grand-featured-image-c2live

Mengembangkan Diri dan Berbagi Manfaat lewat Blog bersama Agung Setiyo Wibowo

I’m a writer at Content Collision

Menjadi seorang bloger, apakah yang sebenarnya ingin kamu capai? Tentu tiap bloger memiliki tujuan masing-masing yang ingin diraih. Namun, bisa dikatakan bahwa tiap bloger memiliki satu kesamaan dalam meraih tujuan tersebut, yakni menulis sajian konten agar informasi yang disampaikan bisa berguna bagi orang-orang yang membacanya.

Akan tetapi, kamu pastinya setuju dong, kalau seiring dengan perkembangan dan perubahan zaman, tuntutan untuk mencapai berbagai tujuan dalam hidup pun bertambah? Sama halnya denggan blogging juga, nih. Kian hari, tantangan yang kamu hadapi sebagai bloger pun terus berevolusi. Karenanya, kalau kamu tetap ingin memenuhi tujuan-tujuanmu sebagai bloger, kamu harus terus mengembangkan dan mengasah diri.

Hmm, kedengarannya nggak mudah, ya? Jangan khawatir! Agung Setiyo Wibowo punya cerita inspiratif dan cara-cara jitu yang bisa kamu manfaatkan untuk memoles dirimu agar bisa menjadi bloger yang lebih baik lagi dari waktu ke waktu. Penasaran? Yuk, langsung aja simak ulasan kisahnya di kelanjutan artikel ini!

Sekilas tentang Profil Agung Setiyo Wibowo

Grand-Profil

Mungkin banyak dari kamu yang sudah mengenal figur yang lahir dan besar di Magetan, Jawa Timur ini. Dengan sosoknya yang berwibawa, nggak heran kalau Agung Setiyo Wibowo punya nama panggilan “Grand”. Nggak cuma panggilannya saja, ternyata tujuan hidupnya juga grand, lho!

Ia mengungkapkan bahwa tujuan hidup utamanya adalah untuk mencari ridho Tuhan Yang Maha Esa. Hal itu hendak dilakukannya dengan menjadi pribadi yang bermanfaat sebanyak-banyaknya bagi orang lain sesuai dengan renjana, minat, dan panggilan hidup.

Lebih spesifik lagi, ia ingin membantu siapa saja untuk menemukan jati diri dan megeluarkan potensi terbaik dari dalam diri mereka. Oleh karena itu, selain menjadi konsultan manajemen, penulis, dan pembicara publik yang aktif berkarya di Jakarta, Grand juga memutuskan untuk menjadi Self-Discovery Coach.

Karena saya percaya  self-discovery merupakan pintu gerbang kebahagiaan dan keberhasilan. Entah diterjemahkan dalam fortune, fame, power, maupun yang lainnya.

Melihat pandangannya tersebut, nggak heran walaupun jadwalnya sudah padat dengan menjadi konsultan di bilangan Mega Kuningan, Jakarta Selatan, Grand juga masih sering menerima tawaran untuk menjadi pembicara dengan variasi topik yang luas, mulai dari politik, pendidikan, hingga pengembangan sumber daya manusia.

Seakan masih belum cukup sibuk juga, ia pun juga merupakan co-founder sekaligus chief editor dari Kampusgw.com sejak 2010. Kampusgw.com sendiri merupakan portal pendidikan dan pengembangan diri. Melalui portal ini, Grand telah memberikan berbagai konsultasi, coaching, mentoring, dan bimbingan kepada setidaknya 7.000 pemuda dari Sabang sampai Merauke untuk membantu mereka memilik program studi, menentukan perguruan tinggi, hingga menetapkan karier. Yang lebih mencengangkan lagi, semua itu dilakukannya secara cuma-cuma, alias tanpa dipungut biaya! Wah, benar-benar Self-Discovery Coach sejati, ya!

