Sumber-tulisan

5 Tips Ini Bisa Membantu Kamu Menemukan Sumber Tulisan Dengan Lebih Akurat!

Menulis konten blog yang berkualitas tentu sangat penting untuk meningkatkan jumlah pembaca setia. Namun, untuk meningkatkan akurasi, terkadang banyak penulis yang mengalami kesulitan dalam menemukan sumber tulisan yang tepat untuk dijadikan referensi.

Untuk kamu yang kerap menghadapi permasalahan serupa, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk meninkatkan akurasi sumber dari tulisanmu. Berikut adalah beberapa diantaranya:

Menemukan Sumber Tulisan dan Referensi untuk Konten Blog


1. Dari Google Scholar

menemukan sumber tulisanUntuk yang suka cara praktis, mesin pencari Google memang sering dijadikan pilihan. Namun, sumber dari mesin pencari Google tentu sangat bervariasi dan tidak bisa dipastikan tingkat akurasinya.

Berbeda dengan Google biasa, jika kamu mencari menggunakan Google Scholar, maka semua hasil pencarian yang ditampilkan bisa terjamin kebenarannya karena merupakan hasil karya ilmiah, jurnal penelitian, hingga artikel-artikel yang sudah memiliki paten. Di sini juga, kamu sangat mungkin mengutip berbagai pendapat para ahli yang ada dalam jurnal yang kamu temukan.

2. Manfaatkan e-library

menemukan sumber tulisanTidak ada sumber yang lebih kaya daripada perpustakaan. Tapi, di zaman yang serba digital, kamu pasti merasa datang ke perpustakaan hanya untuk menemukan sumber tulisan adalah pekerjaan yang merepotkan sebelum menulis.

Tentunya kamu nggak perlu sampai datang ke perpustakaan hanya untuk mencari referensi. Kini sudah banyak perpustakaan digital yang siap membantumu mencari berbagai bahan tulisan hanya lewat layar laptop-mu. Beberapa perpustakaan digital yang bisa kamu coba adalah ProQuest, atau Perpusnas.

Mulai dari buku-buku, majalah, hingga artikel berita bisa dengan mudah kamu temukan di berbagai perpustakaan digital ini.

3. Website berita resmi

menemukan sumber tulisanKini membuat situs berita bisa dilakukan siapa saja, berarti tidak semua berita bisa terjamin kebenarannya. Jika kamu memang memerlukan referensi berita, gunakanlah situs berita yang memiliki channel resmi, seperti CNN, BBC, dan Media Indonesia.

Adapun ciri lainnya dari channel berita terpercaya adalah tidak pernah di-ban di mana pun. Ini tidak berlaku pada Dailymail dan The Sun. Oh ya, hindari juga sumber yang terlalu ‘memihak’, baik ke sayap kiri maupun sayap kanan dalam spektrum politik. Biasanya artikel berita yang dikeluarkan terlalu berat sebelah untuk disetujui atau tidak.

Begitu juga dengan sumber berita yang memasang judul-judul clickbait, menggunakan banyak kata sifat subjektif dan sulit diverifikasi (misal: “Politikus X keringat dingin dan gemetaran ketika ditanya kasus Y”), hingga mengambil sumber berita dari media sosial/akun gosip.

Jika kamu menemukan berita menarik dari situs yang kurang terpercaya, kamu juga bisa mencoba mencari berita serupa di situs berita lainnya untuk memverifikasi informasi tersebut. Kamu bisa mencoba cari video terkait bila fakta yang diberikan terkesan subjektif dan sulit dibuktikan.

4. Website resmi .gov ,.org , atau .edu

menemukan sumber tulisanSalah satu sumber informasi terpercaya adalah melihat langsung ke situs resmi yang dimiliki produk atau badan terkait. Salah satu ciri mengenai sebuah situs resmi dapat dilihat dari domain yang dipakai. Misalnya .org untuk organisasi, .edu untuk lembaga pendidikan, serta .gov atau .go.id untuk badan pemerintahan.

Namun, tidak berarti semuanya memiliki sumber kredibilitas yang tinggi. Situs .gov juga tergantung masa pemerintahannya. Misalnya, situs .gov pemerintah Amerika Serikat banyak merubah konten semenjak transisi Obama ke Trump. Begitu juga dengan .org yang terkadang bisa merupakan situs scam.

Untuk memastikannya, kamu bisa mencoba menverifikasi situs resmi atau informasi terkait produk lewat verified account yang dimiliki perusahaan tersebut di media sosial.

5. Referensi Wikipedia

menemukan sumber tulisanDirilis sejak tahun 2001, Wikipedia yang merupakan ensiklopedia bebas sudah menjadi sumber informasi yang lengkap. Setiap orang juga bebas menambahkan informasi yang dimiliki oleh situs ini untuk memperkaya detail-detail informasinya. Namun, hal ini juga membuat banyak orang meragukan akurasi dari situs ini.

Mengenai isu tersebut, kamu bisa menyiasati keraguanmu dengan menggunakan referensi atau pustaka yang tercantum di bagian paling bawah setiap laman Wikipedia. Sumber referensi inilah yang bisa membantu kamu menemukan sumber tulisan yang bisa dijadikan referensi.

Mulai dari buku, situs resmi, hingga berbagai artikel digital bisa kamu temukan dari tautan referensi yang ada pada laman Wikipedia. Kamu bisa memilih mana yang paling sesuai dengan kebutuhan penulisanmu.


Dengan menulis informasi dan konten blog yang berkualitas dan akurat, kamu juga ikut berperan membatasi peredaran informasi hoax dan menciptakan lingkungan berinternet yang lebih kondusif.

Jangan ragu mengungkapkan opini dan pengalaman dalam tulisanmu asalkan kamu selalu mencantumkan bahwa hal tersebut merupakan pengalaman pribadi. Tapi, alangkah lebih baik jika kamu menyelipkan sumber dan referensi yang tidak hanya memperkaya tulisanmu, tetapi juga makin meyakinkan para pembaca. Tunggu tips menulis selanjutnya dari Blog C2live, ya!

Sumber gambar: National ReviewCulture Perth and KinrossBusinessTrumpetzauca.comLa Stampa

Related Posts

Site Menu