topik-blog-pribadi

Bagaimana Cara Menentukan Topik untuk Blog Pribadi

Blog pribadi
Hai bloggers! Bagi kamu yang punya blog pribadi -apalagi saat awal-awal memulai- pasti sering kebingungan tentang apa yang mau ditulis. Perasaan dan pikiran bercampur aduk, rasanya kamu ingin menulis semuanya, namun sekaligus merasa nggak ada yang bisa ditulis. Kamu nggak sendiri kok!

Di saat begini, tentu kamu ingin tetap unik dan relevan, tapi juga nggak asal tulis kan? Bagaimana ya caranya kamu bisa menemukan topik artikel yang tepat?

Konten sempurna itu nggak ada

blog pribadi

Nggak jarang blogger pemula terperangkap dalam penjara ‘kesempurnaan’. Ide yang datang selalu not good enough buat mereka. Sehingga, mereka nggak kunjung mulai nge-blog. Bila kamu berpikiran sama, maka langkah pertama menentukan isi blog pribadi milikmu adalah berhenti mencari satu topik terbaik yang flawless, dan menerima bahwa nggak ada yang namanya konten blog sempurna.

Petakan dulu pikiranmu

blog pribadi

Pertama-tama, kamu harus bertanya kepada diri sendiri: “Apa yang ingin kamu sampaikan di blog kamu?” Nggak hanya berpikir, namun benar-benar memetakannya di kertas.

Mulailah dengan menulis hobi dan tema yang membuatmu tertarik. Pertimbangkan juga kemampuan dan kecakapan (skills) yang kamu miliki. Kemudian, bedah tema tersebut menjadi sub-bagian. Dari sub-bagian tersebut, petakan lagi kira-kira topik apa yang bisa ditulis, hingga ke judul.

Lihat apa yang telah orang lain tulis

blog pribadiBila kamu menulis sesuatu yang tidak bersifat jurnalistik, seperti opini dan ulasan, get this: hampir nggak ada lagi konten orisinil! Hampir semua hal sudah ditulis. Namun bukan berarti konten-konten di luar sana nggak bisa diperbagus! Kamu bisa merujuk konten yang sudah ada di luar sana, pelajari apa elemen-elemen yang membuat konten-konten tersebut bagus, dan coba aplikasikan di blog dan topik favorit yang telah kamu petakan.

Jangan hanya berasal dari satu sumber. Coba cari inspirasi dari beberapa blog sekaligus. Tantang diri kamu, apakah kamu bisa membuat konten yang lebih bagus dalam topik yang sama?

Apa yang lagi nge-tren?

blog pribadi
Kamu juga bisa memilih untuk melompat ke dalam tren. Setiap orang pasti punya pendapat tentang hal yang sedang terjadi sekarang. Ada hashtag baru yang sedang ramai dipakai? Challenge baru? Atau kasus politik yang banyak dibicarakan? Apa pendapatmu tentang semua hal itu? Tuliskan.

Selain menuliskan pandanganmu, penting juga untuk memberikan sentuhan orisinil. Bila kamu sedang membaca tren di media sosial atau berita, berarti sudah ada yang menulisnya. Biar tetap relevan namun unik, coba tulis dengan angle baru! Misalnya, bila lagi ada berita kontroversial tentang seorang figur publik, coba tulis tentang apa pendapat anak-anak padanya.

Bikin anti-tesis

blog pribadi
Walau nggak selalu disarankan karena bisa terkesan memaksa, kamu bisa memulai blog kamu dengan mencoba untuk menuliskan sesuatu yang kontradiktif dengan pandangan populer. Kamu nggak perlu lagi bingung mencari topik baru. Tinggal pilih topik tulisan kesukaanmu, dan coba membuat anti-tesisnya!

Misalnya, kamu bisa membuat artikel tentang bagaimana para guardians di film Guardians of The Galaxy adalah penjahat galaksi yang sebenarnya, bukan penyelamat! Bukan lelucon jadinya, namun benar-benar artikel serius tentang analisa logis bahwa tujuan Star-Lord adalah menguasai galaksi!

Kalau nggak ada ide, ditunggu saja

blog pribadiTerkadang, tidak peduli seberapa keras kita berpikir dan mencari tahu, ide itu nggak kunjung datang. Namun dalam dunia blogging, kamu perlu mengenal dua kata: “no rush”. Santai aja! Artinya, nggak usah terburu-buru dalam menentukan isi blog pribadi.

Siapa tahu setelah kamu menonton serial Netflix favoritmu, jalan-jalan ke alun-alun kota, baca novel, minum secangkir frappe, atau ngobrol dengan abang tukang bakso yang lewat, kamu jadi tahu, bagaimana konten yang ideal untuk blog pribadimu.

Dalam blog pribadi kamu, you’re the DJ!

blog pribadiNamanya juga blog pribadi, ya semuanya kamu yang atur! Kapan saja kamu mau, kamu bisa mengganti haluannya! Kamu senantiasa bisa melakukan hal baru, kok. Nggak perlu juga terpaku dengan satu jenis topik atau terlalu konsisten dalam satu isi blog. Bagus juga bila kamu menulis tentang banyak hal.

Kamu DJ-nya, lakukan apa yang kamu mau!


Menentukan isi blog pribadi bukanlah hal yang mudah, terutama untuk para blogger. Jadi wajar saja bila kamu tidak langsung terpikirkan. Hal yang paling penting adalah jangan membiarkan stres menjadi rasa frustasi. Pada akhirnya, kamu bakal semakin terdemotivasi untuk memulai.

Hati-hati juga, jangan sampai kamu kehabisan ide dan tergiur untuk melakukan plagiarisme! Mengambil konten orang mentah-mentah itu mudah dan praktis. Namun, jangan lupa sewaktu-waktu kamu bisa dituntut!

Cobalah untuk mulai dulu. Blog kamu adalah kekosongan yang tidak memiliki batas waktu dan ruang. Bila kamu tidak menorehkan kata pertama, maka akan kosong selamanya. Siap menulis isi blog pertamamu?

Related Posts

Site Menu