platform-blog

Yuk, Cermat Memilih Platform Blog sesuai Kebutuhanmu!

Sebelum memulai untuk menulis blog dan mempublikasikan secara luas, ada baiknya bagi kamu untuk mengenal dulu berbagai platform blog yang dapat kamu gunakan. Saat ini, ada beragam platform blog yang tersedia dan dapat kamu gunakan sesuai kebutuhan kamu, baik itu platform blog berbayar ataupun yang gratis. Nah, kamu sendiri sudah menentukan platform pilihan kamu, belum? Biar makin familiar, yuk pahami lebih lanjut tentang masing-masing platform yang tersedia!

1. Blogger

platform blogSumber: Blogger
 

Blogger adalah salah satu platform blogging legendaris yang sudah banyak dikenal orang. Sebagai salah satu produk dari raksasa internet, Google, Blogger memudahkan kamu untuk terindeks di pencarian Google. Selain itu, kamu juga dapat menggunakan platform ini secara gratis dengan hosting data yang cukup luas. Makanya, platform ini bisa jadi pilihan yang baik bagi kamu yang baru belajar menulis blog atau menolak ribet dalam mengurus hosting. Namun, karena layanan ini gratis maka kamu punya keterbatasan dalam memberi nama alamat blog kamu. Pengguna Blogger akan memiliki akhiran ‘.blogspot.com’ di belakang alamat blognya.

2. WordPress

platform blogSumber: pixelcreatures
 

WordPress adalah aplikasi pemrograman yang umum digunakan untuk berbagai keperluan seputar halaman website. Kemudahannya untuk dimodifikasi sesuai kebutuhan menjadikan WordPress sering diandalkan untuk membangun blog maupun website. Tak heran, beberapa situs ternama masih menggunakan WordPress sebagai wadah publikasi. Sebut saja CNN, Reuters, The New York Times, TechCrunch, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Kemudahan dalam penggunaan WordPress tersebut juga dapat kamu manfaatkan sebagai dasar dari blog yang akan kamu buat. WordPress memiliki dua versi layanan yang dapat kamu pilih, yaitu WordPress.com dan WordPress.org. Dengan WordPress.com, kamu bisa langsung membuat blog tanpa perlu melakukan instalasi rumit. Namun, konsekuensinya adalah kamu tidak bisa merubah tampilan template yang digunakan. Jika kamu ingin melakukan perubahan tampilan WordPress dengan lebih leluasa maka kamu bisa gunakan WordPress.org. Namun sebelum menggunakan wordpress.org, kamu harus memiliki hosting dan domain untuk digunakan sebagai tempat penyimpanan dan alamat blog kamu. Blog kamu pun dapat dialamatkan dengan akhiran ‘.com’, ‘.net’, atau apapun yang bisa kamu beli.

3. Kompasiana

platform blogSumber: Kompasiana
 

Dikutip dari Kompasiana.com, Kompasiana adalah sebuah platform blog dan publikasi Online yang dikembangkan oleh Kompas Cyber Media sejak 22 Oktober 2008. Di awal kehadirannya, Kompasiana dibangun sebagai blog jejaring internal untuk jurnalis dan karyawan Kompas Gramedia. Kini, publik juga bisa bergabung dan berpartisipasi untuk nge-blog dan menyumbangkan tulisan yang dapat dinikmati orang banyak.

Kalau kamu mau nge-blog secara instan tanpa perlu mengatur tampilan atau menyiapkan hosting dan mengarang alamat blog, Kompasiana bisa jadi pilihan blog kamu. Kamu bisa daftar dan mulai menulis blog dengan segera. Selain itu, Kompasiana juga mengkurasi tulisan yang ada dan mempromosikan tulisan yang lolos untuk dapat dibaca oleh banyak orang.

4. Tumblr

platform blogSumber: Si Uut

Tumblr adalah layanan microblogging yang memungkinkan pengguna mengguna mengirimkan konten multimedia dalam bentuk blog pendek. Tumblr akan lebih menyenangkan buat kamu yang suka update blog dengan komposisi gambar atau video lebih banyak daripada tulisan. Tampilan halaman blog kamu pun dapat diatur sedemikian rupa dengan sedikit lebih leluasa dengan fitur bawaan Tumblr. Layanan yang disediakan juga gratis, tapi seperti layaknya platform gratiskan maka alamat blog kamu akan bertengger dengan tambahan ‘.tumblr.com’


Nah, informasi tentang platform blogging di atas diharapkan bisa membantu kamu untuk segera memilih dan segera mulai merasakan serunya memiliki blog. Yang terpenting dalam membuat blog adalah kamu harus punya komitmen untuk terus meng-update blog secara rutin. Sayang kan kalau blog kamu cuma diisi jarang-jarang. Siapa tahu tulisan di blog kamu bisa menjadi referensi saat melamar sebagai freelance writer nantinya.

Nah, kalau kamu ingin baca-baca tips blogging lainnya, langsung aja kunjungi blog C2live atau langsung pantengin kategori Blogging 101 untuk berbagai inspirasi menarik blogging kamu. Happy blogging!

Related Posts

1 Comment

  • iqbal Posted at November 30, 2017 at 12:49 am

    Selain itu sedang berkembang steemit, blog berbasis cryptocurrency. Itu juga masuk dalam rekomendasi

Comments are closed.

 
Site Menu