Nama Domain

5 Hal Lain yang Perlu Kamu Perhatikan dalam Memilih Nama Domain

Memilih dan menentukan nama domain tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Sebab, sadar atau tidak, nama domain yang kamu gunakan bisa mempengaruhi performa situs yang kamu jalankan. Salah-salah, hanya karena memakai nama domain yang tidak tepat, blogmu bisa saja jadi sepi pengunjung.

Karena itu, pemilihan nama domain perlu dipertimbangkan secara matang. Berikut adalah beberapa pertimbangan yang bisa kamu perhatikan untuk menentukan nama domain seperti apakah yang cocok untuk blogmu:

”Definisi” Google terkait blogmu

Nama Domain

Ketika kamu ingin menggunakan domain pribadi, kamu perlu memastikan bahwa nama domain yang kamu gunakan benar-benar bisa mencitrakan isi blog yang kamu sajikan pada para pembaca. Oleh karena itu, kamu perlu mencari tahu terlebih dahulu seperti apa pandangan Google terhadap blogmu.

Cobalah untuk melakukan pencarian menggunakan keyword yang merujuk pada identitas blogmu dan lihat hasil yang keluar. Hasil yang ditampilkan pada SERP yang keluar menunjukkan hal-hal yang dianggap berhubungan atau mencerminkan keyword dari blogmu. Dari situ, kamu bisa mengamati nama domain seperti apa yang akan cocok untuk kamu pakai.

Selain itu, hasil pencarian juga sekaligus menunjukkan siapa saja kompetitormu. Dengan mengetahui siapa dan seperti apa kompetitormu, kamu jadi berkesempatan untuk memformulasikan nama domain yang mampu bersaing untuk menarik minat para pembacamu.

Penggunaan keyword populer

Nama Domain

Menggunakan keyword yang tepat untuk nama domainmu sangat diperlukan supaya potensi situsmu untuk keluar di halaman awal SERP lebih tinggi. Secara umum, keyword yang populer dianggap ampuh untuk menarik traffic dalam jumlah banyak karena sering dicari orang. Karenanya, kamu perlu mengetahui keywordkeyword apa saja yang populer dan potensial untuk kamu gunakan.

Namun, kamu juga perlu melihat medan perang yang ideal untuk blogmu. Menggunakan kata kunci yang populer belum tentu bisa menjadi solusi yang tepat bagimu. Jika blogmu merupakan blog muda dengan pamor yang minim atau biasa saja, memilih keyword yang terlalu populer justru akan menempatkanmu pada rank yang rendah. Sebab, kompetisi untuk keyword jenis ini terlalu sengit. Belum lagi, sudah ada banyak situs besar lain yang lebih pro dalam pembahasan keyword tersebut. Kalau sudah begitu, blogmu malah akan jadi kalah saing.

Karenanya, kamu perlu lebih berhati-hati dalam menggunakan keyword yang populer. Namun, bukan berarti kamu malah jadi menggunakan keyword yang tidak banyak dicari orang. Tetaplah gunakan keyword yang menarik minat banyak orang, namun bermainlah pada long-tail keyword yang sifatnya lebih spesifik sehingga kamu bisa memiliki kesempatan yang lebih besar untuk mendulang traffic dari demografi pembaca yang lebih fokus.

Intensitas yang diproyeksikan

Nama Domain

Ketika kamu hendak memilih suatu nama untuk domain blogmu, kamu perlu memikirkan pula akan sekuat apa citra yang diproyeksikan melalui nama tersebut. Dengan kata lain, kamu perlu memastikan bahwa nama domain yang kamu pilih mampu membangun citra blogmu secara efektif. Sebab, biar bagaimanapun juga, nama domain merupakan bagian dari elemen branding blogmu. Jadi, nama domain yang kamu pilih harus bisa memberikan kesan yang kuat akan citra yang ingin kamu bangun bagi para pembacamu.