Di Balik Keputusan untuk Menjadi Bloger

Di-Balik-Keputusan-Menjadi-Bloger

Grand mengaku memulai kegiatan blogging-nya sejak masa-masa awal menjalani kuliah jurusan Hubungan Internasional di Univestias Paramadina, tepatnya di tahun 2008. Kala itu, ia masih menggunakan platform tak berbayar karena berbagai faktor, mulai dari nggak rutin update karena semangat belum stabil, hasil tulisan yang random dan nggak terstruktur, fokus yang terpecah dengan kegiatan lain, dan sebagainya.

Namun, dengan segudang tantangan yang dihadapi, ia terus menulis karena menurutnya hal ini bisa membuahkan berbagai manfaat, terutama sebagai sarana untuk self-healing. Walaupun tulisan bisa ia manfaatkan untuk menyampaikan pesan kepada orang lain hingga mendulang Rupiah bagi diri sendiri, ia mengakui bahwa hal-hal tersebut bukanlah tujuan utamanya. Pasalnya, ia meyakini bahwa lewat menulis, kita bisa meredam kadar stres, menjernihkan pikiran, hingga akhirnya bisa menjadi sarana penyembuhan diri dengan melakukannya dari waktu ke waktu. Inilah motivasi utama yang selalu membakar semangatnya untuk menulis.

Kegelisahan yang Menghadirkan Manfaat bagi Orang Lain

Kegelisahan-yang-Menghadirkan-Manfaat-bagi-Orang-Lain

Kini, keputusannya untuk menjadi bloger dijalani sebagai sebatas hobi. Wajar saja, dengan berbagai kegiatan yang sebegitu padat, mampu mengelola blog secara berkala dari waktu ke waktu saja sudah patut diacungi jempol. Karenanya, topik yang ia bahas pun cukup beragam, tergantung apa yang sedang terlintas di kepalanya, mulai dari seputar hubungan internasional, curhatan pribadi, hingga agama.

Akan tetapi, sejak 2016, Grand mulai memfokuskan diri pada isu pendidikan dan pengembangan diri. Mengapa? Karena kegelisahan dirinya ada pada ranah itu. Sesuai dengan tujuan hidupnya, Grand ingin kehadirannya di dunia membawa manfaat sebanyak mungkin bagi sesama, dan dua bidang yang saling berkaitan tersebut adalah jalur utama yang ingin ditempuhnya.

Karena itulah, kini sajian blognya pun terpetakan menjadi tiga poin utama. Pertama, terkait informasi. Grand terbiasa menuliskan info-info yang bermanfaat bagi orang lain, mulai dari tips hingga strategi, baik berasal dari saduran hingga hasil riset sendiri.

Kedua, tentang edukasi. Untuk soal yang ini, Grand tidak main-main. Sebab, seperti yang sudah kamu ketahui, pendidikan merupakan salah satu concern utama dalam hidupnya.

Saya tidak pernah menulis artikel yang kontroversial, memancing konflik SARA, maupun gosip murahan. Semua yang saya hasilkan semuanya bersifat edukatif.

Jadi, Grand nggak pernah menggadaikan tulisan saya hanya untuk mendapatkan uang, meningkatkan traffic pengunjung, atau sekadar mencari ketenaran. Semua ia lakukan karena murni ingin berbagi di bidang yang ia yakini.

Sedangkan topik yang ketiga adalah inspirasi, sebab Grand memiliki kepedulian yang tinggi terhadap pengembangan sumber daya manusia. Itulah sebabnya ia seringkali mengorbankan darah, keringat, dan airmata untuk menghasilkan tulisan yang bisa mengubah pola pikir, sikap, mental, hingga perilaku pembaca. Untuk menghasilkan tulisan seperti itu, dibutuhkan riset yang nggak jarang menguras waktu, tenaga, pikiran, dan biaya yang nggak murah.

Semua hasil temuannya kemudian dikemas menjadi tulisan yang enak dibaca agar dapat menginspirasi dan memotivasi pembaca. Dengan melakukan hal ini, Grand meyakini bahwa dirinya hanyalah penyampai pesan (messenger), dan bukan pesan itu sendiri (message). Hmm, untuk hal sedemikian besar yang sudah dilakukannya, Grand tetap humble, ya?

