C2live Meetup bersama BloggerCrony - SEO Blogging

Menerapkan Dasar-Dasar Praktik SEO untuk Blogmu, Begini Caranya!

I’m a writer at Content Collision

Senin, 27 Agustus 2018, C2live kembali mengadakan meetup dengan para blogger di Gedung Ariobimo Sentral, Kuningan – tepatnya di Block71 Jakarta. Kali ini, C2live menggandeng BloggerCrony, sebuah komunitas blogger yang sudah didirikan sejak Februari 2015 dan berbasis di Jakarta.

Didampingi Satto Raji, Co-Founder dari BloggerCrony, rekan-rekan blogger yang hadir pada acara kali ini tampak antusias mendengarkan materi tentang SEO yang dibawakan oleh Enricko Lukman, evangelist dari C2live.

Baik C2live maupun BloggerCrony sama-sama meyakini bahwa penerapan SEO (Search Engine Optimization) itu penting untuk memastikan situs dan halaman-halaman blog yang kamu miliki terindeks oleh Google. Penerapan teknik-teknik SEO juga sangat bermanfaat untuk meningkatkan popularitas blog/tulisanmu.

Lalu, seperti apa pembelajaran yang didapat dari meetup kemarin ini? Berikut tips-tips dasar penerapan SEO untuk blogging yang bisa kamu coba!

Pahami dulu istilah-istilah dasar SEO

C2live Meetup bersama BloggerCrony - SEO Blogging

Menurut pemaparan Enricko pada event kemarin, setidaknya ada empat istilah paling dasar yang perlu diketahui seorang blogger jika ingin mulai memahami SEO, yaitu keyword, fat head keyword, long tail keyword, dan SERP. Keyword sendiri mengarah pada kata kunci yang digunakan untuk suatu pembahasan tertentu. Walaupun namanya kata kunci, keyword tidak harus selalu berbentuk satu kata, namun bisa juga sebuah frasa. Adapun keyword yang kuat adalah keyword yang sering digunakan oleh orang-orang untuk mencari tahu tentang suatu informasi tertentu.

Untuk fat head keyword dan long tail keyword, kedua istilah ini mengacu pada jenis keyword yang bisa kamu gunakan. Fat head merupakankeyword yang bentuknya singkat, biasanya hanya terdiri dari satu atau dua kata. Namun, singkatnya kata kunci tersebut membuat keyword ini bersifat sangat general. Karena terlalu umum, wajar saja jika kompetisi untuk mendapatkan urutan teratas di halaman pencarian dengan keyword ini menjadi begitu sulit.

Nah, long tail sendiri merupakan kebalikan dari fat head. Ini merupakan keyword dengan jumlah kata yang lebih banyak, sehingga bersifat lebih spesifik. Karena spesifik, akan ada lebih sedikit orang yang mencarinya. Namun demikian, kemungkinan bagi orang-orang tersebut untuk mendapatkan jawaban yang mereka inginkan akan lebih besar. Bahkan, sebenarnya 70% dari kata kunci yang diketik pada Google termasuk sebagai long tail keyword.

C2live Meetup bersama BloggerCrony - SEO Blogging

Selanjutnya, SERP. Istilah ini merupakan singkatan dari search engine result page. Artinya, SERP merupakan hasil pencarian dari search engine yang ditampilkan dalam bentuk halaman. Jadi, kalau kamu mengetikkan sesuatu pada search bar Google dan menekan “Enter” untuk mencari hasilnya, halaman hasil pencarian yang muncul adalah SERP itu sendiri. Salah satu tujuan penerapan SEO adalah untuk membuat halaman artikel/situsmu tampil pada urutan pertama SERP. Jadi, penting bagimu untuk mengetahui istilah yang satu ini.