Untuk mendapatkan nama domain yang memiliki kesan powerful, pastikan kamu memilih nama yang unik, singkat, bermakna, dan jelas. Faktor-faktor tersebut bisa kamu jadikan acuan untuk menentukan nama domain yang mudah diingat namun tetap mampu memancarkan kesan yang kuat. Di sisi lain, kamu juga tetap perlu memastikan bahwa nama yang kamu pilih tetap relatable dengan isi blog yang akan kamu bangun.

Baca juga: Tips Memilih Nama Domain yang Efektif untuk Blogmu

Kesesuaian dengan tema blog yang ingin kamu angkat

Nama Domain

Kesesuaian nama domain dengan tema blog yang ingin diangkat memang terdengar sederhana, namun dampak yang dihasilkan bisa sangat signifikan. Meski demikian, ada saja blogger pemula di luar sana yang menentukan nama domainnya secara terburu-buru sebelum benar-benar menentukan tema utama yang ingin ia angkat dalam blognya. Alhasil, belum tentu nama domain yang sudah dipilih sesuai dengan fokus utama pembahasan-pembahasan dalam blognya.

Ketika hal itu terjadi, kredibilitas blogmu pun jadi dipertanyakan. Sebab, orang akan menganggap bahwa citra yang kamu proyeksikan dengan apa yang kamu sajikan tidak cocok satu sama lain. Bisa-bisa, blogmu malah dianggap menjebak atau dikelola dengan ngawur karena satu faktor yang tidak konsisten ini.

Selain itu, adanya unsur identitas yang berbeda dari blogmu juga akan membuat orang-orang sulit mengingat hal mana yang sebenarnya merujuk pada blogmu. Ini juga berpotensi untuk mempersulit akses pembaca yang ingin mengunjungi blogmu.

Ketersediaan pemakaian/hak guna

Nama Domain

Ketika kamu merasa sudah menemukan nama domain yang dirasa tepat, sebelum benar-benar menggunakannya, ada baiknya kamu memeriksa terlebih dahulu ketersediaan nama tersebut. Dalam hal ini, selain memastikan nama domain tersebut belum dipakai oleh situs lain, kamu juga perlu memastikan bahwa nama yang ingin kamu pakai masih available untuk akun-akun media sosialmu juga.

Jangan disepelekan, sebab di era digital ini, pemasaran melalui media sosial bisa membantu pengembangan blogmu dengan pesat. Di satu sisi, jika kamu ingin blogmu dianggap kredibel, keberadaan dan identitas blog yang kamu tampilkan di media sosial juga harus konsisten. Hal ini terutama berlaku bagi kamu yang menjalankan bisnis melalui blogmu.

Namun, tidak hanya terbatas pada media sosial, ada baiknya kamu juga memastikan ketersediaan hak guna terhadap nama domain yang akan kamu gunakan. Siapa tahu, nama yang hendak kamu pakai sudah pernah digunakan oleh pihak lain dan sudah dijadikan trademark. Karenanya, tahap ini menjadi langkah yang cukup penting. Sebab, selain bisa membantu menjaga konsistensi citra blogmu, kamu pun jadi bisa terhindar dari berbagai potensi permasalahan hukum.


Seperti itulah kira-kira beberapa hal yang selayaknya kamu jadikan pertimbangan juga saat ingin menentukan nama domain bagi blogmu. Kini, sudah semakin banyak orang yang membuat situs bagi diri dan bisnisnya. Bahkan, tidak sedikit pula orang yang juga membuatkan situs untuk peliharaan dan barang kesayangannya. Dengan fenomena seperti itu, pilihan nama domain yang tersedia pun semakin terbatas.

Namun, itu tidak dapat kita jadikan alasan untuk memberikan nama domain yang seadanya bagi blog kita. Jadi, tidak sekadar menggunakan keyword dan extension yang tepat, kamu juga harus jeli melihat faktor-faktor lain yang bisa mempengaruhi kelancaran pengembangan blogmu dalam pemilihan nama domain. Dengan lima tips di atas, semoga kamu jadi terbantu untuk menentukan nama domain terbaik bagi blogmu, ya!

Sumber gambar: martechtoday, Bewoo Martin, trunk, Natro, Gravity Digital, Dutart.

Related Posts

Site Menu