kamu temukan dengan gratis. Tema Wanderer dan Obsidian misalnya, memberikan tampilan edgeless yang bersih dan menyeluruh. Sementara Patch menampilkan isi blogmu dengan bentuk seperti kolom majalah.

Namun, semua pilihan kustomisasi ini sangat tergantung dengan tema yang kamu pilih dan paket WordPress yang kamu ambil. Kamu juga bisa melakukan kustomisasi unik dengan kode CSS sendiri, atau upload saja tema favoritmu! Jadi, coba berkreasi dan bereksperimen ya!

Saatnya menghilangkan kata WordPress dari domain kamu!

membuat blog pribadi dengan wordpress

Bila kamu sudah lebih familiar dengan WordPress basic, saatnya maju ke tahap selanjutnya. Blog dengan domain yang lebih personal dan unik biasanya memiliki kredibilitas serta nilai kunjung yang lebih tinggi. Pasalnya, akhiran domain berbayar menunjukkan kamu memberi usaha ekstra pada blogmu.

Tinggal ke pilihan My Site, dan pilih plan. Selanjutnya akan muncul beberapa pilihan paket seperti yang disebutkan di atas. Pertimbangkan baik-baik berdasarkan kebutuhanmu. Jangan membayar yang tidak perlu, namun juga jangan kompromi soal harga bila kamu butuh paket yang lebih komplit.

Bila kamu merasa oke dengan paket gratis, namun tetap ingin mencabut tulisan WordPress di domain, kamu tetap bisa melakukan upgrade domain. Tinggal ke pilihan menu domain, pilih atau masukkan alamat situs yang cocok dengan hatimu. Akan ada tampilan harga yang muncul. Selanjutnya, kamu tinggal melakukan pembelian!

Selain itu, ada juga pembayaran proteksi tambahan sebesar $8 USD (sekitar Rp.107,000,-). Namun, opsi ini lebih direkomendasikan untuk kamu yang sudah memiliki situs berotoritas domain tinggi, atau menjalankan bisnis.

Semua pembelian di WordPress dapat kamu lakukan dengan kartu kredit atau akun Paypal. Kamu hanya perlu memasukkan informasi kartu kredit dan lakukan pembayaran. Bila selesai, akan ada konfirmasi pembelian, serta instruksi lanjut untuk keperluan konfigurasi.

Bagaimana bila kamu nggak punya kartu kredit?

membuat blog pribadi dengan wordpress

Salah satu masalah yang dihadapi ketika ingin membuat blog pribadi dengan WordPress adalah tidak punya kartu kredit atau Paypal. Kalau memang itu masalahnya, kamu bisa mencoba jasa hosting.

Ini sama dengan memiliki domain terlebih dahulu, dan melakukan hosting akun WordPress di domain tersebut. Walaupun kebanyakan perlu menggunakan kartu kredit, kamu bisa menemukan host yang menawarkan metode pembayaran lain.


Bagaimana? Apakah kamu sekarang lebih mengerti cara membuat blog pribadi dengan WordPress? Semoga artikel ini cukup jelas membantu ya! Bila ada pertanyaan tentang hal yang tidak dimengerti, silahkan tinggalkan komentar di bawah!

Buat kamu yang ingin menemukan lebih banyak tips lagi tentang blogging, yuk kunjungi Blog C2live dan temukan informasi yang bermanfaat bagimu!

Baca juga: 5 Situs Blog Gratis Terbaik Untuk Memulai Karir Sebagai Penulis

Sumber : Maxmanroe.comCompete ThemesGBIG InsightPat BaganoBlogPressWP Website CoachPrestaShopWSX HostingUpgraded Points.

Related Posts

Site Menu