Kerja Keras yang Membuahkan Hasil

Pembicara-Nasional

Tujuan mulia yang dilakukan dengan sungguh-sungguh akan membuat seseorang bersinar pada waktunya. Hal itu pun mungkin juga dirasakan oleh Grand. Karena konten blognya yang inspiratif, pernah suatu kali ia dipanggil menjadi pembicara tingkat nasional dengan ratusan peserta. Dari situ, ia merasakan keajaiban internet yang mampu menghubungkan manusia tanpa sekat-sekat geografis.

Duta-ASEAN-Blogger

Nggak cuma itu, kerja keras yang ia tuangkan ke dalam blognya juga membawanya pada kesempatan untuk didaulat menjadi ASEAN Blogger Ambassador. Lebih membanggakan lagi, ia juga pernah diundang secara eksklusif untuk mengikuti ASEAN Summit pada tahun 2011 di Nusa Dua, Bali. Keren, ya! Nggak sembarang orang bisa ikut menghadiri summit yang dihadiri oleh para pemimpin negara dan tokoh-tokoh paling berpengaruh di dunia seperti ini, lho! Kala itu, kebahagiaan seorang Grand sebagai mahasiswa Hubungan Internasional nggak bisa diukur. Pasalnya, apa yang ia pelajari di kelas, akhirnya bisa benar-benar ia praktikkan di dunia nyata. Mengagumkan banget, ya?

Tips Blogging yang Bisa Kamu Tiru dari Grand

Tips-Blogging

Selama ini, Grand mengaku bahwa dirinya nggak memakai tools khusus untuk blogging. Penulisan ia lakukan secara manual. Sedangkan di platform blog, ia hanya mendayagunakan berbagai piranti yang tersedia untuk memaksimalkan interaksi dengan pembaca, SEO, hingga desain.

Tapi, apa yang membuat dirinya menjadi pribadi bloger yang begitu mengagumkan? Buat kamu yang ingin mulai membangun diri menjadi bloger yang lebih baik agar kelak bisa menjadi sosok inspiratif seperti Grand, simak yuk beberapa tips yang kali ini ia bagikan untuk kita!

1. Banyak Membaca

Banyak-Membaca

“Karena nggak ada penulis keren yang nggak doyan baca,” itulah pesan pertama yang disampaikan oleh Grand. Kamu nggak mungkin bisa menyajikan berbagai konten inspiratif yang berguna bagi orang banyak kalau wawasanmu juga nggak luas. Ini-itu nggak tahu, akhirnya nggak ada informasi yang bisa kamu bagikan. Oleh karena itu, banyak-banyaklah membaca. Dengan pengetahuan dan wawasan yang lebih, kamu bisa mengulas dan berbagi informasi yang mungkin nggak tersentuh oleh orang-orang di luar sana.

2. Rajin-rajinlah Melakukan Riset

Riset

Nah, untuk menjalankan tips yang satu ini, tips pertama akan berguna banget. Sebab, kalau kamu nggak banyak tahu, kamu nggak mungkin bisa melakukan sebuah penelitian. Namanya juga meneliti, tentu ada segudang material yang perlu kamu cermati.

Supaya penelitianmu relevan dengan kepentingan sekitar di masa kini, ikutilah tren yang ada. Carilah sebanyak mungkin informasi, dan temukan di mana ada ceruk untuk penelitian yang belum pernah disentuh orang lain. Dari situ, galilah berbagai data terkait pembahasan yang ingin kamu angkat dan sajikan tulisan yang belum banyak diketahui orang. Dengan demikian, tulisanmu pun akan memiliki kekuatan tersendiri dan lebih menarik di mata orang-orang.

3. Konsisten akan Topik Tertentu

Konsisten

Informasi memang beragam dan mencakup lingkup yang sangat luas. Tapi, sanggupkah kamu meng-cover setiap perkembangan informasi dari segala bidang yang ada di dunia? Nah, supaya pembahasan yang kamu sajikan di blog nggak terkesan cetek dan sepele, tentukanlah topik yang akan menjadi fokus utamamu. Dengan konsisten menggali informasi pada suatu bidang tertentu, kamu akan lebih fokus menemukan hal-hal baru di bidang tersebut, nggak terganggu dengan adanya update informasi lain. Dengan demikian, pembahasanmu akan topik terkait bisa lebih in-depth dan menginspirasi.