Familiarisasi diri dengan SEO tools

C2live Meetup bersama BloggerCrony - SEO Blogging

Sudah ada berapa SEO tools yang kamu ketahui dan gunakan? Bagi kamu yang sudah pro, mungkin blog ataupun browser-mu sudah dilengkapi dengan berbagai plugin dan extension untuk meningkatkan performa SEO. Namun, untuk kamu yang masih berada pada fase-fase awal pemahaman SEO, Enricko menyebutkan setidaknya ada 5 tools yang bisa sangat membantu, yaitu:

  • Yoast SEO
    Yoast SEO merupakan sebuah plugin yang bisa sangat memudahkanmu untuk melakukan penerapan dasar teknik SEO pada blog post draft yang kamu miliki, terutama jika kamu menggunakan WordPress sebagai blogging platform. Plugin ini berfungsi sebagai guide untuk menunjukkan apakah draft yang kamu miliki sudah memenuhi kriteria SEO yang baik atau belum melalui indikator-indikator yang diperlihatkan.
  • Google Analytics
    Pada dasarnya, Google Analytics adalah sebuah layanan gratis yang menampilkan statistik pengunjung serta perilakunya terhadap situs yang kita kelola. Adapun informasi yang bisa ditelusuri di antaranya seputar: traffic, iklan, e-mail marketing, dan tautan.Jika kamu bingung untuk memulai pemahaman tentang tool yang satu ini, kamu bisa membaca artikel C2live yang mengulas tentang pengenalan Google Analytics
  • Google Search Console
    Tool ini juga merupakan layanan tak berbayar dari Google. Ditujukan bagi para pemilik website, Google Search Console dapat membantu mereka untuk bisa mengoptimasi situs yang mereka miliki dengan lebih mudah. Adapun langkah-langkah optimasi yang dapat dilakukan dengan menggunakan tool ditujukan agar situsmu sesuai dengan struktur dan aturan yang direkomendasikan oleh Google sendiri, terutama dari sisi on-page
  • Google Keyword PlannerGoogle Ads Keyword Planner merupakan tool yang dikembangkan Google untuk membantu kamu untuk meneliti kata kunci yang akan kamu gunakan, seperti apakah banyak peminatnya atau tidak, atau sudah sesuai dengan ketertarikan demografi di suatu wilayah tertentu atau belum.

Nah, selain tools di atas, kamu juga bisa menggunakan fitur C2live Portfolio untuk membantu meningkatkan performa SEO-mu. Misalnya dengan men-display nilai DA/PA situsmu sehingga kamu bisa mengetahui seberapa jauh situs/konten blogmu masih bisa dikembangkan.

Baca juga: Tools You Need: 10 Tools SEO Gratis Dari Google Untuk Optimasi SEO Terbaik!

Kuasai teknik penulisan konten yang baik

C2live Meetup bersama BloggerCrony - SEO Blogging

Walaupun mendapat peringkat tinggi pada hasil mesin pencarian sudah menjadi suatu tujuan tersendiri bagi para blogger, perlu diketahui bahwa inti dari blogging itu sendiri tetap ada pada penulisan konten yang baik. Sebab, konten yang baik juga akan meningkatkan performa SEO yang kamu miliki.

Untuk itu, setidaknya ada beberapa hal dasar yang perlu kamu ketahui untuk membuat konten yang SEO-friendly, yaitu:

