tips mempromosikan blog

Yuk Pelajari Waktu yang Tepat untuk Mempromosikan Blogmu di Media Sosial!

Saya salah satu blogger yang tergabung dalam komunitas C2live.com

Terdapat banyak cara untuk mengenalkan blog kamu kepada orang banyak, salah satunya dengan menggunakan media sosial. Dengan banyaknya pengguna media sosial, tentu bisa menjadi sarana yang potensial untuk mempromosikan blog ke kalangan pembaca baru. Apalagi, berpromosi di media sosial bisa kamu lakukan secara mudah dan gratis.

Meskipun mudah dan bebas biaya, mempromosikan blog di media sosial ternyata juga memiliki waktu-waktu yang ideal, lho. Mau tahu waktu yang tepat untuk melakukan promosi di media sosial? Yuk, simak ulasan berikut ini.

1. Twitter – Pukul 19.30 sampai 21.30

Meski sempat dianggap meredup, Twitter kini kembali ramai digunakan oleh penggunanya. Berbagai bahasan bisa kamu termukan di sana. Mulai dari olah raga, politik, hingga sharing soal kepenulisan.

Lalu, mengapa waktu yang efektif mempromosikan blog kamu di twitter yaitu pada rentang pukul 19.30-21.30 Karena pada saat itu, para pengguna media sosial Twitter sudah menyelesaikan mayoritas kesibukan harian mereka dan mulai bersantai dengan smartphone mereka. Di jam-jam tersebut juga banyak interaksi antar pengguna yang terjadi. Jadi, selain mempromosikan blog pada jam tersebut, kamu juga bisa engage dengan para pembacamu agar lebih akrab dan saling kenal.

Baca juga: 5 Aplikasi yang Bisa Membuatmu Menjadi Blogger yang Produktif

2. Facebook – Pukul 20.00 sampai 20.45

Selain di platform Twitter, kamu juga bisa melakukan promosi blog di platform Facebook! Tidak berbeda jauh dengan waktu posting sebelumnya, Facebook memiliki interaksi paling banyak pada saat pukul 13.00 – 16.00 dan pukul 20.00-20.45 Biasanya, pengguna Facebook mengakses media sosial ini ketika jam makan siang, dan beberapa saat sebelum mereka beristirahat malam.

Dengan memiliki dua rentang waktu yang ideal, kamu bisa mempromosikan blog sebanyak dua kali dalam sehari. Jadi, ayo maksimalkan agar pembaca berdatangan ke blogmu!

3. Instagram – Pukul 6.30 – 7.30 dan Pukul 17.30 – 20.30

Hari ini, media sosial Instagram merupakan medsos yang paling sering diakses oleh pengguna dalam sehari-hari. Pengguna yang membludak, membuat melakukan promosi pada media sosial tersebut cukup mudah. Namun, sama seperti pada media sosial lainnya yang juga memiliki waktu tertentu agar posting-mu bisa menjangkau followers secara luas.

Instagram memiliki interaksi tertinggi pada pagi hari yaitu pukul 6.30-7.30 yaitu sesaat sebelum mereka memulai rutinitas harian mereka. Serta sore hari setelah kesibukan mereka berakhir, yaitu pukul 17.30 – 20.30. Kamu bisa melakukan promosi pada waktu tersebut dalam sehari.


Di atas merupakan waktu interaksi paling banyak dalam media sosial yang bisa menjadi acuan kamu untuk mempromosikan blog. Setiap media sosial tentu memiliki pola dan karakteristik berbeda, itu sebabnya kamu perlu memahami dan menyesuaikannya.

Semoga dengan mengetahui hal tersebut, kamu semakin rajin untuk menulis blog dan juga lebih jeli dalam mempromosikannya di media sosial agar tulisanmu bisa lebih dikenal dan dibaca oleh banyak orang. Semangat, guys!

Sumber gambar: Aqusagtechnologies, Tvitolovac, Thayyiba,
Digination.

Related Posts

 
Site Menu