inspirasi-blogging

Blogging 101: Ini 7 Cara Menemukan Inspirasi Konten Blog untuk Pemula

Saya salah satu blogger yang tergabung dalam komunitas C2live.com

Buat yang baru ingin memulai blog, terkadang menentukan topik untuk dijadikan konten bisa memakan waktu cukup lama. Nggak bisa dipungkiri topik merupakan hal yang penting sebelum mulai menulis. Padahal menemukan inspirasi konten blog sebenarnya nggak sesulit yang kamu bayangkan!

Kali ini, Blog C2live akan membagikan 7 cara sederhana yang bisa bantu kamu menemukan inspirasi konten blog yang tepat untukmu! Yuk, lihat!

Menemukan Inspirasi Konten Blog


1. Mulai dari topik paling sederhana yang kamu sukai, hobi!

inspirasi konten blogNggak ada hal lebih mudah selain menulis tentang hal yang kamu sukai dan lakukan sehari-hari. Tanyakan, apa aktivitas atau hobi yang paling menarik untukmu? Jika kamu memelihara hewan peliharaan, atau suka memasak, kamu bisa mulai nge-blog hal-hal tersebut!

Yang terpenting adalah selalu berikan informasi yang bisa bermanfaat bagi orang yang memiliki hobi serupa atau tertarik untuk mencobanya sehingga tulisanmu punya nilai baca.

2. Tulislah apa yang kamu kuasai

inspirasi konten blogCarilah topik-topik yang memang sudah kamu kuasai di luar kepala. Hal-hal keahlianmu ini bisa kamu temukan dari kuliah, les, pekerjaanmu, hingga topik-topik yang sudah lama kamu ikuti.

Jika kamu ahli dalam musik, tulislah topik seputar musik. Atau jika kamu seorang dokter kamu bisa membuat blog kesehatan.

Dengan menuliskan hal-hal yang memang sudah kamu kuasai tentu informasi yang diberikan menjadi jauh lebih tajam. Tapi nilai baca sebenarnya adalah sentuhan personal dirimu yang mengalami dan menekuni hal tersebut secara langsung.

3. Pengalaman jadi sumber informasi paling kuat

inspirasi konten blogSumber informasi paling akurat dan mudah didapat adalah melalui pengalamanmu sendiri. Nggak heran banyak pelancong begitu bergantung pada ulasan-ulasan blog pribadi seseorang sebelum bepergian ke suatu tempat.

Kamu pun bisa coba memanfaatkan pengalaman yang kamu miliki untuk dijadikan inspirasi konten blog. Mulai dari cara-cara yang pernah kamu gunakan saat memperbaiki smartphone-mu yang rusak hingga menghadapi tantangan dalam pekerjaan.

4. Menulislah seperti apa yang ingin kamu baca

inspirasi konten blog

Sebelum kamu menulis, ada baiknya perkaya wawasanmu dengan membaca. Kamu bisa membaca buku hingga blog-blog yang ada. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan gambaran seperti apa tulisan yang mungkin akan kamu tulis.

Perhatikan juga topik seperti apa yang kamu suka saat kamu membacanya, dan jadikan itu sebagai panutanmu dalam menentukan inspirasi konten blog kamu. Anggap saja kamu menulis sesuatu yang ingin kamu baca. Dengan begitu, kualitas dan keunikan isi blogmu lebih terjamin.

5. Inspirasi konten blog bisa berasal dari sahabat

inspirasi konten blog

Bila tips di atas belum mempan dan kamu masih kebingungan, cobalah mengobrol dengan beberapa sahabat terdekatmu.

Cari cafe yang nyaman, pesan latte favoritmu, dan berbincanglah mengenai berbagai hal! Mulai dari keseharian kalian serta apa yang tengah mereka kerjakan belakangan. Dimulai dari obrolan sederhana kamu bisa saja menemukan topik pembicaraan menarik yang bisa kamu angkat menjadi konten blog-mu.

Selain itu, kamu juga bisa meminta pendapat langsung dari sahabatmu mengenai topik-topik seperti apa yang menurut mereka bisa kamu bawakan dengan sangat baik melalui tulisan blog.

Bahkan mereka juga bisa jadi audience pertama untuk semua tulisanmu!

6. Mengintip apa yang orang bicarakan di media sosial

inspirasi konten blogSaat inspirasi konten blog nggak kunjung datang, cobalah buka akun media sosial kamu. Lihat topik-topik apa yang tengah teman-temanmu bahas. Temukan juga pola topik seperti apa yang mereka perbincangkan.

Dengan begitu, kamu kan punya gambaran tulisan seperti apa yang mereka sukai dan mulailah menulis dari topik-topik tulisan seperti itu. Coba lakukan cari tahu, hashtag apa yang sedang nge-tren sekarang?

7. Gunakan tools yang tepat

inspirasi konten blogCara lebih mudah untuk mengetahui tren apa yang tengah banyak dibicarakan adalah dengan memanfaatkan tools seperti Buzzsumo dan Google Trends.

Buzzsumo akan membantumu menemukan topik-topik yang tengah hangat dibicarakan di media sosial. Sedangkan pada bagian hot trends dari Google Trends, kamu bisa melihat topik apa yang sedang dicari-cari di Google pada setiap negara!

Nggak ada salahnya menjadikan topik-topik viral sebagai inspirasi konten blog pribadimu!


Meski susah-susah gampang, menentukan topik konten sebenarnya bukan perkara yang rumit. Pada dasarnya, yang paling penting saat menentukan topik konten blog adalah tulislah hal yang kamu sukai, kamu kuasai, dan digemari oleh pembaca.

Setelah beberapa tulisan, kamu bisa mulai meminta feedback serta mendapatkan pandangan lebih matang mengenai arah konten dari blog yang kamu tulis. Jangan terlalu berharap tulisan pertamamu bisa menjadi one-hit-wonder.

Siap memulai blog pribadi-mu? Buat kamu yang bingung mau menulis apa hari ini, atau ingin mencari inspirasi blogging lainnya, pantau terus Blog C2live ya!

Sumber : ShivmirthyuItuzaingoUnsplash, UnsplashLife Positivism, Unsplash, BuzzSumo.

Related Posts

 
Site Menu