  • Gunakan keyword sekitar 1%-2% dari keseluruhan body text.
    Menggunakan keyword memang penting, namun jangan sampai kamu melakukan keyword overstuffing sehingga dianggap spamming. Bagaimanapun juga, tulisan yang kamu buat ditujukan untuk dibaca oleh manusia. Karena itu, gunakanlah kata kunci pada posisi dan dengan jumlah yang wajar. Perlu diingat juga, untuk mengoptimasi tulisanmu, sertakanlah keyword pada Title Tag, Meta Tag, URL, dan paragraf pertama blog post-mu, serta Alt Text dari setiap gambar yang kamu gunakan.
  • Perhatikan panjang tulisanmu
    Bukan berarti kamu harus menitikberatkan kualitas artikel pada panjangnya teks yang kamu suguhkan bagi pembaca. Tapi, pastikanlah kamu menyajikan sebuah artikel yang layak disebut sebagai bacaan, alias tidak terlalu singkat. Minimal, untuk setiap blog post, kamu menuliskan 300 kata untuk body text-nya. Kalaupun kamu memutuskan untuk menulis artikel dengan jumlah kata hingga ribuan, pastikan ulasan yang kamu berikan bermanfaat, bukan berisi kalimat bertele-tele yang tidak insightful. Selain itu, untuk tulisan panjang, kamu juga perlu menyematkan elemen-elemen visual pendukung untuk menghindari terbentuknya wall of text.
  • Optimasi gambar-gambar yang kamu gunakan
    Selain menyematkan keyword pada Alt Text setiap gambar yang kamu gunakan, kamu juga perlu memperhatikan ukuran dan resolusi dari gambar yang kamu gunakan. Untuk resolusi, pastikan gambar-gambar yang kamu gunakan tidak pecah/blur. Sedangkan untuk ukuran, pastikan size dari tiap gambar yang kamu gunakan tidak lebih dari 100-150kb. Sebab, jika size gambar yang kamu gunakan terlalu besar, hal itu nantinya akan berimbas pada lamanya waktu yang dibutuhkan untuk memuat halaman blogmu, sehingga berpotensi untuk meningkatkan jumlah bounce rate yang akan kamu dapatkan.
  • Buatlah konten yang menarik
    Sepertinya ini sudah menjadi rahasia umum. Jika kamu ingin membuat konten yang populer di kalangan pembaca, tentu kamu harus mengulas topik yang memang sedang dinikmati dan mengemasnya dengan cara yang menarik juga. Jadi, ada baiknya kamu tetap lebih memperhatikan kualitas dari konten yang kamu miliki dibandingkan dengan kuantitasnya.
  • Gunakan tools yang memadai
    Untuk mengoptimasi tulisan yang kamu buat, kamu perlu menggunakan bantuan dari SEO tools yang sudah tersedia. Percayalah, walau terkesan ribet, menggunakan tools yang tersedia justru akan memudahkanmu untuk meningkatkan performa SEO blogmu. Jadi, tidak ada salahnya bagimu untuk mencoba tools yang sudah direkomendasikan tadi.

Di samping beberapa hal di atas, tentu masih ada berbagai hal lain yang bisa kamu lakukan untuk membuat tulisan yang SEO-friendly. Jika kamu ingin mengetahuinya lebih lanjut, kamu bisa membaca artikel ini.

Menganalisis data yang sudah terkumpul

C2live Meetup bersama BloggerCrony - SEO Blogging

Belum memiliki data tentang perkembangan blogmu? Mulai saja dulu! Tuliskan buah-buah karyamu pada blog yang kamu miliki hingga menunjukkan hasil performa tertentu. Kalau kamu sudah memiliki data tentang perkembangan blogmu, barulah kamu bisa menganalisisnya.

Nah, poin-poin apa saja yang bisa kamu analisa dari perkembangan blogmu? Berikut beberapa di antaranya:

  • Pastikan setiap halaman dari blogmu sudah diindeks oleh Google. Hal ini bisa kamu lakukan dengan menggunakan Google Search Console.
  • Pantau jumlah dan sumber traffic yang kamu miliki. Ini bisa kamu jadikan dasar untuk menyusun strategi konten berikutnya. Pemantauan ini dapat kamu lakukan dengan memanfaatkan Google Analytics.
  • Patau halaman organik terbaik. Halaman organik adalah halaman yang diakses oleh pengunjung melalui SERP dari keyword yang mereka gunakan. Jika kamu sudah mengetahui halaman organik terbaikmu, buatlah konten dengan topik serupa namun ulaslah hal-hal lain yang belum kamu bahas dari topik tersebut. Fakta pembahasan topik tersebut menjadi halaman organik terbaikmu menunjukkan bahwa paling tidak di antara sekian banyak tulisan yang kamu buat, topik itulah yang menarik perhatian pengunjung paling banyak.
  • Pastikan tidak ada error dalam bentuk apapun pada blog yang kamu miliki, baik dalam bentuk halaman yang tidak dapat diakses atau bentuk kekeliruan lainnya. Pasalnya, setiap error yang ada pada blogmu akan diberi penilaian minus oleh Google sendiri.

