tema WordPress

Manfaatkan Fitur pada WordPress, Ketahui Tema yang Cocok untuk Blogmu!

Penggunaan WordPress pasti sudah tidak asing didengar lagi di kuping para blogger, sudah sangat banyak sekali blogger yang menggunakan WordPress untuk membuat sebuah blog. Nah, untuk membuat blog yang baik, tentunya ada aspek yang harus kita perhatikan, seperti struktur, fungsi, dan visual blog tersebut.

Untuk meningkatkan visual blog kamu, kamu dapat memanfaatkan WordPress karena WordPress mendukung penggunanya untuk melakukan pemilihan terhadap tema yang ingin digunakan. Namun, ada beberapa hal yang harus perhatikan sebelum menentukan tema, nah, berikut tips-tips yang akan membantu kamu untuk menentukan tema yang cocok untuk blogmu.

1. Carilah tema yang simple

tema WordPressWordPress memang menyediakan tema-tema yang unik, keren, dan colorful. Kamu dapat memilih berbagai macam tema WordPress yang diinginkan, tetapi sebenarnya tidak ada tema yang lebih bagus daripada tema yang simple. Mengapa? Karena tema WordPress yang simple membuat kamu dapat menghemat banyak waktu dan menghindari layout yang kompleks. Hal ini dapat membuatmu menjadi lebih fokus dalam melakukan berbagai hal.

Sebagai blogger, tentunya kamu akan mencari tema WordPress yang mampu memvisualisasi blogmu dengan baik. Namun, alangkah baiknya kamu memanfaatkan tema yang simple saja. Tema WordPress yang simple sebenarnya dapat membuat ruang kustomisasi yang lebih luas, Dampaknya blogmu dapat menjadi lebih fleksibel dalam memilih konten.

2. Pilih tema yang responsif/mobile friendly

tema WordPressTraffic yang ramai merupakan kunci kesuksesan dalam sebuah blog. Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa untuk bisa mendapatkan hal tersebut, kamu harus mampu membaca perkembangan zaman. Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan fakta bahwa penggunaan internet terbesar itu berasal dari pengguna smartphone.

Hal yang harus kamu perhatikan ketika memilih tema adalah kamu harus mengecek spesifikasi tema. Dengan penggunaan tema WordPress yang responsif berarti tema itu akan bekerja dengan baik pada seluruh perangkat yang ada. Sebuah tema WordPress yang responsif akan membantu kamu mendapatkan jumlah massa traffic yang cukup banyak karena berasal dari berbagai platform yang ada. Berdasarkan fakta yang ada, seluruh website yang sukses zaman sekarang menggunakan tema WordPress yang responsif. Tanpa menggunakan tema yang responsif, pengguna tidak akan nyaman membuka blogmu dari smartphone mereka.

3. Sesuaikan dengan browser compatibility

tema WordPressKompabilitas sutau tema pada browser akan berpengaruh pada durasi loading blogmu. Jika terlalu lama, bisa-bisa pembaca justru jengah dan langsung berpindah ke blog lainnya. Yang tadinya kamu memilih tema visual untuk memikat pembaca, justru malah jadi alasan pembaca pada kabur.

Untuk mengantisipasinya, kamu dapat menggunakan tools , seperti Pingdom, Google PageSpeedIsights, dan GTMetrix untuk dapat mengukur seberapa cepatnya blog kamu. Walaupun WordPress telah menguji kompabilitas browser terhadap tema mereka, namun sebenarnya tidak seluruh hal tersebut berlaku pada semua tema yang gratis, lho. Oleh sebab itu, kamu harus menguji tema yang diterapkan blog lain untuk menjadi referensi kamu menentukan tema WordPress yang cocok untuk blogmu

4. Memiliki berbagai pilihan plugins

tema WordPressWordPress dapat dibilang menjadi salah satu platform yang paling diminati banyak orang. Mengapa? Karena WordPress memiliki berbagai pilihan plugins yang gratis yang dapat kamu nikmati. Dengan plugins ini, kamu dapat meningkatkan fungsional dari blog kamu. Setiap jenis varian plugins juga memiliki fungsi spesifik yang berbeda-beda sehingga setiap plugins yang kamu pasang dapat bersinergi satu sama lain dan membuat blog kamu menjadi lebih bagus.

Namun, kamu harus memikirkan dengan baik bagaimana memilih tema yang cocok dengan plugins favorit kamu, pasalnya terdapat banyak kasus yang terjadi pada blog besar yang ada, bahwa kinerja suatu blog akan menurun apabila plugin yang digunakan bertentangan dengan tema yang digunakan. Oleh karena itu, kamu harus berhati-hati memilih tema WordPress dan memastikan kompatibilitasnya dengan plugins favorit kamu.

5. Gunakan tema yang ramah SEO

tema WordPressSearch Engine Optimization atau SEO merupakan faktor penting yang membuat blogmu untuk mencapai kesuksesan. Sebuah website akan mendapatkan traffic yang ramai apabila memiliki SEO yang baik. Blogmu akan mendapatkan peringkat tinggi pada search engine dan berada pada halaman utama SERP.

Oleh sebab itu, penerapan SEO merupakan hal yang sangat penting ketika kamu ingin memilih tema untuk blogmu, bahkan tema dengan tampilan yang paling indah dapat menghasilkan kode HTML yang buruk sehingga dapat mempengaruhi pemuatan laman. Semakin cepatnya loading sebuah blog, maka SEO akan bekerja lebih baik pada blog itu.
Inilah mengapa penerapan SEO yang friendly sangatlah penting. Kamu dapat melakukan cek dengan W3C Markup Validation Service untuk dapat mengetahui apakah blog kamu menggunakan HTML5 yang benar.


Berikut 5 tips yang bakal membuat kamu dapat memilih tema yang cocok untuk blog WordPress. Sangat penting untuk kembali ke basic untuk dapat menemukan landasan yang kuat untuk blogmu. Dengan membuat blogmu menggunakan tema WordPress yang salah dan mengganti tema tersebut berkali-kali hanya akan merusak inti blog kamu.

Sumber gambar: XeCreators, Slocum Themes, Teatrium, PCMag, CEO Today, PNDigital.

Related Posts

Site Menu