Menurut Grand sendiri, dengan giat menggeluti satu pembahasan tertentu, kamu jadi bisa menghasilkan sesuatu di luar perkiraan. Di era seperti ini, blog menjadi salah satu sarana terbaik untuk menunjukkan keahlian, minat, bakat, dan kekuatan kita. Jadi, hal itu bisa kamu manfaatkan sebagai personal branding tool yang terjangkau tapi membawa dampak nyata.

4. Jangan Cepat Berpuas Diri

Jangan-Mudah-Berpuas-Diri

“Di atas langit masih ada langit,” pepatah ini pun masih dipegang teguh oleh seorang Grand. Karenanya, ia berpesan juga pada kamu-kamu sekalian untuk terus menjadi pribadi yang bertumbuh. Teruslah mengasah pengetahuan, memperbanyak pengalaman, dan mempertajam keahlianmu.

5. Perluas Network yang Kamu Miliki

Network

Kamu pun pasti sadar bahwa network adalah aset utama bagi bloger agar bisa berkembang ke jenjang yang lebih baik. Menjadi penyebar informasi, tujuanmu nggak akan terpenuhi dengan baik kalau lingkup yang bisa kamu jangkau nggak luas. Karenanya, Grand juga meng-encourage kamu untuk terus memperluas koneksi yang kamu miliki.

Teman-teman harus rajin bersilaturahmi. Karena sekarang adalah era berkolaborasi atau bersinergi, bukan lagi berkompetisi secara mutlak.

Perjuangan yang Belum Berakhir

Harapan

Dengan segala kerja keras yang ditumpahkan dan kerelaan untuk terus berbagi, tentunya ada, dong, hal yang ingin diraih oleh seorang Grand? Soal ini, ia menyampaikan bahwa keinginannya nggak muluk-muluk. Ia hanya berharap untuk terus bisa meningkatkan kualitas dan kuantitas tulisan. Sebab, hal itu ia yakini sebagai salah satu indikator kebermanfaatannya bagi orang lain.

Saya yakin, melalui tulisan kita bisa memberikan dampak kepada yang membutuhkan. Menciptakan nilai tambah, melayani, menolong, dan membantu orang-orang yang tepat sesuai dengan renjana dan panggilan hidup.

Ke depannya, ia juga ingin mendirikan perusahaan yang bergerak di bidang consulting, training, coaching, counseling, dan publishing dalam satu payung yang memiliki jaringan kuat dengan media dan komunitas bloger yang nggak cuma aktif di tingkat nasional, tapi juga di tingkat dunia. Hmm, suatu rencana pemberdayaan bloger yang menarik, nih! Setuju, kan?


Bagaimana, guys? Sudah terpacu menjadi pribadi bloger yang inspirasional seperti Grand? Apapun tujuan yang ingin kamu rain dengan menjadi bloger, jangan pernah patah semangat, ya! Semua akan berbuah manis pada waktunya. Yang penting, kembangkan diri, dan jadilah pribadi yang bermanfaat bagi sesama. Kalau kamu terus berusaha melakukannya dengan tulus dan sungguh-sungguh, dijamin kamu akan jadi permata yang berharga bagi orang-orang di sekitarmu seperti Grand suatu saat nanti.

Dan ingat juga, jangan mudah berhenti berjuang dan berpuas diri! Selalu ada achievement yang bisa kamu raih dari waktu ke waktu, karena tantangan dalam hidup pun juga terus berkembang.

Semoga artikel ini bisa menjadi inspirasi bagimu, dan jangan lupa cek juga kompetisi blog Hujan Duit! Buat parodi dari fenomena Bu Dendy dan ceritakan parodimu lewat blog. Buruan ikutan!

Sumber: Dok. pribadi Agung Setiyo Wibowo, Agung Setiyo Wibowo, Videoblocks, MissionBox, B2BThrive, Niberspace, Steve Mehta.

Related Posts

 
Site Menu