Tiga Langkah Mudah Menemukan Keyword Yang Tepat Dengan Keyword Planner

Saya salah satu blogger yang tergabung dalam komunitas C2live.com

Apa itu SEO? Apa itu keyword? Apa itu Keyword Planner? Bagaimana cara mencari keyword dengan Keyword Planner untuk mendapatkan hasil SEO paling optimal? Itu adalah beberapa pertanyaan yang muncul ketika blogger baru menyadari pentingnya kata kunci, dan SEO.

Tujuan mencari keyword dengan Keyword Planner yang tepat

mencari keyword dengan keyword plannerTahukah kamu, bahwa sekitar 34.000 penelusuran Google dilakukan setiap detiknya? Menurut penelitian oleh HubSpot, 75% pengguna mesin pencarian hanya membuka halaman pertama dari hasil pencarian!

Penelitian ini kemudian didukung hasil studi oleh Meditiative yang menyatakan bahwa hanya ada 1% pengguna yang menekan tombol next page pada mesin pencarian. Sementara, 63% klik jatuh pada empat website organik teratas di halaman pencarian.

Artinya, bila kamu menginginkan kunjungan trafik yang tinggi, kamu perlu menempatkan situs blog kamu pada posisi seatas mungkin! Jangan berpikir kamu bisa mengandalkan iklan, karena hanya 9,9% pengguna yang mengklik website yang diiklankan!

mencari keyword dengan keyword plannerTrafik yang tinggi pada situs memudahkan monetisasi dan juga meningkatkan exposure terhadap pengincar iklan. Untuk mencapainya, kamu perlu mengandalkan Search Engine Optimization (SEO), menggunakan keyword yang unggul. Soalnya, keyword yang memiliki search density tinggi memperbesar kemungkinan website kamu mendapat pengunjung.

Namun, bagaimana sih cara menentukan keyword yang tepat? Solusi utamanya adalah menggunakan Google Keyword Planner. Alat satu ini dirancang Google untuk memberikan usulan keyword yang paling strategis, sekaligus menawarkan pemasangan iklan berdasarkan keyword tersebut.

Kali ini, Blog C2live akan memberikan panduan mudah mencari keyword dengan Keyword Planner dalam 3 langkah! Yuk, lihat!

1. Sign up ke Google Adwords

mencari keyword dengan keyword planner

Bila kamu belum punya akun Google, langkah pertama mencari keyword dengan Keyword Planner adalah melakukan sign up atau mendaftar lebih dulu.

Kamu dapat melakukannya dengan menekan tombol di pojok kanan atas. Bila sudah memiliki akun, silahkan pilih sign in dan masukkan informasi log in. Tunggu sistem untuk load datamu, dan kamu siap memulai!

2. Memasukkan keyword yang ingin dicari

mencari keyword dengan keyword planner

Selanjutnya, kamu bisa memilih menu tools pada barisan atas. Akan muncul tampilan seperti gambar di atas. Kemudian, klik search for new keywords using a phrase, website or category di bawah pilihan find new keywords and get search volume data. Setelah itu, akan muncul beberapa kolom dan dropdown yang bisa kamu isi dan pilih. Tampilannya seperti ini:

mencari keyword dengan keyword planner

Kolom pertama adalah tempat mengisi keyword. Kata kunci yang dimasukkan di sini perlu berkaitan dengan situs ataupun konten kamu. Bila kamu ingin kontenmu menjadi yang pertama saat orang mencari info tips menulis, kamu bisa coba memasukkan “tips menulis” dalam kolom ini.

Kolom kedua dan ketiga berfungsi memberikan informasi tambahan agar hasil usulan kata kunci lebih akurat dan relevan. Kolom kedua bisa diisi dengan landing page atau situs blog kamu. Kolom ketiga merupakan pilihan kategori industri yang relevan dengan halaman situs blog.

Bila kamu memutuskan untuk melewati kolom kedua dan ketiga, selanjutnya kamu perlu fokus pada bagian targeting. Di bagian ini, kamu diminta untuk memasukkan target pembaca yang diinginkan, mulai dari lokasi seperti kota dan negara, bahasa, dan pilihan mesin pencari seperti Google dan lainnya. Tekan tombol ‘get ideas’.

Keyword negatif

mencari keyword dengan keyword planner

Kamu bisa mengisi beberapa kata kunci pada kolom keyword negatif. Mesin pencari tidak akan menunjukkan website kamu jika pengguna internet mencoba mencari keyword yang telah dimasukkan ke kolom keyword negatif. Tujuannya agar kata kunci tersebut tidak diasosiasikan dengan situsmu.

Contohnya saja, jika website kamu adalah blog berisi tips menulis berita, tentunya kamu tidak ingin website kamu muncul saat pengguna internet memasukkan keyword ‘menulis cerpen’ ataupun ‘menulis sandiwara’. Oleh karena itu, kamu bisa memasukkan keyword tersebut dalam kolom keyword negatif untuk menghindari penargetan yang kurang tepat.

3. Analisa keyword kamu!

mencari keyword dengan keyword plannerPada halaman selanjutnya, kamu bisa memperhatikan 2 bagian. Pertama adalah bagian keyword ideas. Di sini kamu bisa menemukan rata-rata berapa kali keyword yang kamu masukkan dicari oleh pengguna internet di mesin pencarian Google.

Di sampingnya, kamu bisa melihat tinggi rendahnya tingkat kompetisi. Tingkat kompetisi yang tinggi menunjukkan bahwa keyword tersebut sudah banyak dipakai, sedangkan yang rendah belum. Suggestion bid adalah harga yang diusulkan Google bila kamu ingin memasang iklan dengan keyword terkait

Bagian lain yang bisa diperhatikan adalah tabel di bawah tampilan hasil kata kuncimu. Tabel ini menunjukkan sejumlah kata kunci yang relevan dengan kata kunci utama.

Bila kamu kurang percaya diri bersaing dengan menggunakan keyword pilihanmu, kamu tetap bisa menciptakan konten bertopik mirip, berdasarkan kata kunci-kata kunci usulan yang lebih spesifik dari daftar.

Kondisi keyword yang tepat

mencari keyword dengan keyword plannerJika ingin mendapatkan traffic tinggi untuk website kamu, lebih baik gunakan kata kunci dengan jumlah pencarian rata-rata per bulan yang tinggi namun tingkat kompetisi yang rendah. Dengan begitu, tingkat exposure terhadap website kamu akan semakin tinggi karena popularitas keyword yang digunakan, namun belum banyak website atau artikel yang meng-cover keyword tersebut.


Semoga dengan tiga langkah sederhana ini, kamu bisa lebih cakap dan cermat dalam menentukan keyword untuk halamanmu ya! Dengan mengaplikasikan keyword yang paling optimal, kamu dapat menarik lebih banyak trafik yang strategis. Jangan lupa juga untuk memasukkan keyword tersebut pada URL, judul, deskripsi, dan dalam teks secara strategis agar SEO halamanmu semakin mudah terangkat!

Jangan lupa pantau terus Blog C2live untuk mendapatkan tips-tips seputar SEO dan blogging ya! Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Sumber: Elegant ThemesSeriously Simple MarketingEcwidDigital Marketing Blogignitevisibility.comImprove & Grow Internet Marketing ServicesGrowth Pixel, Google Adwords.

Related Posts

 
Site Menu