Optimasi situsmu dengan berbagai cara

C2live Meetup bersama BloggerCrony - SEO Blogging

Ada banyak cara dan langkah yang bisa kamu tempuh untuk mengoptimasi situs yang kamu kelola agar bisa memiliki rank yang lebih tinggi pada SERP Google. Namun, beberapa langkah sederhana di antaranya yang bisa kamu lakukan adalah:

    • Perbaharui konten lama yang kamu miliki. Jangan disepelekan, sekadar memperbaharui konten lama yang kamu miliki ternyata bisa memberikan kontribusi yang cukup signifikan bagi blogmu. Tidak perlu menulis ulang topik yang kamu bahas, kamu cukup memperbaharui setidaknya 30% ulasan dari konten terkait untuk membuat tulisanmu tetap fresh, relevan, dan insightful. Jangan lupa untuk memperbaharui tanggal tayang konten tersebut, sehingga Google juga akan mendeteksinya sebagai konten baru, bukan konten basi.
    • Benahi internal linking yang kamu miliki. Ketika kamu sudah selesai menulis dan mempublikasikan konten-konten baru, jangan lupa untuk melengkapinya dengan internal linking yang menuju pada konten lain yang pernah kamu buat sebelumnya. Begitu pula pada konten yang sebelumnya, hubungkanlah juga konten tersebut pada konten barumu menggunakan hyperlink. Perlu diingat, konten-konten yang kamu hubungkan sebaiknya memiliki topik yang saling relevan, sehingga pembaca akan merasa informasi yang mereka dapatkan terkait satu topik semakin banyak, bukan risih karena merasa diarahkan pada tulisan yang tidak nyambung dengan minatnya.
    • Dapatkanlah juga backlink external dari situs lain. Usahakanlah agar kamu mendapatkan backlinks dari situs-situs yang terpercaya, sehingga pamor blogmu pun juga akan terangkat. Mendapatkan backlink bisa dilakukan dengan berbagai cara, misalnya dengan melakukan guest-posting atau memperkuat jaringan dengan rekan blogger yang kamu miliki.
    • Gunakanlah keyword yang populer. Ketika kamu ingin mempublikasikan tulisanmu melalui blog, pastikan kamu menggunakan kata kunci yang memang dicari orang banyak. Sebab, sayang sekali jika tulisan tersebut sudah kamu buat sedemikian rupa menarik dan berbobot, namun karena menggunakan kata kunci yang tidak tepat, tulisanmu jadi “tidak diminati”. Untuk itu, manfaatkanlah Google Keyword Planner untuk mengetahui keyword apa saja yang sedang populer dicari oleh kalangan warganet.

Jadi, mulai sekarang, jangan abaikan lagi penerapan teknik SEO yang bisa kamu lakukan, ya. Enggak cuma bermanfaat untuk meningkatkan jumlah pengunjung blogmu, praktik-praktik SEO juga akan sangat membantu untuk membangun kredibilitas blogmu di mata pembaca dan brand. Sebab, dengan menerapkan teknik-teknik SEO, sebenarnya kamu juga menerapkan teknik-teknik blogging yang baik, mulai dari segi penulisan hingga upaya menyuguhkan reading experience yang terbaik bagi para pembacamu. Dengan demikian, kemajuan blogmu pun akan jadi berkesinambungan, sehingga kamu akan lebih dekat untuk meraih kesuksesan bagi blogmu.

Karenanya, yuk, terus dalami pemahamanmu tentang SEO dan rutin menerapkan teknik-tekniknya! Semangat!

Sumber gambar: Dok. C2live. VisualApp.

Related Posts

 
Site Menu